ANALISIS USAHATANI DAN PEMASARAN BERAS PANDANWANGI (STUDI KASUS DI KELOMPOK TANI BANGKIT DESA BABAKAN KARET KECAMATAN CIANJUR KABUPATEN CIANJUR)

Asep Saepul Alam, Muh Heri Khoerudin

Abstract


Potensi kabupaten cianjur untuk mengembangkan beras pandanwangi yang memiliki harga jual lebih tinggi dari varietas lainnya serta kendala yang dihadapi oleh beberapa petani mengenai umur tanam yang lebih lama. Saluran pemasaran beras umumnya panjang dan tidak efisien. Penelitian dilakukan di Kelompok Tani Bangkit Desa Babakan Karet Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur mulai Bulan Mei sampai Juli 2018 dengan tujuan untuk : 1) Menganalisis usahatani beras Pandanwangi di Kelompok Tani Bangkit. 2) Menganalisis saluran pemasaran, fungsi – fungsi pemasaran dan efisiensi pemasaran pada masing – masing lembaga pemasaran beras Pandanwangi di Kelompok Tani Bangkit. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling dalam penentuan tempat dan responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Diketahui bahwa untuk varietas Pandanwangi diperoleh nilai R/C rasio adalah sebesar 1,87 di dapatkan dari Total Penerimaan sebesar Rp. 12.000.000 lalu dibagi Total Biaya Rp. 6.430.000 maka di dapatkan Nilai R/C Rasio sebesar 1,87. 2. Saluran pemasaran yang efisien adalah saluran pemasaran II meskipun nilai marginnya lebih kecil dari saluran pemasaran I, dikarenakan permintaan pasar jauh lebih tinggi dari saluran pemasaran I. Petani dan distributor melakukan fungsi – fungsi pemasaran seperti Fungsi Fisik dan Fungsi Pertukaran. Sedangkan Farmer’s share yang paling efisien berada di saluran pemasaran II yaitu 73,75%


Keywords


Beras Pandanwangi,Usahatani, R/C Rasio, Saluran Pemasaran, Fungsi Pemasaran Marjin Pemasaran, dan Farmer’s Share.

References


Antara, 2009. Pedoman Menyusun Rencana Usaha Agribisnis (Agribusiness Plan). Program Studi Agribisnis dan Ekonomi Pertanian. Denpasar: Universitas Udayana.

Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Balai Besar Penelitian Tanaman Padi. 2012. Karakterisasi dan Standarisasi Mutu Gabah-beras.

Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur. 2003. Usulan Pemutihan Varietas Padi Sawah Pandan Wangi Cianjur. Pemerintah Propinsi Jawa Barat, Dinas Pertanian

Pertanian Kabupaten Cianjur. 2004. Laporan Tahunan Tahun 2004. Laporan. Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur. Cianjur.

Pertanian Kabupaten Cianjur. 2006. Laporan Tahunan Tahun 2006. Laporan. Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur. Cianjur

Pertanian Kabupaten Cianjur. 2011. Komoditas Unggulan Kabupaten Cianjur. Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur, Cianjur.

Kotler, 2005. Manajemen Pemasaran Edisi Kesebelas Jilid1;Jakarta:PT. INDEKS.

Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan, PT. Prenhallindo, Jakarta.

Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1. PT. Indeks. Jakarta

Kotler dan Keller, 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks, Jakarta.

Limbong dan Sitorus dalam Sudiyono, 2011. Analisis Efisiensi Pemasaran. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Limbong, W. H dan P. Sitorus. 1987. Pengantar Tataniaga Pertanain. Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Mubyarto. 2003. pengantar ekonomi pertanian. LP3ES. Jakarta.

Nuhang, Iskandar A. 2003. Membangun Pertanian Masa Depan. Semarang: Aneka Ilmu.

Peraturan Daerah, 2012. Pelestarian dan Perlindungan Padi Pandanwangi Cianjur.

Prima Gandi. 2008. Skripsi Analisis Usahatani Dan Tataniaga Padi Varietas Unggul (Studi Kasus Padi Pandanwangi Di Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur).Fakultas Pertanian, Insititut Pertanian Bogor. Bogor.

Rahim A, Hastuti RDR. 2008. Pengantar, teori dan kasus ekonometrika pertanian. Penebar Swadaya. Jakarta.

Rahim dan Hastuti, 2007. Pengantar, Teori, Lembaga Pemasaran. Jakarta : Penebar Swadaya. 2008. Ekonomika Pertanian (Pengantar, Teori, dan Kasus) Penebar Swadaya, Jakarta.

Saladin, 2003. Intisari Pemasaran dan Unsur – Unsur Pemasaran. Cetakan ketiga, Bandung : Linda Karya

Setioso, 2011.Pengertian Pemasaran. Bogor

Sudiyono, 2002. Pemasaran Pertanian.Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Sudiyono, 2004. Pemasaran Pertanian. Edisi Kedua, UMM Press. Malang

Sudiyono A. 2011. Pemasaran Pertanian. Malang (ID): UMM Press.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : AFABETA,cv.

Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke-17. Alfabeta. Bandung.

Soekartawi. 1993. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Soekartawi, 2006. Analisis Usahatani. Penerbit Universitas Indonesia. UI Press Jakarta.

Stanton, 2004. Prinsip Pemasaran. Edisi Ketujuh Jilid Kesatu, Jakarta : Airlangga

Susenas-BPS. 2014. Buletin Konsumsi Pangan. Volume 5 No.1. Jakarta: Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian.

Swasta Manajemen Pemasaran Modern, Liberty : Yogyakarta, Irawan. 2012.

Tjiptono, 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga, Andi, Yogyakarta.

Ubaydilah, Muhammad. 2008. Analisis Pendapatan dan Margin Pemasaran Padi Rumah Lingkungan Metode SRI (System of Rice Intensification) Kasus : Desa Ponggang Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang, Jawa Barat. Progaram Studi Ektensi Manajemen Agribisnis. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Usman, 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi, CV. Alfabeta. Bandung.

Ustriyana, I.N.G. 2015. Agribusiness Model in Rural Community Economic: Indonesia Perspective. Vol.10(4), pp. 174-178. African Journal of Agricultural Research.

W.Y Stanton, 2012. Prinsip Pemasaran, Edisi Ketujuh, Jilid Kedua. Erlangga, Jakarta.

Yulianingsih, R. 2012. Pengujian Mutu Beras. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi. Sukamandi.




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v9i2.780

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGROSCIENCE INDEXED BY :

    

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.