KONTRIBUSI BAURAN PEMASARAN 8P PADA STRATEGI PEMASARAN PRODUK BEKATUL INSTAN

Endah Lisarini

Abstract


Salah satu permasalahan yang dihadapi Kelompok Wanita Tani (KWT) Rambati adalah pemasaran produk bekatul instan yang masih minim dan terbatas hanya di sekitar kecamatan (desa yang berdekatan) saja. Penelitian ini ditujukan untuk mengkaji kontribusi bauran 8P (Product, Price, Place, Promotion, People, Packaging, Programming, Partnership) ada strategi pemasaran produk bekatul Kelompok Wanita Tani (KWT) Rambati agar produk tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat luas sehingga angka penjualannya dapat terus meningkat dan menghasilkan laba yang maksimal bagi sahatani tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di KWT Rambati di Desa Cikondang Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Subyek penelitian ini adalah masyarakat yang sudah menjadi konsumen dari produk bekatul instan kelompok wanita tani Rambati ini. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Secara parsial hanya variabel programming dan partnership yang berpengaruh terhadap strategi pemasaran. Variabel yang berkontribusi paling besar pada strategi pemasaran produk bekatul instan produksi KWT Rambati adalah variabel partnership. Secara simultan, dapat dijelaskan bahwa variable seluruh variabel independent dapat menerangkan sebahagian besar (90,8%) keragaman pada variabel dependent atau dengan kata lain informasi yang terkandung dalam data sebahagian besar dapat dijelaskan oleh model yang diusulkan dalam penelitian ini sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat di dalam model tersebut.


Keywords


bekatul, bauran 8P, strategi pemasaran

References


Chiang Mai, 2011. Quality improvement of rice based gluten free bread using different dietary fiber fractions of rice bran. http ://www.google.com/#bav=on.2,or.r_qf.&fp=b3129a582bac8fc0 & q = rice+bran/diakses tanggal 20 Februari 2013.

Philip Kotler, 2011. Marketing Management. An Asian Perspective. Pearson Education Inc. terjemahan oleh Penerbit Erlangga.

Rutherford. 1993. Path Analysis. http : //www.planta.cn/forum/files_ planta/methods_of_analysis_212 .pdf/ diakses tanggal 12 Februari 2013.

Sekaran, 2006. Metode Penelitian Bisnis. Salemba Empat, Jakarta.

Solimun, 2002. Structural Equation Modeling Lisrel dan Amos. Universitas. Brawijaya, Malang.

Wirjatmadi, 2010. Peluang agribisnis bekatul. : // previt–fresh-organik.blogspot.com/2013/03/proses-pengolahan-beras-dan-bekatul. diakses tanggal 21 Juli 2013.




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v5i1.586



AGROSCIENCE INDEXED BY : 

             

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.