Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menulis Puisi dengan Media Gambar

Popon Nuraeni

Abstract


Artikel ini memaparkan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan media gambar. Penelitian dilaksanakan dua siklus setiap siklus dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi, tahap analisis refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama belum menunjukan peningkatan kemampuan. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai hanya mencapai 78.08. Pada siklus ke dua pembelajaran meningkat, dengan nilai rata-rata siswa 83,19. Siswa yang aktif pada pertemuan ke dua berjumlah 32 siswa dari 36 siswa, ( 88, 88%). Hasil penelitian terbuki berdampak positif, (1) pelaksanaan pembelajaran dengan media gambar dapat berjalan dengan baik, (2) dapat meningkatkan kreativitas siswa, dan (3) meningkatkan hasil belajar.

This article describes the improvement of students' abilities in writing poetry using picture media. The study was carried out in two cycles with four stages for each cycle, namely planning, implementation of the action, observation and evaluation, reflection analysis stage. Data collection techniques used documentation, tests, and observations. The results show that the first cycle did not show an improvement of students’ ability.  It was evidenced by the average value of only 78.08. In the second cycle of learning, it increased with an average value of students’ score 83.19. Students who were active at the second meeting were 32 students from total 36 students (88, 88%). The results of the research show positive impacts (1) the implementation of learning with picture media can work well, (2) it can improve students’ creativity, and (3) improve learning outcomes.

Kata Kunci: media gambar, menulis, puisi


Full Text:

PDF

References


Budiansah, Andri Firman. “Implementation of Imaginative Sugestion Method by Using Audio Visual Media in Learning Poetry Writing.†Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, vol. 2, no. 1, 2019, pp. 28–35, doi:10.35194/alinea.v2i1.500.

Falahudin, Iwan. “Media dalam Proses Pembelajaran.†Jurnal Lingkar Widyaiswara, vol. 1, no. 4, 2014, pp. 104–17.

Fauji, Ahmad Dodi. Menghidupkan Ruh Puisi. Situ Seni, 2019.

Nurhayati, Tuti. “Use of Communicative Aprproach and the Use of Image Media in Improving Writing Skills.†Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, vol. 7, no. 2, 2018, pp. 120–34.

Rusyana, Yus. Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan. CV Diponegoro, 1987.

Sadiman. Media Pendidikan. Pustekom, 1996.

Sudjana, Nana, and Ahmad Rivai. No Title. Sinar Baru Algesindo, 2010.

Suparman, Atwi. Model Pembelajara. LAN, 1997.

Tarigan, Hendry Guntur. Dasar-Dasar Psikosastra. Angkasa, 1995.

Waluyo, Herman J. Teori dan Apresiasi Sastra. Erlangga, 1995.




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v8i2.708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.