Penggunaan Penilaian Berbasis Kelas dan Portofolio dalam Menumbuhkan Minat Baca

M. Dian Ferdiana & Daud Pamungkas

Abstract


Artikel ini membahas penggunaan penilaian kelas dan portofolio dalam meningkatkan minat baca. Metode penelitian yang digunakan deskripsi dengan instrumen portofolio, observasi, dan wawancara. Penelitian dilakukan di SD Al Azhar 18 Cianjur,  Agustus-Oktober 2018. Portofolio yang digunakan 27 buah yang dibuat oleh anak-anak kelas VI. Selain menggunakan portofolio, data juga diperoleh dari petugas perpustakaan dan guru. Data dalam penelitian adalah judul-judul buku yang dibaca, yang diinginkan dibaca, dan upaya yang dilakukan sekolah dan guru dalam meningkatkan minat baca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca siswa baik. Jumlah rata-rata buku yang dibaca dalam setahun terakhir 6 judul buku yang terdiri dari berbagai buku, tetapi umumnya buku cerita atau cerita. Program pengembangan minat baca yang dilakukan adalah mengunjungi perpustakaan sekolah yang diadakan setiap Senin, 13.00-14.30. Meski begitu, ternyata minat mengunjungi perpustakaan berdasarkan data dua bulan terakhir diketahui tidak terlalu menggembirakan, hanya berjumlah 7,4 siswa yang datang berkunjung dan membaca di perpustakaan.

This article discusses the use of class and portfolio assessments in developing students’ interest in reading. The research method used is description with portfolio instruments, observation, and interviews. The study was conducted at Al Azhar 18 Elementary School in Cianjur, from August to October 2018. Portfolios of twenty seven of 6th grade students were used. In addition to using portfolios, data were also obtained from library staff and teachers. The data in the study were the titles of books read by the students, the titles they wanted, and the efforts made by schools and teachers in increasing reading interest. The results show that students' interest in reading was good. The average number of books read in the past year is 6 titles consisting of various books, commonly story books or stories. The program conducted to develop reading interest is visiting the school library every Monday from 1 to 2.30 pm. However, the data taken from the last two months reveal that students’ interest in visiting the library is not satisfying, only 7 students came to visit and read in the library  

Keywords: minat baca, penilaian kelas, portofolio


Full Text:

PDF

References


Ainley, Mary, et al. “Interest, Learning, and the Psychological Processes That Mediate Their Relationship.†Journal of Educational Psychology, 2002, doi:10.1037/0022-0663.94.3.545.

Anugraheni, Indri. “Penggunaan Portofolio Dalam Perkuliahan Penilaian Pembelajaran.†Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, vol. 3, no. 1, 2017, pp. 197–203.

Arifin, Zaenal. Evaluasi Pembelajaran. PT. Remaja Rosda Karya, 2010.

Baharun, Hasan. “Penilaian Berbasis Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah.†MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, vol. 3, no. 2, 2016.

Daryanto. Evaluasi Pendidikan. Adi Mahastya, 2010.

Djajasudarma, T. Fatimah. Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian Dan Kajian. PT. Eresco, 2006.

Elizabeth, Cathy Grace. Pintar Membuat Portofolio. Erlangga Group, 2006.

Gipayana, Muhana. “Pengajaran Literasi Dan Penilaian Portofolio Dalam Konteks Pembelajaran Menulis Di SD.†Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 11, no. 1, 2004, pp. 1–12.

Madyarini, Dyan Desi, and Abdul Gafur. “Komparasi Model Pembelajaran Portofolio dan PBL Terhadap Hasil Belajar IPS di SMPN Kecamatan Sewon.†Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2015, doi:10.21831/hsjpi.v2i2.7664.

Mulyadi. Evaluasi Pendidikan. UIN Maliki Press, 2010.

Nurbaity, et al. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dalam IPA Terpadu Menggunakan Penilaian Portofolio Melalui Lesson Study di SMP Sekolah Alam dan Sains Aljannah Jakarta.†Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2010.

Purwanto, Ngalim. Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosda Karya, 2002.

Santoso, Budi. “Penilaian Portofolio Dalam Matematika.†Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 1, no. 2, 2017, pp. 31–38, doi:10.22342/jpm.1.2.811.

Surapranata, Sumarna &. Muhammad Hatta. Penilaian Portofolio. PT Remaja Rosda Karya, 2007.

Wasliman, Iim &. Numan Somantri. Portofolio Dalam Pembelajaran IPS. PT Remaja Rosda Karya, 2009.




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v8i2.549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.