Transformasi Novel "Rapijali" karya Dee Lestari ke dalam Bentuk Puisi

Husni Farid Fauzi, Siti Maryam, Dinni Nurfajrin Ningsih

Abstract


This article describes the process and results of the transformation of Dee Lestari's novel Rapijali into poetry. The research was conducted using a qualitative approach and using descriptive methods. The findings show that the story theme of the Novel Rapijali is the struggle and search for the identity of the main character in the story to realize his dream of becoming a musician. From a structural study of a novel, five poems were born entitled “Pencarianâ€, “Posterâ€, “Zemoraâ€, “Sebuah namaâ€, dan “Kala Ituâ€.

Abstrak

Artikel ini menjelaskan proses dan hasil  transformasi novel Rapijali karya   Dee Lestari ke dalam bentuk puisi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Hasil temuan menunjukkan bahwa tema cerita Novel Rapijali yaitu perjuangan dan pencarian jati diri tokoh utama dalam cerita untuk mewujudkan impiannya menjadi seorang musisi. Dari kajian secara struktural atas sebuah novel lahir  lima puisi yang berjudul  â€Pencarianâ€, “Posterâ€, “Zemoraâ€, “Sebuah “nama, dan “Kala Ituâ€.


Full Text:

PDF

References


Afif, F. Berfikir Imajinatif. Binus. 2013

Kharisma, A., & Fitryona, N. Desain Dongeng Imajinatif dalam Pembelajaran Oral Reading Fluency di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7 (1), 1–9. 2023 https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2568

Kohunussa, S. Bahan Ajar Pantun Nasihat Religi dengan Media Gambar untuk Siswa SMP/MTs Kabupaten Seram Bagian Timur Maluku (Teaching Materials For Religious Advice Using Image Media For SMP/ MTs Students . Seram District , East Part Of Maluku ). Teks, 6(1), 51–67 2021.

Mahanani, B. S. Kajian Transformasi dari Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata ke Film Laskar Pelangi Karya Riri Riza [Universitas Negeri Yogyakarta]. 2013 https://doi.org/10.1190/segam2013-0137.1

Maryam, S. Pengembangan Kreativitas Berbahasa dalam Menulis Esai. Educationist, I(2), 103–115 2007.

Maryam, S. Strengthening the Character: Uphold Ethics in Indonesian Language Study Pass by Supplementary Books. EDUCARE: International Journal for Educational Studies, 5 (1), 39–50 2012

Nurgiyantoro, B. Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press. 2010.

Nurkamila, N. Yola Dwi Aprilliah, D. H. Transformasi Novel Serendipity Ke Dalam Film Serendipity Karya Erisca Febriani: Kajian Sastra Bandingan. Hasta Wiyata. 2021

Nurmansyah, I., & Sofia, A. Paralel, Transformasi dan Haplologi Tafsir Tujuh Surah Karya Muhammad Basuni Imran dengan Karya Tafsir Muhammad Rashid Ridha: Kajian Intertekstualitas. Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir, 8461. 2022

Parura, M. “Transformasi Novel Ananta Prahadi Karya Risa Saraswati Ke Film Ananta Sutradara Rizki Balki (Kajian Ekranisasi).†Neologia: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 60–71. 2020

Pradopo, R. Djoko. Dewa Telah Mati; Kajian Strukturalisme-Semiotik Makalah Temu Ilmiah Ilmu-Ilmu Sastra di bandung. 2010

Purnomo, M. H., & Kustoro, U. Transformasi Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 13(2), 329. https://doi.org/10.14710/nusa.13.2.329-340 2018

Sanusi, D., Mulyanti, S., Ningsih, D. N., & Maryam, S. Komik Digital Sasakala Ngaran Cianjur. CV Ruang Tentor. 2022

Saputra, H. S. P. Transformasi Lintas Genre: Dari Novel ke Film, dari Film ke Novel. Humaniora, 21(1), 41–45. 2009

Setiawati, R. R. Alih Wahana Novel Supernova Karya Dewi Lestari Menjadi Film Supernova Karya Rizal Mantovani Kajian Model Panusuk Eneste. Universitas Negeri Makasar. 2017

Suryaman, M. Pengalaman Membaca Karya Sastra Dalam Perspektif Pembelajaran. Litera, 17(1). 2018 https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.19063

Suyanto, S., & Amin, M. F. Representasi Relasi Jender dalam Pemakaian Diksi. NUSA, 12(1), 55–65. 2017




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v12i1.2969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.