ANALISIS KEMANFAATAN PENERAPANSYSTEM OF RICE INTENSIFICATION (SRI) BAGI PETANI DESA SINDANGKERTA KECAMATAN PAGELARAN

Endah Lisarini

Abstract


Salah satu usaha intensifikasi pertanian guna meningkatkan produktivitas di satu sisi dan mempertahankan kualitas sumberdaya alam terutama tanah, adalah budidaya padi sawah System of Rice Intensification (SRI).Akan tetapi masih sangat sedikit petani (kelompoktani) yang mau menerapkan sistem ini. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian guna mengkaji : 1) manfaat penerapan budidaya padi SRI; 2) perbedaan tingkat produktivitas antara budidaya SRI dengan budidaya Non-SRI. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif analitis guna mengkaji kemanfaatan SRI, dan uji t untuk menganalisis perbedaaan tingkat produktivitas antara SRI dengan Non-SRI. Hasil analisis menjelaskan bahwa : 1) manfaat penerapan SRI bagi petani adalah dapat menghemat biaya produksi antara lain dalam penggunaan benih lebih sedikit, hemat dalam penggunaan air, penggunaan pupuk dan penggunaan pestisida. 2) Terdapat perbedaan tingkat produksi padi antara budidaya SRI dengan budidaya Non-SRI, karena dengan metode SRI produktivitas tanah semakin baik serta populasi tanaman menjadi semakin meningkat yang dampaknya dapat meningkatkan produktivitas padi.


Keywords


System of Rice Intensification , manfaat dan produktivitas

References


Departemen Pertanian, 2012. Konsep PedomanTeknis Pengembangan System of Rice Intensification TA 2012. Direktorat Perluasan dan Pengelolaan Lahan, Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementrian Pertanian, Jakarta.

Desa Sindangkerta. 2012. Monografi Desa Tahun 2012. Desa Sindangkerta Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur.

Mediana S. 2012. Dampak Penerapan Metode SRI(System Rice of Intensification). Jurnal Urip Santoso. http://uripsantoso.wordpress.com/.

Mutakin, J. 2007. Budidaya dan Keunggulan Padi Organik Metode SRI (System of RiceIntensification), Garut.

Supranto, J. 2008. Statistik Teori dan Aplikasi.Jilid1 dan Jilid 2. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Utomo, P., Utami, D.U., dan Wicaksono, I.A. 2012. Persepsi Petani terhadap Budidaya Padi System of Rice Intensification (SRI) di Desa Ringgit Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo. Program Studi Agribisnis

Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purworejo. SURYA AGRITAMA Volume I Nomor 2 September 2012.

Wardana, P, I. Juliardi, Sumedi, Iwan Setiajie. 2005. Kajian Perkembangan System OfRice Intensification (SRI) di Indonesia. Kerjasama Yayasan PadiIndonesia dengan Badan Litbang Pertanian. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v5i1.611



AGROSCIENCE INDEXED BY : 

             

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.