FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN (Studi kasus pada pabrik tahu goreng H. Mahpud di Desa Langensari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur)

Endah Lisarini, Salman Alfarisi

Abstract


     Bagi pengrajin tahu H. Mahpud di Langensari Kecamatan Karangtengah, keberadaan konsumen merupakan hal terpenting dalam menjaga keberlangsungan usahanya. Loyalitas konsumennya perlu dijaga. Penelitian dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan (pedagang tahu eceran) dan mengidentifikasi faktor yang memberikan pengaruh paling besar terhadap loyalitas pelanggan (pedagang tahu eceran) tahu goreng di pabrik H. Mahpud sejak bulan November 2012 sampai dengan bulan Januari 2013. Analisis data menggunakan metode Analisis Jalur. Dari hasil penelitian diperoleh model yang menjelaskan hubungan faktor independent (harga, mutu produk, layanan/kebijakan, perilaku pelanggandan kepuasan pelanggan) dengan factor dependent (loyalitas pelanggan). Model analisis jalur yang dapat diterima setelah diuji validitas dan reliabilitas model adalah model II dimana faktor harga mempengaruhi sebesar 34,3%, faktor mutu produk sebesar 1,9%, faktor pelayanan/ kebijakan sebesar -21,2%, faktor prilaku pelanggan sebesar 45,1%, faktor kepuasan pelanggan sebesar -45,9%. Secara keseluruhan variabel independent berpengaruh sebesar
17,5%. Secara individual hanya faktor harga dan prilaku pelanggan yang perpengaruh terhadap loyalitas pelanggan di pabrik H. Mahpud. Faktor yang memberikan pengaruh paling besar terhadap loyalitas pelanggan di pabrik tahu H. Mahpud adalah faktor perilaku pelanggan yaitu sebesar 45,1%.


Keywords


Loyalitas Pelanggan, pedagang tahu goreng

References


Dewi, A. 2012. Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan di salon “X†Surabaya. Fakultas Fsikologi, Universitas Surabaya. [Online]. Tersedia: http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/download/2/1 [11 November 2012].

Foster, B. 2008. Manajemen Ritel. Alfabeta,Bandung.

Griffin, J. 2005. Costumer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. PT. Erlangga, Jakarta.

Rangkuti, F. 2008. Measuring Customer Satisfaction : Teknik Mengukur dan

Strategi Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan plus Analisis Kasus PLNJP. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Solimun. 2002. Structural Equation Modeling (SEM) Lisrel dan Amos. Universitas Negeri Malang.Malang.

Supriatna. 2005. Membuat Tahu Sumedang. Penebar Swadaya. Jakarta.

Widisya. 2011. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Restoran de’ leuit “Sensasi Nasi Jambal†Bogor. Fakultas Ekonomi dan Menejemen, Institut Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v3i2.683

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGROSCIENCE INDEXED BY :

    

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.