TINGKAT KEPUASAN PETANI PADI PANDANWANGI TERHADAP KINERJA PENYULUH LAPANGAN DI DESA BABAKANKARET KECAMATAN CIANJUR KABUPATEN CIANJUR

Asep Saepul Alam, Mugi Velayati

Abstract


Cianjur merupakan salah satu daerah penghasil paadi yang telah terdaftar sebagai pemilik Sertifikasi Indikasi Geografis yaitu padi Pandanwangi yang memeiliki aroma yang khas dan hanya mampu dibudidayakan di 7 kecamatan di Kabupaten Cianjur. Dalam budidaya padi Pandanwangi petani tidak lepas dari peran penyuluh lapangan. Untuk itu tujuan penelitian yaitu: (1) Untuk mengetahui atribut pelayanan lapangan terhadap petani di Desa Babakankaret Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur,dan (2) Untuk mengetahui tingkat kepuasan petani terhadap penyuluh lapangan di Desa Babakankaret Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dimana data Primer diperoleh dari wawancara dan pengisian kusioner kepada responden dan data Sekunder merupakan data yang diperoleh dari Studi pustaka, Internet dan literatur instansi atau dinas terkait. Metode analisis yang digunakan adalah CSI (Customer Satisfaction Index) dan IPA (Importance Performance Analysis). Hasil Analisis CSI terhadap Atribut pelayanan adalah sebesar 74,03%. Nilai tersebut berada pada rentang 60-80% yang menunjukan petani merasa puas terhadap atribut pelayanan penyuluh lapang. Hasil IPA menunjukan atribut yang dianggap sangat penting berdasarkan kepentingan dan kinerja yaitu pentinganya penyuluh lapang memperhatikan penampilan dan kerapihan saat dilapang dan pada atribut pentingnya penyuluh lapangan menyampaikan informasi teknologi baru kepada petani. Sedangkan atribut yang memiliki tingkat kinerja paling tinggi yaitu penampilan dan kerapihan penyuluh dan tingkat kinerja peling rendah yaitu pada kemampuan penyuluh menggunakan bahasa setempat.

Keywords


Kepusan, kinerja, penyuluh, padi Pandanwangi

References


Bachtiar. 2011. Analisa Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Politeknik Sawunggalih Aji Purwerejo, Dinamika Sosial Ekonomi.

Berkat dan Sunaryanti. 2015. Analisis Kepuasan Petani Terahadap Kegiatan Penyuluhan Pertanian di Kelurahan Kalampangan Kota Palangkaraya. Jurnal Agribisnis.

D, R. R. 2008. Kepuasaan Pelanggan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pusat Utama.

Departemen Pertanian. 2009. Modul Pembekalan Bagi THL-TB Penyuluh Pertanian. Jakarta: Departemen Pertanian Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian.

Listiawati, Ika. 2010. Analisi Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Kinerja Penyuluh Lapang di BP3K Wilayah Ciawi Kabupaten Bogor. Skripsi. Program Sarjana Departemen Penyelngaraan Khusus Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen.

Naning Wijayanti, DB Paranaon, dan Rita Kalalinggi. 2015. Analisis Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Kabupaten Kutai Timur.

Ningsih, Diana. 2017. Persepsi Petani Terhadap Budidaya Padi Pandanwangi di Kelompok Tani Citamiang Kecamatan Gekbrong Kabupaten Cianjur. Skripsi. Prodi Agribisnis. Fakultas Sains Terapan. Universitas Suryakana. Cianjur.

Nurmawan, Fahmi Aprilian. 2010. Analisis Kemitraan Antara Koperasi Mitra Tani Parahyangan dengan Petani Padi Pandanwangi di Kecamatan Gekbrong dan Warungkondang. Skripsi. Program Studi Agribisnis Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana.

Nuryana, Ayi Qobul. (n.d.). Tingkat Kepuasan Stakeholder Padi Pandanwangi Cianjur Terhadap Keberadaan dan Peran Masyarakat Pelestari Padi Pandanwangi Cianjur (MP3C. Skirpsi. Program Studi Agribisnis Faakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana Cianjur.

Renfinasari, Fensi. 2012. Pengaruh Kemampuan Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Badan Pelaksanaan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bangka Selatan. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Terbuka Pangkal Pinang.

Ritongga, N. S. 2016. Analisis Tingkat Kepuasan Petani Padi di Desa Pir Trans Sosa IV Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian Pada Balai Penyuluh Kecamatan Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara .

Saheda, Amatuas. 2008. Preferensi dan Kepuasan Petani Terhadap Benih Padi Varietas Lokal Pandanwangi di Kabupaten Cianjur. Skripsi. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Salim, Abbas. 2007. Assuransi dan Manajemen Risiki. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Subagio, Dini Bayu. 2010. Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Kinerja Pelayanan Penyuluh Pertanian Di Desa Situ Udik Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor Jawa Barat. Skirpsi. Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v10i1.973

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGROSCIENCE INDEXED BY :

    

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.