Desain Pembelajaran Model ASSURE dalam Pembelajaran Menulis Kreatif Berbasis Media Plotagon di Era Merdeka Belajar

Muhammad Fernanda Adi Pradana, Azizatuz Zahro, Didin Widyartono

Abstract


Di era merdeka belajar saat ini adanya pembelajaran yang berdiferensiasi sangat dibutuhkan. Pembelajaran berdiferensiasi membutuhkan adanya perancangan sebuah desain pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMP masih ditemukan permasalahan pada kegiatan menulis kreatif teks cerita fantasi, di antaranya 1) kurangnya ide dan gagasan dalam menentukan cerita fantasi, 2) peserta didik merasa bahwa menulis merupakan kegiatan yang tidak menarik dan membosankan, dan 3) minimnya daya imajinasi peserta didik dalam menentukan keunikan tokoh. Oleh karena itu, di dalam penelitian ini akan membahas tentang perancangan sebuah inovasi desain pembelajaran. Inovasi tersebut dirancang dalam materi menulis kreatif cerita  fantasi berbasis digital agar dapat terlaksana secara efektif dan efisien. Perancangan desain pembelajaran tersebut diintegrasikan dengan media Plotagon, untuk melatih peserta didik menulis kreatif cerita  fantasi secara digital. Perancangan desain pembelajaran ini menggunakan model ASSURE. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perancangan desain pembelajaran menulis kreatif cerita fantasi digital yakni karakteristik peserta didik, tujuan pembelajaran pada kurikulum merdeka, metode, media, dan materi, keaktifan kelas, dan evaluasi desain pembelajaran. Peranan media khususnya Plotagon penting dalam menumbuhkan jiwa kreativitas peserta didik membuat cerita fantasi berbasis digital.


Full Text:

PDF

References


Achmadi, Heri. "Penerapan model assure dengan menggunakan media power point dalam pembelajaran bahasa inggris sebagai usaha peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X Man Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013." Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran 2.1 (2014).

Anna, Haerun. "Pembelajaran bahasa Indonesia dalam konteks multibudaya." Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 9.2 (2016): 74-91.

Antika, Hendi, Wawan Priyanto, and Iin Purnamasari. "Pengaruh Penggunaan Media Animasi Sandisko Dengan Model Somatic Auditory Visualization Intellectually Terhadap Hasil Belajar Tema Kebersamaan Kelas 2." Mimbar Ilmu 24.2 (2019): 247-258.

Astika, Ridha Yoni, Bambang Sri Anggoro, and Siska Andriani. "Pengembangan video media pembelajaran matematika dengan bantuan powtoon." Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M) 2.2 (2019): 85-96.

Ati, Aster Pujaning, Maria Cleopatra, and Sigit Widiyarto. "Strategi pembelajaran dan pengajaran menulis bahasa Indonesia: Tantangan di era revolusi industri 4.0." Prosiding Samasta (2020).

Fitriani, Winda Ayu Cahya. "Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran dan Kemampuan Menulis Cerita dengan Model ASSURE." Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 6.01 (2016).

Darlis, Neneng, and Mega Adyna Movitaria. "Penggunaan model assure untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di sekolah dasar." Jurnal Basicedu 5.4 (2021): 2363-2369.

De Porter, Bobbi, and Mike Hernacki. Quantum learning. PT Mizan Publika, 1992.

Dewi, Nastitisari, and R. Riandi. "Analisis kemampuan berpikir kompleks siswa melalui pembelajaran berbasis masalah berbantuan mind mapping." Edusains UIN Syarif Hidayatullah 8.1 (2016): 98-107.

Dewi, Putri Kumala., and Nia Budiana. Media Pembelajaran: Aplikasi Teori Dan Strategi Pengoptimalan Pembelajaran. Ub Press. 2018

Sherly, Sherly, Edy Dharma, and Humiras Betty Sihombing. "Merdeka belajar: kajian literatur." UrbanGreen Conference Proceeding Library. 2021.

Faryadi, Qais. "The architecture of interactive multimedia courseware: a conceptual and an empirical-based design process: phase one." International Journal of Humanities and Social Science 2.3 (2012): 199-206.

GTK. (2020, November 11). Merdeka Belajar.

Guzmán Gámez, Derly Yuleith, and Johana Andrea Moreno Cuellar. "The use of Plotagon to enhance the English writing skill in secondary school students." Profile Issues in TeachersProfessional Development 21.1 (2019): 139-153.

Hairul, Mohammad. "Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi Berbasis Trikosi (Trisula Kompetensi Literasi)." FKIP e-PROCEEDING (2020): 43-62.

Inah, Ety Nur. "Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa." Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 8.2 (2015): 150-167.

Iskandar, Rozi, and F. Farida. "Implementasi Model ASSURE untuk Mengembangkan Desain Pembelajaran di Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu 4.4 (2020): 1052-1065.

Darimi, Ismail. "Diagnosis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran aktif di sekolah." JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 2.1 (2016): 30-43.

Isodarus, Praptomo Baryadi. "Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks." Sintesis 11.1 (2017): 1-11.

Jannah, Eka Mufidah Nur, Heri Suwignyo, and Titik Harsiati. "Analisis Nilai-nilai karakter hasil karya menulis kreatif siswa." Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 4.2 (2019): 149-155.

Mustika, I. Kadek. "OPTIMALISASI TES DIAGNOSTIK BERBASIS IT DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN BAHASA BALI PADA KURIKULUM MERDEKA." Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra 12.2 (2022): 13-22.

Kapitan, Yanner J., Titik Harsiati, and Imam Agus Basuki. "pengembangan bahan ajar menulis teks cerita fantasi bermuatan nilai pendidikan karakter di kelas VII." Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 3.1 (2018): 100-106.

Khoerunnisa, Putri, and Syifa Masyhuril Aqwal. "ANALISIS Model-model pembelajaran." Fondatia 4.1 (2020): 1-27.

Komariah, Endang, Ari Nurweni, and Budi Kadaryanto. "PENGUATAN KOMPETENSI PROFESI GURU BAHASA INGGRIS TINGKAT SMP DI BANDAR LAMPUNG DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR." Education Language and Arts (ELA) 1.2 Oktober (2022): 112-119.

Kurniawan, Dicky Candra, Dedi Kuswandi, and Arafah Husna. "Pengembangan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA tentang sifat dan perubahan wujud benda kelas IV SDN Merjosari 5 Malang." JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran 4.2 (2018): 119-125.

Kurniawan, H. Pembelajaran Menulis Kreatif. PT Remaja Rosdakarya. 2014

Kurniawan, Khaerudin. "Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Komunikatif." Jurnal Ilmu Pendidikan 9.4 (2016).

Mirdad, Jamal. "Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran)." Jurnal sakinah 2.1 (2020): 14-23.

Munandar, Anhar. "Design Modeling ASSURE." Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5.2 (2020): 71-78.

Muzakki, Ahmad, et al. "Desain Pembelajaran Model ASSURE Berbasis Multimedia pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits." Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 10.01 (2021): 149-162.

Nasution, Mardiah Kalsum. "Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa." STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 11.01 (2017): 9-16.

Nawawi, Nawawi. "Mendesain Pembelajaran Efektif Berdasarkan Model'Assure'." Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR) 1 (2018): 1302-1307.

Nurfadhillah, Septy, et al. "Pengaplikasian Media Pembelajaran Visual pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Bina Bangsa." EDISI 3.2 (2021): 253-263.

Oktiani, Ifni. "Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik." Jurnal kependidikan 5.2 (2017): 216-232.

Prayitno, Prayitno. "Pemilihan Materi Pembelajaran Apresiasi Puisi Berkarakter Bangsa Dalam Nilai Religius." Jurnal Kependidikan 2.1 (2014): 86-100.

Pribadi. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat. 2009

Rahimah, Rahimah. "Peningkatan kemampuan guru SMP negeri 10 kota tebingtinggi dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka melalui kegiatan pendampingan tahun ajaran 2021/2022." ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 6.1 (2022): 92-106.

REJEKI, MEIYEN DWI. "Pemanfaatan animasi plotagon untuk meningkatkan antusiasme siswa dalam mata pelajaran bahasa indonesia." LANGUAGE: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra 2.1 (2022): 64-70.

Siagian, Beslina Afriani, et al. "Sosialisasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Merdeka Belajar di SMP Gajah Mada Medan." Indonesia Berdaya 3.2 (2022): 339-344.

Sholihatin, Laily. "Pengembangan media pembelajaran bahasa arab berbasis aplikasi plotagon pada siswa ma nu petung panceng gresik." Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 6.2020 (2020): 320-326.

Smaldino, Sharon E., et al. "Instructional technology and media for learning." (2008).

Suardipa, I. Putu, and Kadek Hengki Primayana. "Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran." Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya 4.2 (2020): 88-100.

Subhan, Subhan. "PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MEWUJUDKAN MERDEKA BELAJAR MELALUI LOKAKARYA DI SMPN 3 PONTIANAK." Jurnal Pembelajaran Prospektif 7.1.

Thohir, Muhammad, Kiki Cahya Muslimah, and Nihayatin Musyafa'ah. "Prelude Aplikasi Plotagon Story Untuk Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Arab Sesuai KMA 183 Tahun 2019." TADARUS 10.1 (2021).

Trianawati, I. Gst A. Km, I. Ketut Ardana, and IB Gd Surya Abadi. "Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA." International Journal of Elementary Education 4.1 (2020): 73-82.

UU No 20. Sistem Pendidikan Nasional. 2003

Wa-Mbaleka, Safary. "An instructional design model for better refugee and IDP education." International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development 3.3 (2014): 1-14.

Widyartono, Didin. "Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia Melalui Alih Media Buku Pelajaran Kurikulum 2013." Erudio Journal of Educational Innovation 2.1 (2013).

Winaryati, Eny, Akhmad Fathurohman, and Setia Iriyanto. "Developmen model pembelajaran†wisata lokal†kabupaten rembang, jawa tengah." Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang 3.1 (2015): 34-42.

Winaryati, Eny, Erma Handarsari, and Akhmad Fathurohman. "Analysis pengembangan model pembelajaran†wisata lokal†pada pembelajaran sains." PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL. Vol. 1. No. 1. 2012.




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v12i1.2852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.