PEMANFAATAN URINE KELINCI DAN PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteri) DARI AKAR PUTRI MALU UNTUK PENINGKATAN PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI (Capsicum annum L.)

Yuliani &, Tubagus Wahyudin Abdul Wafa

Abstract


      Cabai merah (Capsicum annum L.) merupakan salah satu komoditas penting hortikultura di Indonesia yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat yang memiliki nilai ekonomi yang cukup baik. Maka perlu dilakukan penelitian tentang respon pertumbuhan dan produksi tanaman cabai merah (Capsicum annum L.) terhadap pemberian urine kelinci dan PGPR dari akar putri malu. Varietas yang digunakan adalah varietas Ciko. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang tediri dari sepuluh perlakuan. Setiap perlakuan terdiri dari empat ulangan dengan masing–masing terdapat tiga polybag. Parameter penelitian meliput tinggi tanaman, jumlah buah dan bobot segar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian urine kelinci dan PGPR dari akar putri malu 7.5 ml/liter air merupakan perlakuan yang terbaik dan dapat berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman dan bobot segar tanaman cabai merah (Capsicum annum L.). Kemudian perlakuan pemberian urine kelinci dan PGPR dari akar putri malu 10 ml/liter air memberikan pengaruh yang nyata terhadap jumlah buah tanaman cabai merah (Capsicum annum L.).


Keywords


Tanaman cabai merah, urine kelinci, PGPR dari akar putri malu (Mimosa pudica L.)

References


Ambarwati. 2007. Studi Actinomycetes yang Berpotensi Menghasilkan Antibiotik Dari Rhizosfer Tumbuhan Putri Malu (Mimosa pudica L.) dan Kucing-Kucingan (Acalypha indica L.). Jurnal Penelitian Sains dan Teknologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dewi, A.I.R. 2007. Bakteri Pelarut Fosfat (BPF). Bandung. Universitas Padjadjaran.

Harahap, I.P. 2008. Studi Pendahuluan Isolasi Bakteri Rhizobium Dari Bintil Akar Tanaman Putri Malu (Mimosa pudica L.) Serta Pemanfaatannya Sebagai Pupuk Hayati (Biofertilizer) Dengan Menggunakan Bentonit Sebagai Medium Pembawa. Skripsi. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Iswati, R. 2012. Pengaruh dosis formula PGPR asal perakaran bamboo terhadap pertumbuhan tanaman tomat (Solanum lycopersicum Syn). Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo.

Jaya, A.M. 2010. Isolasi Dan Uji Efektivitas Antibakteri Senyawa Saponin Dari Akar Putri Malu (Mimosa pudica). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.

Kartika , B.A. 2011. Teknik Eksplorasi dan Pengembangan Bakteri Pseudomonas flourescens. Laboratorium PHP Banyumas.

Koryati, T. 2004. Pengaruh Penggunaan Mulsa Dan Pemupukan Urea Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Cabai Merah (Capsicum annum L.). Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Lestari, M.A. 2008. Pengaruh Pemupukan Terhadap Pertumbuhan Dan Produktivitas Beberapa Sayuran Indigenous. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Maspary. 2011. “PGPR Mengendalikan Layu dan Menyuburkan Tanamanâ€.

http://www.gerbangpertanian.com/2011/06/pgpr-mengendalikan-layudan-menyuburkan.html di akses tanggal 23 desember 2013.

Nasari, C. 2010. Peran Mikroba Dalam Pertanian Organik. Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran. Bandung.

Nugraheni, E.D. dan Paiman. 2010. Pengaruh konsentrasi dan frekuensi pemberian pupuk urin kelinci terhadap pertumbuhan dan hasil tomat (Lycopersicum esculentum Mill.). Skripsi. Universitas PGRI Yogyakarta.

PUSDATIN. 2013. Buletin Konsumsi Pangan. Jakarta. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian.

Rahni, N.M. 2012. Efek Fitohormon PGPR Terhadap Pertumbuhan Tanaman jagung (Zea mays). Artikel Dosen Agroteknologi Universitas Haluoleo.

Satria, R.S. 2013. Respon Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Caisim (Brassica chinensis L.) Terhadap Waktu Aplikasi MOL (Mikroorganisme Lokal) Dari Rebung Bambu (Bambusa sp). Skripsi. Universitas Suryakancana Cianjur.

Wardanah T. 2007. Pemanfaatan bakteri perakaran pemacu pertumbuhan tanaman (Plant Growth Promoting Rhizobacteria) untuk mengendalikan penyakit mosaik tembakau (Tobacco Mosaic Virus) pada tanaman cabai. Skripsi Institut Pertanian Bogor.

Wiguna, J. 2011. Pengaruh Konsentrasi Pupuk Organik Cair Urin Kelinci dan Macam Pengajiran Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Mentimun (cucumis sativus L.) Varietas Bella F1.Skripsi. Universitas Winaya Mukti.




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v4i2.694

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGROSCIENCE INDEXED BY :

    

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.