Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun di BIMBA AIUEO Merpati

Riski Nur Sarifah, Zahwa Febby Utami

Abstract


Not a few parents trust BIMBA AIUEO as a good place to learn languages. This article will describe children's language acquisition that occurs in language tutoring places. The method used in this research is a qualitative descriptive method with data collection techniques using several methods such as observation for preliminary studies, interviews to collect data to be analyzed, also recording and observing. After getting the data then it is classified and tabulated. The results of the study can be concluded that (1) language acquisition occurs naturally, (2) language acquisition is influenced by biological factors, and (3) children's language acquisition is also influenced by the socio-cultural environment.

Keywords: language; gain, child

Abstrak

Tidak sedikit orang tua yang mempercayai BIMBA AIUEO sebagai tempat untuk belajar bahasa dengan baik. Artike ini akan memaparkan  pemerolehan bahasa anak yang terjadi di tempat bimbingan bahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan beberapa cara seperti observasi untuk studi pendahuluan, wawancara untuk mengambil data yang akan  dianalisis, juga  melakukan rekaman dan pengamatan. Setelah mendapatkan data kemudian diklasifikasikan dan ditabulasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) pemerolehan bahasa terjadi secara alamiah, (2) pemerolehan bahasa dipengaruhi oleh faktor biologis, dan (3) pemerolehan bahasa anak juga dipengaruhi lingkungan sosial-budaya.

Kata kunci: bahasa; pemerolehan, anak

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afifah. Dkk. Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun (Ditinjau Dari Pemerolehan Semantik dan Fonetik) Dengan Menggunakan Kegiatan Bercerita Jurnal Pagi dan Cerita Sehari-hari Di TK Muslimat Nu Masyitoh 19 ‘’Annisa’’ Jenggot. IJES (International of Elementary School) Vol.1 No.1. 2021.

Bagus Triadi, Rai. Dkk. Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Dini Usia 3 dan 4 Tahun Di BIMBA AIUEO Permat Pamulang. Jurnal Sasindo Unpam Vol.8, No.2. 2020.

Chaer, Abdul. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2003.

Dardjowidjojo, Soenjono. Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: Grasindo. 2000.

Darjowidjojo, Soejono. Psikolinguistik: Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. 2008.

Fitria, Dian. Dkk. Pemerolehan Bahasa Jenis Kalimat dan Struktur Bahasa Indonesia Anak Usia 3;0-4;0 Tahun Di PAUD BIMBA AIUEO. Unika Atma Jaya. 2021.

Hurlock. Perkembangan Anak. Terj. Meitsari Tjandrasa, Muslichah Zarkasih. Jakarta: Erlangga. 2013.

Impuni. Pemerolehan Sintaksis Anak Usia Lima Tahun Melalui Penceritaan Kembali Dongeng Nusantara. Jurnal Penelitian Humaniora, Volume 13 Nomor 1. 2012.

Janella, T., Muzzamill, A. R., & Syahran, A. Kajian Psikolinguistik Terhadap Gangguan Mekanisme Berbicara (Studi Kasus Raisya Dan Athaya). Statistical Field Theor, 53(9), 1689–1699. 2019.

Lubis, h. z. Metode Pengembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. Jurnal RAUDHAH Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) UIN Sumatera Utara, 21. 2018.

Peri Syaprizal, Muhammad. Proses Pemerolehan Bahasa Pada Anak. Jurnal Al-Hikmah Vol.1 No.2. 2019.

Natsir, Nurasia. Hubungan Psikolinguistik Dalam Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa. Jurnal Retorika, Volume 10 Nomor 1. 2017.

Riskiana Aritonang, Devinna. Hubungan Psikolinguistik Terhadap Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa Pada Anak. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol.7 No.1. 2022.

Selsia, Niken Widya. Pemerolehan Bahasa Anak Usia 2,5 Tahun Berdasarkan: Aspek Fonologis dan Sintaksis Kajian Psikolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusi, Volume 6 Nomor 2. 2022

Tarigan, Hendry Guntur. Psikolinguistik. Bandung :Angkasa. 2009.




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v12i1.2787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.