FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN (Studi kasus pada pabrik tahu goreng H. Mahpud di Desa Langensari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur)
Abstract
Bagi pengrajin tahu H. Mahpud di Langensari Kecamatan Karangtengah, keberadaan
konsumen merupakan hal terpenting dalam menjaga keberlangsungan usahanya. Loyalitas konsumennya
perlu dijaga. Penelitian dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas
pelanggan (pedagang tahu eceran) dan mengidentifikasi faktor yang memberikan pengaruh paling besar
terhadap loyalitas pelanggan (pedagang tahu eceran) tahu goreng di pabrik H. Mahpud sejak bulan
November 2012 sampai dengan bulan Januari 2013. Analisis data menggunakan metode Analisis
Jalur. Dari hasil penelitian diperoleh model yang menjelaskan hubungan faktor independent (harga,
mutu produk, layanan/kebijakan, perilaku pelanggandan kepuasan pelanggan) dengan factor dependent
(loyalitas pelanggan). Model analisis jalur yang dapat diterima setelah diuji validitas dan reliabilitas
model adalah model II dimana faktor harga mempengaruhi sebesar 34,3%, faktor mutu produk sebesar
1,9%, faktor pelayanan/ kebijakan sebesar -21,2%, faktor prilaku pelanggan sebesar 45,1%, faktor
kepuasan pelanggan sebesar -45,9%. Secara keseluruhan variabel independent berpengaruh sebesar
17,5%. Secara individual hanya faktor harga dan prilaku pelanggan yang berpengaruh terhadap
loyalitas pelanggan di pabrik H. Mahpud. Faktor yang memberikan pengaruh paling besar terhadap
loyalitas pelanggan di pabrik tahu H. Mahpud adalah faktor perilaku pelanggan yaitu sebesar 45,1%.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dewi, A. 2012. Faktor-faktor yang
mempengaruhi loyalitas pelanggan di
salon “X” Surabaya. Fakultas
Fsikologi, Universitas Surabaya.
[Online]. Tersedia:
http://journal.ubaya.ac.id/index.
php/jimus/article/download/2/
[11 November 2012].
Foster, B. 2008. Manajemen Ritel. Alfabeta,
Bandung.
Griffin, J. 2005. Costumer Loyalty :
Menumbuhkan dan Mempertahankan
Kesetiaan Pelanggan. PT. Erlangga,
Jakarta.Rangkuti, F. 2008. Measuring Customer
Satisfaction : Teknik Mengukur dan
Strategi Meningkatkan Kepuasaan
Pelanggan plus Analisis Kasus PLNJP.
PT. Gramedia Pustaka Utama,
Jakarta.
Solimun. 2002. Structural Equation Modeling
(SEM) Lisrel dan Amos.
Universitas Negeri Malang.
Malang.
Supriatna. 2005. Membuat Tahu Sumedang.
Penebar Swadaya. Jakarta.
Widisya. 2011. Analisis Faktor-faktor yang
Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan
Restoran de’ leuit “Sensasi Nasi
Jambal” Bogor. Fakultas Ekonomi
dan Menejemen, Institut
Pertanian Bogor.
DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v3i1.288
AGROSCIENCE INDEXED BY :
Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id
Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.