DETERMINAN FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Distribusi baslub di BASLUB USMAN Cianjur)
Abstract
Salah satu produk olahan pangan yang banyak digemari adalah Baslub karena banyak ragam rasa tergantung
dari bahan dasar yang digunakan. Keberadaannya yang mudah ditemui dimana saja tidak terlepas dari peran distributor
atau reseller. Tidak cukup hanya hubungan baik saja antara reseller dengan produsen akan tetapi terdapat hal-hal lain
yang membuat reseller senantiasa mengambil pasokan dari suatu produsen. Berdasarkan hal itu, dilakukan penelitian
studi kasus di Baslub Usman guna mengkaji factor-faktor yang mempengaruhi keputusan membeli dari para reseller akan
baslub Usman. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif dan data diperoleh dari 144 responden serta
diolah menggunakan analisis jalur. Yang menjadi responden adalah para reseller yang selama ini telah mengambil
pasokan baslub dari Baslub Usman minimal satu tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga, kualitas
produk, promosi, distribusi dan pengetahuan reseller secara simultan menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan reseller untuk membeli baslub Usman. Sementara secara parsial hanya factor distribusi dan pengetahuan saja yang mempengaruhi keputusan reseller membeli baslub Usman.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Edhole. 2013. Marketing Management. Volume
I - IV. Education Hole.
Engel. 2005. Analisis Faktor – Faktor Yang
Mempengaruhi Keputusan Pembelian
Minuman Air Mineral Aqua. Jurnal.
Fakultas Ekonomi. Universitas Sebelas
Maret.
Kotler and Amstrong. 2005. Manajemen
Pemasaran Jilid I Dan II. Edisi 12. Jakarta.
Penerbit PT. Prenhalindo.
Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran
Analisis Perencanaan dan Pengendalian, Edisi
ke Lima, Jilid I. Erlangga. Jakarta.
Solimun. 2002. Struktural Equations Modeling
(SEM). Lisrel dan Hines, Fakultas MIPA.
Universitas Brawijaya. Malang
Stanton J, William. 2011. Prinsip Pemasaran. Edisi
ke tujuh, Jilid I, Jakarta. Erlangga.
Swastha, Basu. 2006. Manajemen Pemasaran.
Jakarta. Grapindo
DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v6i1.263
AGROSCIENCE INDEXED BY :
Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id
Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.