Efektivitas Pembelajaran Daring dan Luring di SMP Negeri 3 Pleret
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh sistem pembelajaran daring dan lurimg yang diterapkan di SMP Negeri 3 Pleret. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui keefektifan pembelajaran daring dan luring di SMP Negeri 3 Pleret. Penelitian dilakukan dengfan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan 69,2 siswa berpendapat bahwa pembelajaran luring lebih efektif, sedangkan 30,1 siswa berpendapat sebaliknya. Begitu juga pendapat guru, sebanyak 62% menyatakan bahwa pembelajaran luring lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran daring. Proses pembelajaran daring dilakukan dengan menggunakan aplikasi WhatsApp grup, Google Formulir dan lainnya. Tatap muka dilakukan seminggu 2 kali untuk mengumpulkan tugas, modul, dan lainnya. Model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran “discovery learning”. Model tersebut dimaksudkan agar siswa menjadi aktif dan tanggap dalam mengikuti proses pembelajaran. Media yang digunakan yaitu “Powtoon” serta media lain seperti Power Point dan Word Dokumen.
Katakunci: proses, belajar, daring, luring
Abstract:The background of the research is the online and offline learning system implemented at SMP Negeri 3 Pleret. The purpose of the study was to determine the effectiveness of online and offline learning at SMP Negeri 3 Pleret. The research was conducted using a qualitative approach and interview methods. The results of the study showed that 69.2 students thought that offline learning was more effective, while 30.1 students thought otherwise. Likewise, the opinion of teachers, as many as 62% stated that offline learning was more effective than online learning. The online learning process is carried out using the WhatsApp group application, Google Forms, and others. Face-to-face meetings are held twice a week to collect assignments, modules, and more. The learning model used is the "discovery learning" learning model. The model is intended so that students become active and responsive in following the learning process. The media used is "Powtoon" and other media such as PowerPoint and Word Documents.
Keywords: process, learn, online, offline
Full Text:
PDFReferences
Ali Sadiki dkk. (2020).” Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2) 214-224.
Asif, A. R., & Rahmadi, F. A. (2017). “Hubungan tingkat kecanduan gadget dengan gangguan emosi dan perilaku remaja usia 11-12 tahun” (Doctoral dissertation, Faculty of Medicine).
Aunurahhman.(2016). “Belajar dan Pembelajaran.” Bandung: Alfabeta
Eggen & Kauchak.(1998). Metdhos for Teaching. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020_. “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19”. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.
Gagne, R.M. (1977). “The Conditions of Learning”. New York: Holt Rinehart and Winston.
Garrison, D. R., & Cleveland-Innes, M. (2005). “In Online Learning: Interaction Is Not Enough.”
Hendrastomo, G. (2008). “Dilema dan Tantangan Pembelajaran E-learning 1 (The Dilemma and the Challenge of”. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4, 1–13.
Kwon, M., Lee, J. Y., Won, W. Y., Park, J. W., Min, J. A., Hahn, C., ... Kim, D. J. (2013). “Development and Validation of a Smartphone Addiction Scale (S8AS)”.
L, Idrus. (2019). “Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran”. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2) hal.162.
Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Roskadaya.
Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). “Pengembangan Media E-Learning Interaktif dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa SMA.” BIODIK, 5(2), 131-138.
Sadikin, A., Johari, A., & Suryani, L. .(2020. “Pengembangan multimedia interaktif biologi berbasis website dalam menghadapi revolusi industri 4.0.” Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01), 18-28.
Sari, Intan Karlina, & Astuti Suhandi. (2021). “Efektivitas Pembelajaran Luring dan Daring Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa di Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 3 Tahun 2021.
Siddiqui, S., & Singh, T. (2016). “Social Media its Impact with Positive and Negative Aspects”. International Journal of Computer Applications Technology and Research.
Slavin. (1994). Model Pembelajaran Cooperatif Script. Jakarta: Airlangga
Swan, K. (2002). “Building Learning Communities in Online Courses: the importance of interaction”. Education, Communication & Information.
Szpunar, K. K., Moulton, S. T., & Schacter, D. L. (2013). “Mind wandering and education: From the classroom to online learning.” Frontiers in Psychology.
Yolandasari, Mega Berliana. (2020). “Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II A MI Unggulan Miftahul Huda Tumang Cepogo Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020”. (Skripsi): IAIN Salatiga.
DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v10i2.1079
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.