Citra Perempuan Modern Novel "Lebih Senyap dari Bisikan" Karya Andina Dwifatma
Abstract
This article will describe the physical image and psychological image of modern women in the novel " Lebih Senyap dari Bisikan " by Adinda Dwifatma. The theories used are Djajanegara's feminist literary criticism theory, Sugihastuti's image of women, and Bruns' self-image. The data analysis technique uses a Flow Model which includes data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The findings show that the modern woman depicted is a woman who is slim and smooth, a woman who is mature, and cares about her health. Then, psychologically, modern women are characterized as women who are technologically literate, independent, easy to get along with, tough and hardworking, and have anxiety.
Keywodrs: image; contemporary women; literary feminism
Abstrak:
Artikel ini akan mendeskripsikan citra fisik dan citra psikis perempuan modern dalam novel “Lebih Senyap dari Bisikan” karya Adinda Dwifatma. Teori yang digunakan adalah teori kritik sastra feminis Djajanegara, citra perempuan Sugihastuti, dan citra diri Bruns. Teknik analisis data menggunakan Flow Model yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan menunjukkan bahwa perempuan modern yang digambarkan merupakan perempuan yang langsing dan mulus, perempuan yang dewasa, dan peduli terhadap kesehatan. Kemudian, secara psikis perempuan modern memiliki ciri sebagai perempuan yang melek teknologi, mandiri, mudah akrab, tangguh dan pekerja keras, serta memiliki kecemasan.
Kata kunci: citra; fenimisme sastra; perempuan modern
Full Text:
PDFReferences
Arizona, Ria Defrita, dkk. “Citra Perempuan Dalam Novel Kekuatan Cinta Karya Sastri Bakry.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, vol. 1, no. 2: 104–10. 2013.
Asriningsari, Ambarini dan Ngatmini. “Eksistensi Perempuan Modern Dalam Novel Kenanga Karya Oka Rusmini.” Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, vol. 1, no. 2. 2013.
Burns, R. Bender. “Konsep Diri: Teori, Pengukuran, Perkembangan, Dan Perilaku.” Jakarta: Arcan, Arcan, 1993.
Dwifatma, Andina. Lebih Senyap Dari Bisikan. Gramedia Pustaka Utama, 2021.
Kurniatama, RIzky Alfian. “Kecemasan Tokoh Kirdjo Dalam Novel Senapan Tak Berpeluru Karya Joko Gesang Santoso(Kajian Psikologi Sastra).” Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, vol. 6, no. 7: 1–16. 2017.
Mukholil. “Kecemasan Dalam Proses Belajar.” Eksponen, vol. 8, no. 1: 1–8. 2018.
Nurlian, Nurlian, dkk. “Citra Perempuan Dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye.” FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, vol. 2, no. 2: 45–59. 2021.
Pratiwi, Anggi dan Eflinnida Nurul Komaril Asyarotin. “Implementasi Literasi Budaya Dan Kewargaan Sebagai Solusi Disinformasi Pada Generasi Millennial Di Indonesia.” Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, vol. 7, no. 1: 65–80. 2019.
Sinaga, Eva Rohani. “Citra Perempuan Dalam Novel Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo (Kajian Kritik Feminisme).” Artikulasi: Jurnal Pendidikan, vol. 3, no. 2: 10–33. 2021.
Soraya, Arnis, dkk. “Kajian Feminisme Dalam Novel The Secret Mother Karya Banyu Sastra Tahun 2019.” Jurnal Samudra Bahasa, vol. 3, no. 2: 1–15. 2020.
Stuart, Gail W. Buku Saku Keperawatan Jiwa. Egc, 2006.
Sugihastuti dan Suharto. Kritik Sastra Feminis: Teori Dan Aplikasinya. Pustaka Pelajar, 2002.
Thung, Ju Lan. “Perempuan Dan Modernisasi Women and Modernization.” Jurnal Masyarakat Dan Budaya, vol. 17, no. 1: 17–28. 2015.
Wendra, I. Wayan. “Citra Perempuan Dalam Sastra Modern (Sebuah Pandangan Feministik Pada Dua Pengarang Laki-Laki.” Jurnal IKA, vol. 8, no. 1. 2010
Widiasih, Ni Luh Putu Arsi. “Citra Wanita Modern Dalam Cerpen Ufo Ga Kushiro Ni Oriru, Kami No Kodomotachi Wa Mina Odoru, Thailand, Dan Hachi Mitsu Pai Karya Haruki Murakami.” Jurnal Humanis, vol. 15, no. 3: 137–43. 2016.
DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v13i2.4011
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.