PENGARUH KUALITAS PELAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK BJB KCP CIPANAS

Reksa Jayengsari, Rani Yunita, Sri Maloka

Abstract


ABSTRAK

Kualitas pelayanan adalah totalitas fitur dan karakteristik produk atau jasa yang tergantung pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau tersirat. Kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (atau hasil) yang ia persepsikan dibandingkan dengan harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan Customer Serviceterhadap kepuasan nasabah dan menguji pengaruh kualitas pelayanan Customer Service terhadap kepuasan nasabah pada Bank BJB KCP Cipanas. Penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis deskriptif dan analisis statistik. Populasi pada penelitian iniJ yaitu sekuruh nasabah Bank BJB KCP Cipanas, dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Hasil analisis penelitian menunjukkan pengaruh kualitas pelayanan Customer Service terhadap kepuasan nasabah pada Bank BJB KCP Cipanas.

 

ABSTRACT

Service quality is the totality of features and characteristics of a product or service that depends on its ability to satisfy stated or implied needs. Customer satisfaction is the level of a person's feelings after comparing the performance (or results) he perceives compared to his expectations. This study aims to analyze the quality of Customer Serviceon customer satisfaction and to examine the effect of Customer Servicequality on customer satisfaction at Bank BJB KCP Cipanas. The author uses a quantitative approach with descriptive analysis methods and statistical analysis. The population in this study were all customers at Bank BJB KCP Cipanas, with a total sample of 100 people. Meanwhile, the data collection tool used was a questionnaire. The results of the research analysis showed the influence of Customer Servicequality on customer satisfaction at Bank BJB KCP Cipanas.


Keywords


Kualitas; Pelayanan; Kepuasan; quality; service; satisfaction

Full Text:

PDF

References


Guspul, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Nasabah Kospin Jasa Cabang Wonosobo). Jurnal PPKM UNSIQ I, Vol.1(No.1), PP.40-54.

Hamdani, H. (2019). Dampak Kualitas Layanan Dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan Dan Akuntansi, 11(1), 129. https://doi.org/10.35313/ekspansi.v11i1.1329

Husaeni, Uus Ahmad. (2017). The Influence of Marketing Mix on Decision to be a Islamic Banking Customer in Cianjur Regency. IQTISHADIA. Vol.10 No. 2, pp. 105-119.

Marlius, D., & Putriani, I. (2020). Kepuasan Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Tapan Cabang Painan Dilihat dari Kualitas Layanan Customer Service. Jurnal Pundi, 3(2), 111. https://doi.org/10.31575/jp.v3i2.151

Mulyaningsih, L., & Suasana, I. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Ocbc Nisp Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(1), 252130.

Saputra, R. Ben, & Alwie, A. pURWANTI. (2015). Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt . Bank Riau Kepri Cabang Siak. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt. Bank Kepri Cabang Siak, VII(2), 285–294.

Subagja, A. D., & Hanifah, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BJB Cabang Subang. Ijd-Demos, 1(2), 148–158. https://doi.org/10.31506/ijd.v1i2.16

Syahputra, A. B., & Susianto, S. (2020). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KINERJA CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Kasus Nasabah Bank Sumut …. … Ekonomi Dan Bisnis, 477–486. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/FEB/article/view/781

Epin Supini SW, “Kualitatif dan Kuantitatif: Pengertian, Ciri, jenis, Cotohâ€, https://voi.co.id/kualitatif-dan-kuantitatif/, diunduh pada tanggal 11 November 2020, pukul 19.11 WIB.




DOI: https://doi.org/10.35194/arps.v1i1.1291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ar-Rihlah : Jurnal Study Perbankan Syariah INDEXED BY : 

   

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.