Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Berbasis Kearifan Lokal Batik Cianjur dengan Menggunakan Media Powtoon

Witri Nuraeni

Abstract


Artikel ini akan memaparkan peningkatan hasil belajar siswa dalam menulis teks prosedur berbasis kearifan lokal, batik Cianjur,  menggunakan media Powtoon. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Sampel yang terpilih yaitu  kelas XI OTKP 2 SMK Negeri 1 Cipanas. Instrumen yang digunakan ialah lembar tes, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar menulis teks prosedur siswa mengalami peningkatan, dilihat dari pemerolehan nilai rata-rata tes awal sebesar  66, sedangkan nilai rata-rata dari tes akhir sebesar 87,83. Nilai signifikasi memperoleh  nilai Asymp. Sig.0,000 < 0,05 maka  Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Powtoon dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur  siswa kelas XI SMK Negeri 1 Cipanas. Selain itu, siswa umumnya mengatakan senang belajar dengan menggunakan Powtoon.

Katakuncimenulis; Powtoon; teks prosedur

Abstract:

This article will describe the improvement of students’ learning outcomes in writing procedural texts, that is local wisdom-based, Batik Cianjur, using Powtoon media. The method used was experimental in the form of a one-group pretest-posttest design. The selected sample was class XI OTKP 2 SMK Negeri 1 Cipanas. The instruments used were tests, interviews, and questionnaires. The results of this study indicate that students' learning outcomes of writing procedural texts increased, seen from the average score of the initial test was 66, while the average value of the final test was 87.83. The significance value obtains the Asymp value. Sig.0,000 < 0.05 meaning Ha was accepted, so it can be concluded that the use of Powtoon can improve the ability to write procedural texts for class XI students of SMK Negeri 1 Cipanas. In addition, students' responses reveal that they enjoyed learning by using Powtoon

Keywords: writing; Powtoons; procedure text


Full Text:

PDF

References


Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Fitri, J., & Atmazaki. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 103–111.

Handayani, W., & Emilda, N. (2018). Pedagogi Estetika Batik Cianjur. Jurnal Seni Rupa, 6(2), 116–120. jurnal.isbi.ac.id

Handriani, Y., Maryam, S., & Ningsih, D. N. (2020). Penggunaan Model Picture and Picture dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur. Alinea : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 9(2), 137–145. https://jurnal.unsur.ac.id/ajbsi/article/view/952/1029

Massana, R. D. A. A. (2020). Pengembangan Produk Bermedia Powtoon untuk Materi Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1Kalasan. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. https://repository.usd.ac.id/36895/2/151224027_full.pdf

Ningrum, R. A. P., & Dwi, T. (2021). Penggunaan Media Video Animasi Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Drama Siswa Kelas VIII SMPN 2 Dlanggu , Mojokerto. Jurnal Bapala, 8(3), 39–49. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/39932

Nugroho, P. W. A. (2020). Pengembangan Produk Bermedia Powtoon untuk Materi Cerita Pendek Kelas XI MIPA 2 SMA Pangudi Luhur Sedayu. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. Retrieved from https://repository.usd.ac.id/36707/1/151224014_full.pdf.

Nuralam, H. W. (2017). Peningkatan Kemampuan Memproduksi Teks Prosedur Kompleks dengan Menggunakan Metode Demonstrasi. Jurnal Diksatrasia, 1(1), 32–38. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia/article/view/176

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Puspitasari, N., & Diningsih, C. A. (2018). Using Picture and Picture Model To Improve Writting Short Story. Alinea : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 7(2), 112–119. https://jurnal.unsur.ac.id/ajbsi/article/view/407/304

Sari, A. D. (2018). Meningkatkan Keterampilan Siswa Kelas VII G SMPN 8 JEMBER dalam Menulis Teks Prosedur melalui Penerapan Metode Think Talk Write Berbantuan Media Powtoon. Skripsi. https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/87154/Ayu Diana Sari-130210402004 %23.pdf?sequence=1

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suherli, Suryaman, M., Septiaji, A., & Istiqomah. (2017). Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Winarsih, A. D. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Melalui Model Pembelajaran STAD ( Student Team Achievement Division ) pada Kelas X-IPA 3 SMAN Candipuro Lumajang. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 1(2), 122–132. https://doi.org/http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop/article/view/2604

Yustinah. (2016). Produktif Berbahasa Indonesia. Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v11i1.1769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.