Nilai Pendidikan Pantun "Besaot" dalam Laman Facebook

Nela Oktarina

Abstract


Artikel ini akan membahas nilai pendidikan pantun besaot di cyberspace. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan datasekunder  berupa pantun yang bersumber dari laman facebook. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian menggunakan teknik analisis dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan concent analyis (analisis isi) dengan mengungkap, memahami, dan menangkap pesan karya sastra.  Berdasarkan hasil kajian terhadap 6 pantun besaot yang di dapat di laman facebook dalam grup “Bangka Yoh†yang diunggah oleh akun yang bernama Budi Js, diketahui bahwa pantun besaot memiliki nilai pendidikan sebagai berikut: (1) nilai pendidikan religi, (2) nilai pendidikan moral, (3) nilai pendidikan sosial dan (4) nilai pendidikan budaya.

Katakunci: pantun, nilai pendidikan, facebook

Abstract:

This article will discuss the value of pantun besaot education in cyberspace. The research was conducted using a qualitative descriptive method, with secondary data in the form of rhymes that were sourced from the Facebook page. The data collection technique used in the study was document analysis techniques. Data analysis techniques in research use content analysis (content analysis) by revealing, understanding, and capturing messages of literary works. Based on the results of a study of 6 besaot rhymes obtained on the Facebook page in the "Bangka Yoh" group uploaded by an account named Budi Js, it is known that the besaot pantun has the following educational values: (1) the value of religious education, (2) the value of education moral, (3) the value of social education and (4) the value of cultural education.

Keywords: pantun , educational values, facebook


Full Text:

PDF

References


Abror, A. (2011). Nilai Budi dan Keislaman dalam Pantun Melayu Pontianak. Jurnal Khatulistiwa LP2M IAIN Pontianak.

Aminuddin. (1995). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Sinar Baru Algesindo.

Aslan, A., & Yunaldi, A. (2019). Budaya Berbalas Pantun Sebagai Media Penyampaian Pesan Perkawinan dalam Acara Adat Istiadat Perkawinan Melayu Sambas. Transformatif. https://doi.org/10.23971/tf.v2i2.962

Carver, R. L., & Enfield, R. P. (2006). John Dewey’s Philosophy of Education is Alive and Well. Education and Culture. https://doi.org/10.1353/eac.2006.0003

Furqon, M. T. (2013). Nilai Pendidikan dalam Komik One Piece Jilid 1-23 Karya Eiichiro Oda (Sebuah Tinjauan Sosiologi Sastra). Sastra Populer, Komik, Nilai Pendidikan.

Hasim, A. (2017). Menelusuri Nilai-Nilai Karakter dalam Pantun. Pedagogia. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v14i3.5897

Hassan, P. M., Mat, N. H. C., & Ali, N. S. (2012). Using Pantuns in Greetings as a Tool to Promote Learners’ use of Metacognitive Strategies in Online ESL Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.355

Herlina. (2013). Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.

Isnanda, R. (2015). Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1238

Ming, D. C. (2010). “That mighty pantun river and its tributaries.†Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia. https://doi.org/10.17510/wjhi.v12i1.79

Neldawati, Ermanto, & Juita, N. (2015). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pantun Badondong Masyarakat Desa Tanjung Bungo Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajaran.

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori pengkajian fiksi / Burhan Nurgiyantoro. Dalam Teori Pengkajian Fiksi. https://doi.org/10.1177/0192623316675767

Octaviana, D. W. (2018). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Uhibbuka Fillah (Aku Mencintaimu Karena Allah) Karya Ririn Rahayu Astuti Ningrum: Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal KATA. https://doi.org/10.22216/jk.v2i2.3334

Pradopo, R. D. (2003). Metodologi Penelitian Sastra. PT Hanindita Graha Widya.

Purwaningsih, E. (2012). Keluarga dalam Mewujudkan Pendidikan Nilai sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Nilai Moral. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora.

Ratna, N. K. (2001). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Dalam IJOLTL: Indonesian Journal of Language Teaching and Linguistics. https://doi.org/10.30957/ijoltl.v2i2.281

Ritawati, T. (2018). Pantun in The Text of Nyanyian Lagu Melayu Asli (NLMA). Harmonia: Journal of Arts Research and Education. https://doi.org/10.15294/harmonia.v18i1.15524

Wiguna, M. Z., Yuda, R. K., & Uli, I. (2017). Analisis Nilai-nilai Pendidikan dalam Pantun Melayu Sambas. Jurnal Pendidikan Bahasa.

https://www.facebook.com/notes/bangka-yoh/pantun-besaot-01/520347421388326/




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v9i2.834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.