Platform Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi COVID-19

Nur Anita Syamsi Safitri, Vismaia Damaianti

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan platform evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi covid-19, khususnya di daerah-daerah yang ada di Sulawesi Selatan . Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian dilaksanakan menggunakan desain deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan diperkuat dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Google Form†menjadi platform evaluasi yang dominan digunakan, baik pada saat ulangan harian maupun pada saat penilaian tengah semester. Platform evaluasi sekolah-sekolah di kota lebih variatif, seperti “Google Classroom, Google Form, Quizizâ€, bahkan aplikasi “Exambroâ€. Begitupun platform pembelajaran yang menggunakan “video conferenceâ€, seperti “Zoom Meeting†dan “Google Meetâ€. Sekolah-sekolah di daerah lebih banyak tidak menggunakan platform apapun. Kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada masa pandemi hampir sama, yaitu koneksi internet, keterbatasan fasilitas, rasa jenuh, dan menurunnya motivasi peserta didik dan pendampingan orangtua.

Katakunci: evaluasi, platform, WhatsApp, google form google classroom quiziz

Abstract 

This article describes the evaluation platform used in learning Indonesian during the COVID-19 pandemic, especially in areas in South Sulawesi. The research was conducted in the even semester of the 2020/2021 school year. The research was carried out using a qualitative descriptive design. The data was obtained through the distribution of questionnaires and strengthened by interviews. The results showed that the google form became the dominant evaluation platform used, both during daily tests and during the mid-semester assessment. There are more varied evaluation platforms for schools in the city, such as Google Classroom, Google Form, Quiziz, and even the Exambro application. Likewise, learning platforms that use video conferencing, such as zoom meetings and google meet. Most schools in the area do not use any platform. The obstacles that occurred in the implementation of learning evaluation during the pandemic were almost the same, namely internet connection, limited facilities, boredom, and decreased motivation of students and parental assistance.

Keywords: evaluation, platform, WhatsApp, google form google classroom quiziz


Full Text:

PDF

References


Anggraini, Windi, et al. “Pemanfaatan Aplikasi Quizizz untuk Tematik dalam Pembelajaran Jarak Jauh Kelas III Di SDN Kebayoran Lama Utara 07 Pagi.†Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2020, pp. 2–10.

Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Assidiqi, Muhamad Hasbi, and Woro Sumarni. “Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19.†Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2020, pp. 298–303.

Bhagaskara, Arindra Evandian, et al. “Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Berbasis WhatsApp di SD Yapita.†ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, vol. 2, no. 1, 2021, pp. 13–23, doi:10.37812/zahra.v2i1.183.

Haeruddin. “Pelajar di Lutim Mendaki Gunung 1,4 Km Cari Signal.†Kliksulsel.Com, 29 July 2020.

Handayani, Eka Selvi, and Hani Subakti. “Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 027 Samarinda Ulu.†Jurnal Basataka (JBT), vol. 3, no. 2, 2020, pp. 81–89.

Harususilo, Yohanes Enggar. “Kurikulum Darurat, 2 Hal Ini Jadi Tolok Ukur Penilaian Siswa Selama Pandemi.†Kompas.Com, 2020, https://www.kompas.com/edu/read/2020/08/08/ 111600371 / Kurikulum-darurat-2-hal-ini-jadi-tolok-ukur-mengukur-siswa-selama-pandemi? Page = all.

Hasanah, Qomariah. “Pemanfaatan Aplikasi Whastapp Sebagai Media E-Learning Masa Covid-19 pada Mata Kuliah Biomolekul dan Metabolisme di Tadris IPA IAIN Bengkulu.†ISEJ: Indonesian Science Education Journal, vol. 1, no. 3, 2020, pp. 225–36.

Kebudayaan, Direktorat Jenderal Guru dan tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan. Panduan Pembelajaran Jarak Jauh. 2020.

Kumparan. “Seorang Pelajar di Gowa, Sulsel, Diduga Bunuh Diri Karena Stres Belajar Online.†Kumparan News, Oct. 2020.

Mu’minah, Iim Halimatul, and M. Kurnia Sugandi. “Pemanfaatan Aplikasi WhastApp Group Sebagai Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal Bio Education, vol. 6, no. 1, 2021, pp. 68–81.

Nofitasari, and Eva Luthfi Fakhru Ahsani. “Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Form Selama Masa Pandemi pada Peserta Didik SD/MI.†Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, vol. 7, no. 2, 2020, pp. 107–18.

Nurhusna. “Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Teks Bahasa Indonesia.†Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 21 Oktober 2020, 2020, pp. 52–57.

Prayoga, Iqbal. The Use of Exambro Application as Technology Media for English Examinations. UIN Antasari Banjarmasin, 2019.

Rachmawati, Imami Nur. “Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara.†Jurnal Keperawatan Indonesia, vol. 11, no. 1, 2007, pp. 35–40, doi:10.7454/jki.v11i1.184.

Rusdiana, Ahmad, et al. “Penerapan Model POE2WE Berbasis Blended Learning Google Classroom pada Pembelajaran Masa WFH Pandemic Covid-19.†Scientific Writing of the Bandung State Islamic University 2020, 2020, pp. 1–10.

Santoso, Pitoyo Budi. “Efektivitas Penggunaan Media Penilaian Google Form Terhadap Hasil Belajar Pelaajran TIK.†Prosiding Seminar Nasional: Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan Di Era Revplusi Industri 4.0, no. September, 2019, pp. 287–92.

Suardi, Firdaus, et al. “Diskriminasi Pendidikan Masyarakat Terpencil.†Jurnal Equilbrium Pendidikan Sosiologi, vol. IV, no. 2, 2016, pp. 203–12.

Sugian Noor. “Penggunaan Quizizz dalam Penilaian Pembelajaran pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin.†Jurnal Pendidikan Hayati, vol. 6, no. 1, 2020, pp. 1–7.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). CD Alfabeta, 2015.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Susiyanti, Endang, and Nursiwi Nugraheni. “Penerapan Model Pembelajaran Daring Dengan Bantuan Video Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19.†Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangkaraya 2020, 2020, pp. 77–92.

Tulgar, Aysegul Takkac. “WhatsApp as a Tool for Sustainable Glocal Linguistic, Social and Cultural Interaction.†Turkish Online Journal of Distance Education, vol. 20, no. 3, 2019, pp. 17–28, doi:10.17718/tojde.598198.

Yudiawan, Agus. “Belajar Bersama Covid 19: Evaluasi Pembelajaran Daring Era Pandemi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, Papua Barat.†AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 6, no. 1, 2020, pp. 10–16, doi:10.32489/alfikr.v6i1.64.




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v10i2.1463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.