KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN BIBIT TANAMAN KRISAN ( Chrysanthemum sp ) PRODUK BALITHI

Nurjaya & Laily Qodriyah

Abstract


Di Indonesia, permintaan terhadap bunga krisan meningkat 25% per tahun. Selama ini negara kita masih mengimpor bibit krisan dari luar negeri. Tujuan penelitian mengidentifikasi karakteristik petani dan proses keputusan terhadap pemilihan penggunaan bibit krisan. Menganalisis sikap dan kepuasan petani terhadap pemilihan dan penggunaan bibit krisan menggunakan data primer dan data skunder. Data diolah dan dianalisis secara kualitatif (deskriptif) dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan untuk mengetahui karakteristik petani. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan alat analisis Important Performance Analysis (IPA) dan Customers Satisfacions Index (CSI) digunakan untuk mengukur kepuasan konsumen. Atribut yang berada pada kuadran I adalah produktivitas, jenis varietas, harga bibit, stok bibit (ketersediaan) dan ketersediaan demplot di lapangan. Kuadran ini harus ditingkatkan menjadi kuadran II. Berdasarkan hasil analisis Customer Satisfaction Index (CSI) atau indeks kepuasan konsumen menunjukkan bahwa indeks kepuasan petani terhadap penggunaan bibit krisan produk Balithi sebesar 72,80%. Nilai tersebut berada pada rentang 60% sampai dengan 80 % yang artinya petani merasa puas terhadap kinerja yang ada pada atribut-atribut bibit krisan produk Balithi.

Keywords


Krisan, responden, sikap, kepuasan, atribut, IPA, CSI

References


Amaliah I, Aan Julia, Westi Riani. 2013. Pengaruh Dari Nilai-Nilai Islam Terhadap Kinerja Kerja . Mimbar, Vol. 29. No. 2. Anoraga, Pandji. 2009. Manajemen Bisnis, Cetakan Keempat. Jakarta: Rineka Cipta. Arief Muhammad Nasution .2017. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Bunga Krisan (Crysanthemum Sp.) Di Kota Medan. Skripsi .Universitas Sumatera Utara. Bambang Irawan. 2014. Agribisnis Hortikultura: Peluang Dan Tantangan Dalam Era Perdagangan Bebas Pusat Penelitian Dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian. Bogor. Basu Swastha dan T. Hani Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen). Yogyakarta: BPFE UGM. ____________ 2000. Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern. Jakarta: Liberty. Boeree. 2008. Berbagai Teori Karakteristik Manusia. Jakarta: Pustaka. BPS 2016. Statistik Tanaman Hias (Statistics of Ornamental Plants) Indonesia 2016. Darliah, Kurniasih, D & Handayati, W, 2010. Persilangan Dan Seleksi Untuk Mendapatkan Varietas Unggul Baru Mawar Potong Berwarna Merah. J.Hort. Vol. 20, No. 2.Engel, J.F. et.al. 1994. Consumer Behavior

Jilid 1, Alih Bahasa Budiyanto.

Jakarta:Binarupa Aksara.

http://balithi.litbang.pertanian.go.id/berit

a-251-mengenal-tanaman-hiasdan-

budidayanya.html. Diakses

des 2017.

http://balithi.litbang.pertanian.go.id

/berita-364-bunga-krisantidak-

hanya-indah.html

http://www.ahlinyakesehatanherbal.com/

kandungan-dan-manfaatchrysantenum-

bunga-krisan-untukkesehatan/

diakses tanggal 23

oktober 2017.

https://id.wikipedia.org/wiki/Preferensi

diakses tanggal 23 oktober 2017.

http://www.ahlinyakesehatanherbal.com/

kandungan-dan-manfaatchrysantenum-

bunga-krisan-untukkesehatan/

diakses tanggal 23

oktober 2017.

Juliandi A, Irfan, Manurung S. 2014.

Metodologi Penelitian Bisnis: Konsep

dan Aplikasi. Medan: UMSU

Press.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller.

Manajemen Pemasaran, Jilid 1.

Jakarta: Erlangga.

Kuntjojo. 2009. Metode Penelitian.

Kediri: Universitas Nusantara

PGRI.Lungan, R. 2006. Aplikasi

Statistika dan Hitung Peluang .

Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Nurmalinda. Nur Qomariah Hayati 2014.

Preferensi Konsumen Terhadap

Krisan Bunga Potong dan Pot.

Jurnal Hortikultura. Volume 24 no 4

__________ .2014. Dampak Adopsi Vub

Krisan Terhadap Pengembangan

Krisan Nasional. Jurnal .

Hortikultura. Volume 24 no 8.

Perwataatmadja KA, Tanjung H. 2007.

Bank Syariah (Teori, Praktik, dan

Peranannya). Jakarta.

Putong, Iskandar. 2009. Economics :

Pengantar Mikro dan Makro. Edisi

Ketiga. Jakarta : Mitra Wacana

Media. Rencana Strategis Direktorat

Jenderal Hortikultura 2015 – 2019

Rukmana. R., & A.E. Mulyana. 1997.

Budidaya Krisan.

Yogyakarta:Kanisius..

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku

konsumen Edisi 7.Indeks: Jakarta.

Slameto Lubis, N. 2000. Adopsi Teknologi

Dan Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhinya. Medan:USU

Press.

Soedarjo, M 2010, Diseminasi teknologi

produksi stek benih besar krisan

yang sehat (bebas cendawan >

%), murah (Rp200,00/setek) dan

seragam melalui demplot terkendali

(screen house di Jatim, daerah

istimewa Yogyakarta dan Bali

(60.000 benih),

Km.ristek.go.id/index.

php/klasifikasi/detail/20746.

Statistik Produksi Hortikultura tahun

Direktorat Jenderal

Hortikultura, Kementerian

Pertanian.

Sudibyo 2002 Perilaku Konsumen dan

Kesinambungan Kebutuhan.

Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Sumarwan U. 2003. Perilaku Konsumen

Teori dan Peranannya Dalam

Pemasaran. Jakarta: Ghalia

Indonesia.

Yadi Rusyadi . 2014. Analisis Sikap Dan

Kepuasan Petani Terhadap Atribut

Benih Padi Hibrida Maro Di

Kabupaten Subang Jawa Barat.

Tesis. Institut Pertanian Bogor




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v8i2.522



AGROSCIENCE INDEXED BY :

    

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.