Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam PJJ Terhadap Pemhaman Materi

Atika Rizki Khoirun Nisa

Abstract


Artikel ini membahas  efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dalam PJJ terhadap pemahaman materi. Metode penelitian yang digunakan pada yaitu kuantitatif dengan menggunakan angket kuesioner dan skala likert. Subjek penelitian yaitu siswa di berbagai daerah sebanyak 50 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 15 responden berada pada interval penilaian 79,9-95 (sangat efektif), 29 responden pada interval penilaian 64,7-79,8 (efektif), dan 6 responden pada interval penilaian 49,5-64,6 (cukup efektif). Berdasarkan hasil yang diperoleh Project Based Learning efektif digunakan yaitu berada pada interval penilaian 64,7-95. Dengan demikiaan, dapat dikatakan efektivitas model pembelajaran PBL (Project Based Learning) dalam PJJ erhadap pemahaman materi siswa ini masuk dalam kategori efektif.

Katakunci: PJJ, Project Based Learning, materi.

Abstract:

This article discusses the effectiveness of the PBL (Project Based Learning) learning model in distance learning on students' understanding of the material. The research method used in this research was quantitative by using questionnaire and likert scale. The research subjects were 50 students in various regions. The result of research shows that 15 respondents were at the interval 79,9-95 (very effective), 29 respondents were at the interval 64,7-79,8 (effective), and 6 respondents were at the interval 49,5-64,6 (moderately effective). It shows that Project-Based Learning was effective to use that was in the assessment interval of 64,7-95. Therefore, it can be said that the effectiveness of the PBL (Project Based Learning) learning model in distance learning on students’ understanding of the material is categorized as effective

Keywords: PJJ, Project Based Learning, material



Full Text:

PDF

References


Afriana, J. Project Based Learning Makalah untuk Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Bandung: Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. 2015.

Brandon Goodman, J. S. Project-Based Learning . Educational Psychology. 2010.

Daryanto, M. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media. 2012.

Djumali, Sundari, Ali, S., Subadi, J., Choiri, A., & Wardhani, J. (2014). Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media. 2014.

Kasiram, M. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Malang: UIN Malang Press. 2008.

Kurniawan, S. Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasi secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2017.

Lestari, T. Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Menyajikan Contoh-contoh Ilustrasi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Metode Pembelajaran Demonstrasi Bagi Siswa Kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah Wonosari. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. 2015.

Ngalimun. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.2013.

Nurfitriyanti, M. Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Informatif. 2016.

Rauziani, Yusrizal, & Cut, N. Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 2016.

Saefuddin, B. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2014

Sucipto , H. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual. 2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2013.

Suprijono, A. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Media. 2010.

Usnima. Gurusiana. Diambil kembali dari Gurusiana.id: https://usnima.gurusiana.id/article/2020/09/webinar-implementasi-pbl-pada-saat-pjj-tantangan-menulis-gurusiana-hari-ke-191-1731873. 2020




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v10i1.1186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.