Penggunaan Model "Picture and Picture" dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur

Yessi Handriani, Dini Nur, Siti Maryam

Abstract


Artikel ini penggunaan model pembelajaran “Picture and Picture†dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Metode yang digunakan ialah metode eksperimen dengan rancangan “one group pretest-posttest designâ€. Sampel yang terpilih adalah kelas VII A SMP Terpadu Miftahul Ulum. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penggunaan lembar tes, penggunaan lembar angket atau kuesioner, penggunaan pedoman observasi, dan penggunaan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) kemampuan menulis teks prosedur mengalami peningkatan dilihat dari perolehan nilai peserta didik dengan selisih 14 angka, 2) hasil  uji prasyarat pengolahan data memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa model membelajaran “Picture and Picture†dapat digunakan dalam pembelajaran teks prosedur, 3) model pembelajaran “Picture and Picture†dapat mempermudah pembelajaran menulis teks prosedur, dan 4) model pembelajaran “Picture and Picture†efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks prosedur.

Kata kunci: Menulis, teks prosedur, picture and picture..

Abstract:

This article discusses the use the "Picture and Picture" learning model in learning to write procedural texts. The method used an experimental method with a "one group pretest-posttest design". The sample was class VII A SMP Terpadu Miftahul Ulum. The data collection techniques utilized test sheets, questionnaire sheets, observation guidelines, and interview guidelines. The results of this study indicate that 1) the ability to write procedural text has increased as seen from students' scores with 14 points increase 2) the results of the data processing of prerequisite test obtained a significance value of 0.000 <0.05 so it can be concluded that "Picture and Picture" learning model can be used in learning procedure text, 3) the "Picture and Picture" learning model can make it easier to learn to write procedure text, and 4) the "Picture and Picture" learning model is effective to use in learning to write procedure text.

Keywords: writing, procedural text, picture and picture


Full Text:

PDF

References


Fitriawati Musyafa, N. (2020). Penggunaan Model Picture and Picture dalam Pembelajaran Menulis Cerpen. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 9(1), 37. https://doi.org/10.35194/alinea.v9i1.626

Harsiati, T. dkk. (2016). Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.

Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Kristiani, W. K. dkk. (2015). Penerapan Metode Demonstrasi Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Teks Prosedur Pada Siswa Kelas VIII A1 SMP Negeri 3 Sawan. E-Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia., 3(1).

Lestari, Dewi. W; Herdiantina; Sudrajat, R. T. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Dengan Menggunakan Metode Ctl (Contextual Teaching and Learning ) Pada Siswa Kelas X Man Cimah. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Satra Indonesia.

Lubis, R. R. (2017). Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Press.

Muliawan, J. U. (2016). Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ningsih, D. N., & Firmansyah, A. F. (2018). Keefektifan Metode Sugestopedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Drama. Connect. Cianjur: Unsur Press.

Priyatni, E. T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Malang: Bumi Karsa.

Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Berkeley: Angkasa.

Widyawati, W. Y. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Keterampilan Menulis Untuk Tingkat Universitas. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.3027

Wulandari, Y., Suryanto, E., & Saddhono, K. (2015). Penerapan Metode Picture And Picture Untuk Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Menulis Teks Narasi Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Paedagogia.




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v9i2.952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.