PENENTU DAYA SAING PRODUK SAYURAN (Olericulture) DI PASAR LOKAL DAN REGIONAL (Studi Kasus di Gapoktan Multi Tani Jaya Giri Kabupaten Cianjur)

Silma Kusumawanti & Endah Lisarini

Abstract


Abstrak
Tahun 2016 adalah tahun pertama implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Arus masuk investasi, sumberdaya alam dan manusia termasuk barang dan jasa ke antar negara ASEAN tidak dapat dihindari lagi. Diperlukan keunggulan di semua hal tersebut di atas sebagai syarat yang harus dipenuhi agar tidak tergilas dalam kancah bisnis ASEAN. Sebagai salah satu produk pertanian, sayuranpun harus mempunyai daya saing agar dapat menembus pasar lokal dan regional. Produk sayuran yang unggul adalah produk yang berdaya saing tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji determinan faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing sayuran produksi dari Gapoktan Multi Tani Jaya Giri Kabupaten Cianjur. Penelitian dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode analisis jalur untuk mengolah tanggapan 50 petani anggota gapoktan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberlanjutan pasokan dan harga yang kompetitif berpengaruh signifikan secara parsial atau sebagai faktor determinan daya saing produk sayuran. Sementara kualitas sayuran berpengaruh tidak signifikan terhadap daya saing produk sayuran.


References


Anonim. 2016. Penertian Hortikultura dan Jenis-jenisnya. http://dasar-pertanian.blogspot.co.id/2016/08/pengertian-tanaman-holtikultura-dan.html

Agri, Michelia Widya. 2011. Posisi Daya Saing Hortikultura Indonesia di Sepuluh Negara Tujuan Utama dan Dunia dari Economics Science Abstracts.

Agri, Michelia Widya. 2011. Posisi Daya Saing Hortikultura Indonesia di Sepuluh Negara Tujuan Utama dan Dunia. Skripsi. Departemen Ilmu Ekonomi FEM IPB. Bogor

Dinas Pertanian Provinsi DIY, 2008. Sertifikasi Prima di Provinsi DIY. Otoritas Kompeten Keamanan dan Mutu Pangan Daerah (OKKP-D). www.ina.or.id/knoma-hpsp/sop/OKKPD-DIY1-MutuProdukPertanian.pdf diakses pada tanggal 31 Maret 2016.

Dirisu, J.I; Uluwolw Iyiola; Ibidunni. 2013. “Product Differentiation : A Tool Of Competitive Advantage And Optimal Organizational Performance (A Study of Unilever Nigeria PLC)”, European Scientific Journal Vol. 9 N0. 34, ISSN 1857-7431.

Haezer. 2014. Pengertian Daya Saing dan Indikator Daya Saing. http: // haezersianturi.blogspot.co.id/2014/11/ pengertian-daya-saing-dan-indikator.html diakses pada tanggal 14 Mei 2016.

Landaola, T. 2013. Potensi Pertanian Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. http: // jembatan4.blogspot.co.id/2013/07/ potensi-pertanian-terhadap-pertumbuhan.html diakses pada tanggal 31 Maret 2016.

Mahdi, Rizal. 2013. Pertanian Masa Depan. http://rizalm09.student.ipb.ac.id/pertanian-ku/ diakses pada tanggal 21 Maret 2016.

Peraturan Gubernur Jawa Barat No. 67. 2013. Petunjuk Pelaksaan Peraturan Daerah mengenai Kemandirian Pangan.

Peraturan Menteri Pertantan No. 48. 2009. Pedoman Budidaya Sayur dan Buah Yang Baik.

Sagita. 2013. “Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Kentucky Fried Chicken Di Cabang Basko Grand Mall”. Jurnal Universitas Andalas Padang Vol. 2

Solimun. 2002. Multivariate Analysis Structural Equation Modelling (SEM) Lisrel dan Amos.

Fakultas MIPA. Universitas Brawijaya.

Sugiyono. 2006. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Tony, 2012. Manajemen Operasi dan Produksi Modern. blog.stikom.edu/tonys/files/2012/02/MPO-1-2.ppt Diakses pada tanggal 14 Mei 2016.

Umar, H. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. PT : Gramedia Pustaka Utama dan Jakarta Business Research Center. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia. No. 18. 2012. Undang-undang Pangan.




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v7i1.49



AGROSCIENCE INDEXED BY : 

             

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.