Maksim Kuantitas pada Ragam Kolokial dalam Sentra Pelayanan Publik

Wafiqotin Nazihah, Gigit Mujianto

Abstract


Artikel ini akan mendeskripsikan maksim kuantitas pada pemakaian kolokial dalam sentra pelayanan publik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian berupa penggunaan maksim kuantitas pada pemakaian kolokial sesuai dengan tingkatan yang sesuai dalam sebuah interaksi. Sumber data dalam penelitian adalah dua contoh video pelayanan publik yang diperoleh dari situs youtube. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak catat. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman dan menggunakan alur pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan secara tuntas. Hasil penelitian menunjukkan representasi maksim kuantitas pada pemakaian kolokial dalam sentra pelayanan publik mengarah pada (1) penggunaan kata dasar. (2) penggunaan vokal dalam sebuah kata. (3) penggunaan suku kata terakhir sebuah kata. dan (4)  penggunaan konsonan dalam sebuah kata.

Katakunci: kolokial,  kuantitas,  maksim,  pelayanan

Abstract:

This article will describe the maxim of quantity of colloquial use in public service centers. The approach used in this research is a qualitative approach. The data in this research is the use of maxim of quantity in colloquial use based on the appropriate level in an interaction. Sources of data in the study are two examples of public service videos obtained from the YouTube site. Data collection was conducted by using note-taking technique. The data analysis technique used the theory of Miles and Huberman and the flow of data collection, data reduction and conclusion. The results show that the representation of maxim of quantity in colloquial use in public service centers leads to (1) the use of basic words. (2) the use of vowels in a word. (3) the use of the last syllable of a word and (4) the use of consonants in a word

Keywords: colloquial,  maxims, quantity, service



Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2019). Konsep Dasar Bahasa Indonesia. PT. Bumi Aksara: Jakarta Timur.

Afrizal, A. (2014). Kinerja Pemerintahan Desa Sebagai Penyedia Pelayanan Publik Di Desa Wringinpitu Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1). http://jurnal-online.um.ac.id/article/do/detail-article/1/45/1898

Asmara, R. (2015). Basa-Basi Dalam Percakapan Kolokial Berbahasa Jawa Sebagai Penanda Karakter Santun Berbahasa. Transformatika, 11(2), 1–30. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Azhari. (2017). Analisis Ragam Pertanyaan. Jurnal Master Bahasa. 5(1), 63-74.

Hasanah, Rezki. (2014). Kolokial dan Argot dalam Acara Indonesia Lawak Klub (ILK): Kajian Sosiolinguistik dan Semantik. Karya Ilmiah: Universitas Riau.

Haq, Ahmad Abdul. (2019). 3 Contoh Pelayanan Baik. https://www.youtube.com/watch?v=

NHoc1FhHlA&t=7s. Diakses pada 11 April 2020.

Hayat. (2018). Kebijakan Publik. Instrans Publishing: Malang.

Ibrahim, A.S dan Suparno. (2014). Sosiolinguistik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Mufida, N. (2012). Pendidikan bahasa dan sastra indonesia fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah purworejo 2012. 1–13.

Ramadhanti, P. F., & Malang, U. M. (2019). Impresi tindak tutur tidak langsung tidak literal terhadap kepekaan sosial peserta didik dalam pembelajaran. 3(2011), 854–861.

Samosir, A. (2015). Penerapan Prinsip Kerjasama Grice dalam Interaksi Tawar Menawar (Analisis Etnografi Komunikasi di Pasar Simpang Tigo, Pasaman Barat). Jurnal Ranah. Volume 4 No. 2.

Sandra, Luri. (2018). Film Pendek tentang Pelayanan Publik Prajab IPDN (Video Youtube). https://www.youtube.com/watch?v=STkqvH7KBpE. Diakses pada 1 April 2020.

Sholihah, Ismi. (2013). Analisis Sosiolinguistik Bnetuk Bahasa Penolakan dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Klewer Surakarta. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suryati, Eka. (2019). Jenis, bentuk dan makna kalimat perintah dalam Kisdap "Satipis Apam Barabai" Karya Ida Komalasari. Jurnal UNDAS. 15(2). 199-210.

Syafri, S. I. (2018). Penggunaan maksim kuantitas dan kualitas dalam proses pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas ix smpn 3 wonomulyo. Universitas Negeri Makassar.

Utami, Sela Suci. (2016) Variasi Bahasa Masyarakat Pesisir Kampung Tambak Wedi Baru, Surabaya: Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Skriptorium.6(1).

Wulansari, Nur Ayu. (2016). Pemanfaatan Maksim Kuantitas dalam Interaksi Nonformal Orang Tua-Anak di Lingkungan Masyarakat Mantingan dan Implikasinya Sebagai Bahan Ajar di Smk. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yunita, Epi. (2014). Pemendekatan Kata Bahasa Indonesia dalam Facebooker Bicara pada Koran Tribun Yogya. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v9i2.951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.