Tuturan Ekspresif Pengajar BIPA dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara dengan Metode Dengar Pandang

Rudi Rudi, Gigit Mujianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk tuturan ekspresif pengajar BIPA, dan sintaks pembelajaran dengan metode dengar pandang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitati. Sumber data penelitian adalah interaksi pembelajaran antara pengajar dan pemelajar BIPA dalam video Pesta Akademia 21 Tahun APPBIPA: Kelas Maya APPBIPA Jawa Timur dan Sumatra Utara. Adapun data penelitian berupa kalimat yang mencerminkan tuturan ekspresif pengajar BIPA dan sintaks pembelajaran keterampilan berbicara dengan metode dengar pandang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) bentuk tuturan ekspresif pengajar BIPA meliputi ucapan terima kasih, ucapan minta maaf, ucapan memuji, dan ucapan selamat. (2) Sintaks pembelajaran keterampilan berbicara dengan metode dengar pandang meliputi tahapan, penyajian konten oleh pengajar BIPA,  pengajar BIPA menjelaskan konten, pengulangan konten, dan pemelajar BIPA mengembangkan keterampilan berbicara.

Katakunci: dengar pandang,  sintaks pembelajaran, tuturan ekspresif 

Abstract:

This study aims to describe the expressive speech act of BIPA teachers and the syntax of learning using dengar pandang method. This research used descriptive qualitative approach. The source of research data was learning interaction between BIPA teachers and learners in the video Pesta Akademia 21 Tahun APPBIPA: Kelas Maya APPBIPA Jawa Timur dan Sumatra Utara. The data were sentences that show the BIPA teacher's expressive speech act and the syntax of learning speaking skills using the pandang dengar method. Data were collected by using observation technique. The data analysis technique used Miles and Huberman model, including the stage of data reduction, data presentation, and conclusion/verification. The results showed: (1) the expressive speech acts of BIPA teachers include thanking, apologizing, praising, and congratulating. (2) The syntax of learning speaking skills using pandang dengar method including stages of content presentation by BIPA teachers, content explanation, content repetition, and BIPA learners develop their speaking skills

Keywords: dengar pandang, learning syntax, expressive speech


Full Text:

PDF

References


Ariyanti, Lita Dwi, dan Ida Zulaeha. “Tindak Tutur Ekspresif Humanis dalam Interaksi Pembelajaran di SMA Negeri 1 Batang: Analisis Wacana Kelas.†Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 6, no. 2, 2017, hal. 111–22, doi:10.15294/seloka.v6i2.17272.

Atiqoh, Farhatul. “Teknik Maudhu’ Usbu’iy sebagai Alternatif Untuk Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Reseptif dan Produktif Bahasa Arab.†Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa II Tahun 2018, Universitas Negeri Malang, 2018, hal. 197–212.

Dewantara, I. Putu Mas. “Alternatitif Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbicara.†Jurnal Santiaji Pendidikan, vol. 6, no. 1, 2016, hal. 38–49.

Gareda, Agustinus. "Keterampilan Berbahasa Indonesia: Menggunakan Bahasa Indonesia secara Baik dan Benar." Edu Publisher, 2020.

Hendri, Muspika. “Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Kumunikatif.†Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, vol. 3, no. 2, 2017, hal. 196–210, doi:10.24014/potensia.v3i2.3929.

Herman, dan Danul Aristiawan. “Penggunaan Metode Audiovisual dalam Menganalisa Kemampuan Mendengar (Listening) dan Menulis (Writing) Mahasiswa Keperawatan dan Kebidanan STIKES Yarsi Mataram.†Literasi: Jurnal Penelitian, Pendidikan Bahasa, dan Sastra, vol. 2, no. 2, 2019, hal. 1–11.

Hidayati, Novi. “Peningkatan Kemampuan Mendengarkan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Audio-Visual.†Didaktikum: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, vol. 16, no. 4, 2015, hal. 12–16.

Irma, Cintya Nurika. “Tindak Tutur dan Fungsi Tuturan Ekspresif dalam Acara Rumah Perubahan Rhenald Kasali.†Jurnal SAP, vol. 1, no. 3, 2017, hal. 238–48, doi:10.30998/sap.v1i3.1181.

Kusuma, I. P. .. Mengajar Bahasa Inggris dengan Teknologi: Teori Dasar dan Pengajaran. Deepublish, 2020.

Mardawani. Praktis Penelitian Kualitatif: Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif. Deepublish, 2020.

Megawati, Erna. “Tindak Tutur Ilokusi Pada Interaksi Jual Beli di Pasar Induk Kramat Jati.†Deiksis, vol. 8, no. 2, 2016, hal. 157–71, doi:10.30998/deiksis.v8i02.723.

Melly, dan Magdalena. “Pengaruh Penyuluhan Metode Ceramah dan Audio-Visual Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Tentang 1000 HPK di Puskesmas Sidomulyo Rawat Inap Kota Pekan Baru.†Mahakam Midwifery Journal, vol. 2, no. 4, 2018, hal. 255–66.

Muhsyanur. "Pengembangan Keterampilan Membaca: Suatu Keterampilan Berbahasa Reseptif." Uniprima Press, 2019.

Mujianto, Gigit. “Karakteristik Tuturan Performatif Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik.†KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 2, no. 2, 2016, hal. 172–86.

Nazihah, Wafiqotin, dan Gigit Mujianto. “Relevansi Faktor Psikolinguistik dengan Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Produktif.†Logat, vol. 7, no. 1, 2020, hal. 67–84, doi:10.36706/logat.v7i1.297.

Pratama, Dian Arif Noor. “Tantangan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Membentuk Kepribadian Muslim.†Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 3, no. 1, 2019, hal. 198–226, doi:10.33650/al-tanzim.v3i1.518.

Rahayu, Siti Perdi. “Bentuk dan Fungsi Tuturan Ekspresif dalam Bahasa Prancis.†Litera: Jurnal Penelitian Sastra, Bahasa, dan Pengajarannya, vol. 11, no. 1, 2012, hal. 124–35, doi:10.21831/ltr.v11i1.1152.

Rukajat, Ajat. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Deepublish, 2018.

Sari, Sapta. “Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Kepercayaan Siswa pada Bimbingan Belajar Onma di Kota Bengkulu.†Jurnal Profesional FIS Unived, vol. 5, no. 1, 2018, hal. 1–7, doi:10.37676/professional.v5i1.705.

Sari, Sinta Puspita. “Kekerasa Verbal dalam Tuturan Anak Usia Tujuh Tahun (Studi Kasus Zaky dan Biyan).†Bapala, vol. 5, no. 2, 2018, hal. 1–12.

Siregar, Kissanda Chispa, dan Jefrey Oxianus Sabarua. “Analisis Tuturan Ekspresif Guru dalam Interaksi Pembelajaran di Kelas.†Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, vol. 1, no. 2, 2020, hal. 81–89, doi:10.51494/jpdf.v1i2.298.

Sulfemi, Wahyu Bagja, dan Nurhasanah. “Penggunaan Metode Demontrasi dan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS.†Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 3, no. 2, 2018, hal. 151–58.

Sulistyo, Chendy AP, dan Nunung Supriadi. “Penggunaan Metode Konvensional dan Metode Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Kedua Bagi Anak Dwi Kewarganegaraan.†Sphota: Jurnal Linguistik dan Sastra, vol. 13, no. 1, 2021, hal. 55–69.

Sulistyo, Chendy Arieshanty Paramytha. "Penerapan Metode Konvensional dan Metode Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Asing bagi Anak Dwi Kewarganegaraan: Abilash Anak Usia 10 Tahun." Universitas Diponegoro Semarang, 2017.

Tarigan, Hendri Guntur. Metodologi Pengajaran Bahasa 2. Angkasa, 2009.

Widiyarto, Sigit. “Pengaruh Motede Student Teams Achievement Division (STAD) dan Pemahaman Struktur Kalimat terhadap Keterampilan Menulis Narasi.†Lectura: Jurnal Pendidikan, vol. 8, no. 1, 2017, hal. 82–89.




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v10i1.1218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.