Implementasi Model Discovery Learning dalam Menemukan Realitas Kehidupan dalam Biografi Chairil Anwar

Anne Ratna Octariana

Abstract


Artikel ini membahas penerapan model discovery learning dalam pembelajaran menemukan realitas kehidupan dalam sebuah biografi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas X IPS 5 SMA Pasundan 1 Cianjur. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan hasil kerja siswa. Hasil kemampuan siswa dalam menemukan realitas kehidupan dianalisis dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menemukan realitas kehidupan dalam biografi Chairil Anwar dengan model discovery learning sudah baik.

This article discusses the application of discovery learning model in learning of finding reality of life in a biography. The method used in this research was descriptive method. The subjects of this study were 32 students of class X IPS 5 of SMA Pasundan 1 Cianjur. Data were collected from questionnaire and students’ work. The results of students' work in finding the reality of life were analyzed by content analysis techniques. The results show that the ability of students to find the reality of life in Chairil Anwar's biography with the discovery learning model was good.

Kata Kunci : biografi, Chairil Anwar, Discovery Learning


Full Text:

PDF

References


Agustina, Niki. “Improved Ability To Analyze Short Stories With Discovery Learning Model.†Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, vol. 7, no. 1–6, 2019.

Laila, Azah Nur, and Widodo Budhi. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar.†Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, vol. 4, no. 2, 2017, pp. 57–64.

Mahdi, Imam, et al. “Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Sejarah Khulafaurrasyidin.†Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, no. 01, 2019, pp. 143–58, doi:10.30868/ei.v8i01.357.

Muslim, Siska Ryane. “Kontribusi Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Peserta Didik.†Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, vol. 2, no. 1, 2016, pp. 67–74.

Novita, Fidya, et al. “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Discovery Learning Dengan Pendektan Saintifik Di SD.†Diklbio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, vol. 2, no. 2, 2018, pp. 86–93.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. I, Kencana Prenada Media, 2011.

Sumardjo, Jakob, and Saini KM. Apresiasi Kesusastraan. Pustaka Prima, 1988.




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v8i2.435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.