Kesantunan Berbahasa sebagai Faktor Determinan Keberhasilan Pembelajaran Berbahasa

Deka Agustina, Sumarlam Sumarlam, Muhammad Rohmadi

Abstract


Era digital memberikan pengaruh besar terhadap pemartabatan bahasa nasional. Pembelajaran bahasa Indonesia memiliki peranan penting dalam melestarikan dan meningkatkan rasa bangga terhadap bahasa Indonesia. Tolok ukur keberhasilan pembelajaran berbahasa juga perlu  sesuai dengan tantangan era digital. Artikel ini akan mendisuksikan kesantunan berbahasa sebagai faktor determinan dalam rangka mewujudkan keberhasilan pembelajaran berbahasa. Dari berbagai literatur diketahui bahwa kesantunan berbahasa merupakan faktor determinan keberhasilan pembelajaran berbahasa. Capaian kompetensi pembelajaran berbahasa, ditentukan oleh teori kesantunan berbahasa yang digunakan. Kemudian, cara berkomunikasi yang baik dan karakakter kesantunan berbahasa menciptakan masyarakat harmonis.

Kata kunci: kesantunan berbahasa, pemartabatan bahasa, dan pembelajaran berbahasa

The digital age has a major influence on the dignification of national languages. Learning Indonesian has an important role in preserving and increasing pride in Indonesian. Benchmarks for the success of language learning also need to be in line with the challenges of the digital age. This article will indicate the politeness of language as a determinant factor in order to realize the success of language learning. From various literatures it is known that politeness in language is a determinant factor in the success of language learning. The achievement of language learning competence, is determined by the politeness theory of the language used. Then, a good way of communicating and politeness of language politeness creates a harmonious society.

Keywords: politeness, language partitioning, language learning


Full Text:

PDF

References


Alviah, Iin. “Kesantunan Berbahasa Dalam Tuturan Novel Para Priyayi Karya Umar Kayam.†Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, vol. 3, no. 2, 2014, pp. 128–35.

Apriani, Sarah, et al. “Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Diskusi Siswa SMA Negeri 4 Surakarta: Kajian Dengan Prinsip Kerja Sama Grice Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Keterampilan Berbicara.†Basastra: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, vol. 6, no. 1, 2018, pp. 281–301.

Cahyaningrum, Fitria. “Kesantunan Berbahasa Siswa Dalam Konteks Negoisasi Di Sekolah Menengah Atas.†Jurnal Pena Indonesia: Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, Dan Pengajarannya, vol. 4, no. 1, 2018, pp. 1–23.

Effendie, Nanik Mariani. “The Student Wheels Strategy in Teacing Speaking Skills to Cultivate Politeness at Junior High School.†American Journal of Educational Research, vol. 2, no. 12, 2014, pp. 1211–17.

Ibda, Hamidulloh. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berwawasan Literasi Baru Di Perguruan Tinggi Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0.†Jalabahasa, vol. 15, no. 1, 2019, pp. 48–64.

Jayanti, Mei, and Subyantoro. “Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa Pada Teks Di Media Sosial.†Jurnal Sastra Indonesia, vol. 8, no. 2, 2019, pp. 119–28.

Juniardianta, I. Nyoman. “Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Drama Pada Siswa Kelas VIIC SMP Dharma Praja.†Retorika: Jurnal Ilmu Bahasa, vol. 3, no. 1, 2017, pp. 47–61.

Kumara, Amitya. “Dampak Kemampuan Verbal Terhadap Kualitas Ekspresi Tulis.†Jurnal Psikologi, vol. 2, no. 1, 2001, pp. 35–40.

Kurniadi, Fajar, et al. “Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Kesantunan Berbahasa.†Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 1, 2018, pp. 1–7.

Lam, Chris. “Linguistic Politeness in Student-Team Emails: Its Impact on Trust Between Leaders and Members.†IEEE Transactions on Professional Communication, vol. 54, no. 4, 2011, pp. 360–75.

Leech, Geoffrey. Prinsip-Prinsip Pragmatik. UI Press, 1993.

---. The Pragmatics of Politeness. Oxford University Press, 2014.

Lestyarini, Beniati. “Penumbuhan Semangat Kebangsaan Untuk Memperkuat Karakter Indonesia Melalui Pembelajaran Bahasa.†Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 2, no. 3, 2012, pp. 340–54.

Maryam, Siti dkk. “Pembinaan Literasi Dan Bahasa Santun Melalui Tujuh Pilar Budaya Cianjur.†Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 5, no. 1, 2020, pp. 13–19.

Marzuki. “Pembentukan Kultur Akhlak Mulia Di Kalangan Mahasiswa UNY Melalui Pembelajaran PAI.†Cakrawala Pendidikan, vol. 29, no. 1, 2010, pp. 120–33.

Nugraha, Eka Arif, et al. “Pembuatan Bahan Ajar Komik Sains Inkuiri Materi Benda Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Kelas IV SD.†â€Unnes Physics Educational Journal, vol. 2, no. 1, 2013, pp. 60–68.

Pala, Aynur. “The Need for Character Education.†International Journal of Social Sciences and Humanity Studies, vol. 3, no. 2, 2011, pp. 23–32.

Partana, Paina. “Pola Tindak Tutur Komisif Berjanji Bahasa Jawa.†Widyaparwa, vol. 38, no. 1, 2010, pp. 81–89.

Purnama, Susanti Sri. “Learning Politeness in Interviews Using Role Play Strategies.†Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, vol. 7, no. 1, 2018, pp. 23–30.

Rahmawati, Karina. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecerdasan Linguistik.†Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 5, no. 3, 2016, pp. 227–36.

Ramli. “Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Kompetensi Produktif Peserta Didik SMK Negeri Sumatera Barat.†Cakrawala Pendidikan, vol. 32, no. 2, 2013, pp. 307–14.

Rohali. “Kesantunan Berbahasa Sebagai Pilar Pendidikan Karakter: Perspektif Sosiopragmatik.†Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 1, no. 1, 2011, pp. 74–86.

Suherdi, Didi. Rekonstruksi Pendidikan Bahasa: Sebuah Keniscayaan Bagi Keunggulan Bahasa. CELTICS press, 2012.

Tas’adi, Rfasel. “Pentingnya Etika Dalam Pendidikan.†Ta’dib, vol. 17, no. 2, 2014, pp. 189–98.

Wahyono, Hari. “Penggunaan Smartphone Dalam Meningkatkan Efektifikas Pembelajaran Berbahasa.†Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, vol. 8, no. 2, 2019, pp. 78–86.

Wijana, I. Dewa Putu. “Pemertahanan Dan Pengembangan Bahasa Indonesia.†Widyaparwa, vol. 46, no. 1, 2018, pp. 91–98.

Wijayanti, Wenny, et al. “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Kompetensi Memproduksi Teks Prosedur Kompleks Yang Bermuatan Kesantunan Bagi Peserta Didik Kelas X SMA/MA.†Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, vol. 4, no. 2, 2015, pp. 94–101.




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v9i1.830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.