Efektivitas Pembelajaran Membaca Novel dengan Menggunakan Model JIGSAW

Mira Annisa

Abstract


Artikel ini mendiskusi efektivitas pembelajaran membaca novel dengan menggunakan model Jigsaw di kelas XI IPA 3 SMA Al-Ittihad Cianjur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses penelitian dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu dengan instrumen observasi dan instrumen tes. Hasil penelitian penunjukkan bahwa penggunaan model Jigsaw dalam pembelajaran membaca novel dapat meningkatkan hasil pembelajaran. Kemampuan siswa dalam membaca novel dan menemukan nilai religius mengalami peningkatan. Aktivitas yang dilakukan siswa lebih aktif, berani, kritis dalam berargumen, baik menyanggah maupun menyetujui argumen serta mampu kerja sama dalam pembentukan kelompok.

This article discusses the effectiveness of learning to read novels by using Jigsaw model in class XI IPA 3 at Al-Ittihad Cianjur High School. The method used in this study is the Classroom Action Research (CAR). The research process starts from the planning, implementation, observation, and reflection stage. The techniques used for data collection are observation and test instruments. The results of the study indicate that the use of the Jigsaw model in learning to read novels can improve learning outcomes. The ability of students to read novels and find religious values have increased. Activities undertaken by students are more active, brave, critical in arguing, both refuting or agreeing to arguments and able to work together in forming groups.

Kata kunci: Jigsaw, membaca, novel, religius

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Rineka Cipta, 2010.

Bahtiar, Ahmad. “Kompetensi Kesusastraan Guru Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Wilayah Tanggerang Selatan.†Journal Indonesian Language Education and Literature, vol. 2, no. 1, 2017, pp. 203–18.

Isnanda, Romi. “Peran Pengajaran Sastra Dan Budaya Dalam Pembentukan Karater Siswa Sekolah Dasar.†Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, vol. 1, no. 2, 2015, pp. 174–82, doi:10.22202/jg.2015.v1i2.1237.

Novianti, Hani, and Daud Pamungkas. “Using Transformation Technique to Improve Writing Skill of Short Story.†Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, vol. 1, no. 3, Oct. 2018, p. 177, doi:10.35194/alinea.v1i3.368.

Rakhmat, Jalaludin. Jalan Rakhmat: Mengetuk Pintu Tuhan. PT Gramedia Pustaka Utama, 2013.

Rusman. Model-Model Pembelajaran. Raja Grafindo Persada, 2008.

Salsabiela Rais, Hanum, and Rangga Almahendra. 99 Cahaya Di Langit Eropa. Gramedia Pustaka Utama, 2011.

Samani, Hariyanto. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya Ofset, 2011.

Sayuti, Suminto A. “Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dan Kurikulum 2013.†Litera, vol. 1, no. 2, 2015, pp. 112–22.

Triono, Eko, et al. “Pengajaran Sastra Dalam KTSP Dan K13 Jenjang SMA Di Era Digital.†Jurnal Gramatika, vol. 5, no. 1, 2019, pp. 102–11, doi:10.22202/JG.2019.V5i1.3209.




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v8i2.439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.