ANALISIS STRUKTUR PASAR MALAI PANDANWANGI DI DESA TEGALLEGA KECAMATAN WARUNGKONDANG KABUPATEN CIANJUR

Rosda & Farida Kuncana

Abstract


Permintaan lembaga pemasaran terhadap malai Pandanwangi di Desa Tegallega, mencapai 162 ton / tahun. Belum lagi permintaan-permintaan konsumen dari luar daerah terhadap beras Pandanwangi kepada lembaga pemasaran terus meningkat setiap tahunnya. Perubahan jumlah permintaan lembaga pemasaran terhadap malai Pandanwangi, merupakan salah satu hal penting yang perlu dianalisis dalam pemasaran malai ini. Struktur pasar merupakan organisasi dari suatu pasar yang dapat mempengaruhi keadaan persaingan dan penentuan harga pasar. Pengukuran struktur pasar penting diketahui karena pasar yang tidak kompetitif cenderung berlaku tidak adil. Penelitian dilakukan di Desa Tegallega Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur selama Bulan Maret 2018 dengan tujuan untuk 1) Mengetahui dinamika harga malai Pandanwangi di Desa Tegallega Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur, 2) Mengetahui penawaran dan permintaan malai Pandanwangi di Desa Tegallega Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur, 3) Mengetahui struktur pasar malai Pandanwangi di Desa Tegallega Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam penentuan tempat dan responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dinamika harga malai Pandanwangi pada Tahun 2013 – 2017 tidak mengalami perubahan, yaitu berkisar Rp. 5.000,00 – Rp. 5.500,00. Sedangkan penawaran dalam 5 tahun terakhir, jumlah malai yang dibeli lembaga pemasaran berkisar pada 162.000 kg per tahun dan permintaan beras dalam 5 tahun terakhir berkisar pada 72.900 kg per tahun. Pada struktur pasar malai Pandanwangi di Desa Tegallega berdasarkan data hasil analisis menunjukkan pada pasar oligopsoni.

Keywords


Malai Pandanwangi, dinamika harga, penawaran, permintaan, struktur pasar.

References


Anindita, R dan Baladina, N. 2017. Pemasaran Produk Pertanian. Edisi I. Yogyakarta :ANDI. 55281

Aviny, EY, Nurmalina, R dan Najmi Anniro. 2009. Analisis Sistem Tataniaga Beras Pandanwangi Di Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Jurnal Agribisnis dan Ekonomi Pertanian. Vol. 3. No 2.

Hadikusumah, KH. 2015. Deskripsi Pengambilan Keputusan dalam Berusahatani Padi Pandanwangi di Kalangan Petani (Studi Kasus pada Petani Lapisan Atas dan Lapisan Bawah Berdasarkan Luas Lahan Desa Bunikasih Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur).journal.uinsgd.ac.id/index.php/istek/article/download/246/260.

Harisman, K. 2017. Deskripsi Pengambilan Keputusan Dalam Berusahatani Padi Pandanwangi (Oriza sativa L) di Kalangan Petani Cianjur. Tersedia di https://mpra.uni-muenchen.de.

Lungan, R. 2006. Aplikasi Statistika dan Hitung Peluang. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saragih, AE. 2014. Analisis Sistem Pemasaran Beras Ciherang di Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Suryana, A. 2012. Dinamika Kebijakan Harga Gabah dan Beras Dalam Mendukung Ketahanan Pangan Nasional. https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.com/media/publications/30887-ID-dinamika-kebijakan-harga-gabah-dan-beras-dalam-mendukung-ketahanan-pangan-nasion.pdf.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D. Bandung:Alfabeta.

Widia,W, Dewi, N dan Jum’atri Yusri. 2015. Analisis Scp (Structure, Conduct and Performance) Pasar Ojol Di Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Tersedia di https://media.neliti.com/media/pu




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v8i2.524



AGROSCIENCE INDEXED BY :

    

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.