EVALUASI TUJUAN KEMITRAAN PETANI KAKAO DENGAN PT. INTER GREEN ESTATE PERKEBUNAN LAYUNGSARI DI DESA CIKIDANG BAYABANG KECAMATAN MANDE KABUPATEN CIANJUR

Rosda Malia, Tarno Sutarno

Abstract


   Kakao merupakan salah satu komoditas andalan perkebunan yang peranannya cukup penting bagi perekonomian nasional, khususnya sebagai penyedia lapangan kerja, sumber pendapatan dan devisa negara. Salah satu upaya memberdayakan petani agar mampu menjadi pelaku agribisnis yang mandiri, handal dan tangguh dalam penerapan teknologi, menghasilkan produk yang bermutu sesuai dengan permintaan pasar diperlukan sistem dan pola kemitraan yang sinergi dalam suatu usahatani. Masing-masing petani kakao akan memiliki pola kemitraan sendiri sesuai dengan kharakteristik kegiatannya (Romdhon, 2003). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tujuan kemitraan yang dilakukan petani kakao serta pencapaiannya dan mengetahui tujuan kemitraan yang diinginkan petani kakao. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini : (1) tujuan kemitraan antara perusahaan PT. Inter Green Estate Perkebunan Layungsari dan petani kakao meliputi aspek ekonomi, sosial budaya, teknologi dan manajemen ternyata belum berjalan dengan optimal sesuai dengan konsep atau teori tujuan kemitraan, (2) aspek teknologi dan ekonomi tujuan kemitraan yang diinginkan oleh petani kakao Desa Cikidang Bayabang Kec. Mande Kab. Cianjur.


Keywords


Kemitraan, Cacao

References


Ali M. 1989. Kamus Lengkap BahasaIndonesia Modern. Pustaka Amani. Jakarta.

Anonim. 1995. Undang-undang Nomor 9Tahun 1995 tentang Usaha Kecil Menengah. Kementrian KUKM. Jakarta.

Askindo, 2002. Report of Cocoa Bean Export Via Makassar Port. Desember 2002.

Aziz. 2004. Sistem Kelembagaan Usahatani Kakao Dan Pola Kemitraan di Indonesia. PSE. Bogor.

Badan Pusat Statistik. 2007. Pedoman Survey Penduduk. BPS Pusat. Jakarta.

Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Cianjur. 2008. Potensi Perkebunan di Kabupaten Cianjur dalam Angka. Disbun. Cianjur.

Efendi S. 1997. Metode Penelitian Studi Kasus. Penerbit LP3ES. Jakarta.

Hafsah, J,M. 1999. Kemitraan Usaha Konsepsi dan Strategi Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.

Martono, S. 1995. Pengembangan Sumberdaya Manusia danProduktivitas. Duta Rimba.

Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 1997 tentang Kemitraan, Kementrian KUKM, Jakarta.

Romdhon, M. 2003. Sistem Pengelolaan Agribisnis Perkebunan; Studi Kasus di Jawa Barat. Jurnal Agrisep. Vol. 2. No. 1 September 2003. Bandung.

Yitnosumarto S. 1990. Dasar-dasar Statistika, dengan Penekanan Terapan dalam Bidang Agrokompleks, Teknologi dan Sosial. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v1i2.659

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGROSCIENCE INDEXED BY : 

             

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.