RESPON PERTUMBUHAN BIBIT PADI PANDANWANGI (Oryza sativa L. Aromatic) TERHADAP LAMA PERENDAMAN DAN KONSENTRASI RIZOBAKTERIA PEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN (RPPT)

Widya Sari & Yana Muhammad Yasin

Abstract


Penggunaan bakteri non patogenik yang dieksplorasi dari perakaran tanaman (rizobakteri) yang tergolong ke dalam kelompok Rizobakteri Pemacu Pertumbuhan Tanaman (RPPT) merupakan satu sumbangan bioteknologi dalam usaha peningkatan produktivitas tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi RPPT dan lama waktu perendaman benih dengan RPPT, serta interaksinya terhadap pertumbuhan vegetatif tanaman padi Pandanwangi. Penelitian dilaksanakan bulan Maret sampai bulan Juni 2018, menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan 2 faktor perlakuan yaitu lama waktu perendaman benih dan konsentrasi RPPT. Faktor I : Lama perendaman benih, dengan perlakuan : T0 = tanpa perendaman, T1 = 4 jam, T2 = 8 jam, T3 = 12 jam Faktor II, dengan perlakuan : Konsentrasi RPPT: K0 = Tanpa pemberian RPPT (kontrol), K1 = 5g RPPT/L air, K2 = 10g RPPT/L air, K3 = 15g RPPT/L air. Hasil penelitian menunjukkan konsentrasi RPPT dan lama perendaman benih tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah benih berkecambah, tinggi bibit, panjang akar dan berat basah bibit padi Pandanwangi, tetapi terjadi interaksi nyata antara konsentrasi RPPT dan lama perendaman benih terhadap jumlah benih berkecambah yaitu K1 (5g/L RPPT) dengan T1 (4 jam), serta K1 (5g/L), K2 (10g/L) dengan (T0). Konsentrasi RPPT dan lama perendaman benih berinteraksi nyata pada tinggi bibit 2 mss yaitu K1 (5g/L) dengan T1 (4 jam), serta K1 (5g) dan K2 (10g) dengan (T0). Interaksi nyata juga terjadi pada 4 mss, yaitu T3 (8jam) dan T4 (12 jam)dengan K1(5g/L), K2 (10g/L), dan K3 (15g/L). Tidak terdapat interaksi nyata antara konsentrasi RPPT dan lama perendaman benih terhadap panjang akar dan berat basah bibit padi Pandanwangi. Perlakuan konsentrasi dan lama perendaman benih dengan RPPT harus memperhatikan jenis tanaman dan kondisi lingkungan RPPT akan diaplikasikan.

Keywords


Interaksi, Konsentrasi, Lama Perendaman, Pandanwangi, Rizobakteri.

References


Benyamin, B.D. 2000., P. Roja, MR.

Heble, MS. 1987. Chandra.

Multiple Shoot Cultures Of

Atropa Belladonna : Efect of

Physicochemical Factors on

Growth and Alkaloid Formation.

J. Plant Nutr 129: 129-135

Desmawati. 2006. Pemanfaatan Plant

Growth Promoting Rhizobacter

(PGPR) Prospek Yang

Menjanjikan dalam Berusaha Tani

Tanaman. POPT Direktorat

Perlindungan Tanaman

Hortikultura dan Ditjen

Hortikultura .

http://ditlin.hortikultura.deptan.

go.id/tulisan/d esmawati.htm.

DISPERINDAG (Dinas Perindustrian

dan Perdagangan). 2011. Beras

Pandanwangi. Dinas Perdagangan

dan Industri Kabupaten Cianjur.

Girisonta. 1990. Budidaya Tanaman Padi.

Yogyakarta:Kanisius.

Hardiyanti, I. 2015. Pengaruh Temperatur

Austenisasi Dan Waktu Tahan

Terhadap Sifat Mekanik, Tebal

Scale Dan Struktur Mikro Pada

Baja Paduan Ni-Cr-Mo. Jurnal

Furnace.

KEMKES (Kementrian Kesehatan).

Profil Kesehatan Indonesia

http://www.depkes.go.id/resour

ces/download/pusdatin/profilkesehatan-

indonesia/profil

Kesehatan Indonesia-2013.pdf

Lakitan, B. 1996. Fisiologi Pertumbuhan dan

Perkembangan Tanaman.

Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Marom, N., Rizal, F.N.U., dan Bintoro,

M. 2017. Uji Efektivitas Saat

Pemberian dan Konsentrasi

PGPR (Plant Growth Promoting

Rhizobacteria) Terhadap

Produksi dan Mutu Benih

Kacang Tanah (Arachis hypogaea

L.). Agriprima, Journal of Applied

Agricultural Sciences. 1(2):191-202.

Maunuksela, L. 2004. Molecular And Physiological Characterization Of Rhizosphere Bacteria And Frankia In Forest Soils Devoid of Actinorhizal Plants. Dissertationes Biocentri Wikki Universitatis Helsingiensis.http://ethesis. Helsinki.fi./julkaisnt/mat/ manuksela/ molecula.pdf. Sadjad, S. 1975. Penyimpanan Benih Tanaman Pangan. Bahan Kuliah Latihan Pola Bertanam. LP 3-IRRI. 22 hal. Salisbury, F.B. dan Ross, C.W. 1995. Fisiologi Tumbuhan, Jilid 1. Terjemahan dari Plant Physiology 4th. Edition oleh Diah R. Lukman dan Sumaryono. Bandung :ITB. Sitompul, S.M. dan B. Guritno. 1995. Analisis Pertumbuhan Tanaman. Yogyakarta:UGM-Press. Suryana, A. 2008. Menelisik Ketahanan Pangan, Kebijakan Pangan, dan Swasembada Beras. Pengembangan Inovasi Pertanian 1(1):1-16. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Departemen Pertanian. Bogor. Sutariati, G.A.K. 2006. Perlakuan Benih Dengan Agens Biokontrol Untuk Pengendalian Penyakit Antraknosa dan Peningkatan Hasil Serta Mutu Benih Cabai. Disertasi .Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor. Bogor.163. Utomo, Budi. 2006. Ekologi Benih. Medan:USU Repository.




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v8i2.526



AGROSCIENCE INDEXED BY :

    

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.