Penggunaan SQ3R dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa

Emilda Emilda, Siti Aminah

Abstract


Keberhasilan proses belajar mengajar bergantung pada teknik belajar dan penggunaan model pembelajaran. Kemampuan siswa SMK III Lhokseumawe dalam memahami konten bacaan tidak optimal sehingga diperlukan metode pembelajaran alternatif yang secara kreatif dapat memberdayakan potensi membaca siswa. Artikel ini akan memaparkan pengaruh penggunaan SQ3R terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa dalam memahami isi bacaan. Penelitian dilakukan  menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek 40 siswa kelas X SMKN Lhokseumawe. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji beda rata-rata menggunakan SPSS for window VS 17.0. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa hasil analisis uji perbedaan rata-rata n-gain menunjukkan taraf signifikan pada kelas eksperimen yaitu: sig. 0,001< 0,005. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan memahami isi bacaan pada siswa pembelajarannya dengan metode SQ3R dibandingkan dengan yang tidak menggunakan SQ3R.

Kata kunci: kemampuan, membaca, SQ3R

The success of the teaching and learning process depends on learning techniques and the use of learning models. The ability of Lhokseumawe Vocational School students in understanding reading content is not optimal so that alternative learning methods are needed that can creatively empower students' reading potential. This article will explain the effect of using SQ3R on improving students' reading skills in reading comprehension. The study was conducted using a quantitative approach with the subject of 40 class X students of Lhokseumawe Vocational School. Data analysis techniques using data normality test, data homogeneity test, and average difference test using SPSS for window VS 17.0. Based on the research, it is known that the results of the n-gain average difference test analysis indicate a significant level in the experimental class, namely: sig. 0,001 <0,005. So it can be concluded that an increase in the ability to understand the content of reading in students learning by the SQ3R method compared with those who did not use SQ3R.

Keywords: ability, read, SQ3R


Full Text:

PDF

References


Adler. Membaca Pemahaman. Bandung: Rosdakarya, 2011

Sarumpaet Riris, Keterampilan Membaca. Jakarta:Yayasan Pustaka Obor Indonesia. 2010

Aminah, Sitti. “Pengaruh Penggunaan Metode SQ3R Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Bacaaan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Simpang Keuramat Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara.†Seuneubok Lada: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, vol. 5, no. 2, 2018, pp. 194–206.

Hosen, Mohammad. “Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat dengan Metode SQ3R pada Siswa Kelas V SDN Gili Anyar Kamal Bangkalan.†Widyagogik : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, vol. 4, no. 1, 2016, pp. 17–32, doi:10.21107/WIDYAGOGIK.V4I1.2213.

Ilmi, Dissa Nurul, et al. “Metode Pembelajaran SQ3R untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman.†Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 2, no. 4, 2018, pp. 88–99, doi:10.17509/jpgsd.v2i4.14009.

Lina, Prastiwi. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) pada Siswa Tunarungu Kelas V di SLB Negeri 2 Bantul. July 2017.

Vellariani Dewi Palupi, Va, et al. “Peningkatan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Strategi Survey, Question, Read, Recite, And Review (SQ3R) pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012.†Jurnal Pendidikan Biologi, vol. 4, no. 2, 2 May 2012.

MUHAJI, et al. “Politics, Religion & Ideology.†Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, vol. 2, no. 0, Taylor & Francis, 2013

Susi Susanti, Yulita Dewi Purmintasari, Suwarni. “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prgram Studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontianak.†Edukasi: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, Feb. 2016, pp. 97–104, doi:10.31571/Edukasi.V13I1.23

Agustina, Rini, and Hariyadi Hariyadi. “Penerapan Metode SQ3R dan Metode PQ3R terhadap Keterampilan Membaca pada Mahasiswa.†AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 2, No. 1, Universitas Negeri Jakarta, June 2018, pp. 69–80, doi:10.21009/aksis.020105

Nazir. Metodologi Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia, 2011

Irianto Agus, Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana Group. 2012

Suryaman, Maman&Wiyatman, Puisi Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak. 2012

Nurhadi, Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca?. Bandung: Sinar Baru Algensindo. 2010

Rusman. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada. 2012




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v9i1.892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.