FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELIAN CABAI RAWIT DOMBA ( capsicum frutescens l.) DI PASAR MANIS KABUPATEN CIAMIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian cabai rawit domba ( capsicum frutescens l.). Sampel penelitian ini adalah konsumen yang sedang atau sudah membeli cabai rawit domba di Pasar Manis Ciamis. Teknik pengambilan sampel menggunakan systematic random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung kepada responden sebanyak 96 orang. Untuk analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa secara serempak, terdapat pengaruh antara umur, pendapatan, dan jumlah anggota keluarga terhadap jumlah pembelian cabai rawit domba. Namun, secara parsial variabel yang berpengaruh terhadap jumlah pembelian cabai rawit domba adalah pendapatan dan jumlah anggota keluarga.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aldi, M. 2018. Pengaruh perilaku konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Motor Suzuki Satria F150 pada PT. Sinar Galesong Pratama di Makassar. Skripsi. Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
BPS.2020. Pola Konsumsi Penduduk Jawa Barat 2020. Badan Pusat Statistik. Https://jabar.bps.go.id
BPS.2020.Produksi Tanaman Sayur 2020. https://www.bps.go.id/indicator/55/61/1/produksi-tanaman-sayuran.html (diakses pada tanggal 10 Oktober 2021).
Cahyono,B.2003.Cabai Rawit. Yogyakarta: Kanisius.
Desipah. Euis, Budiyono. Haris, Julaeni. Meilan. 2010. Analisis prilaku konsumen dalam pembelian produk sayuran di Pasar Modern kota Bekasi. Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah Vol. 1 No. 2, Juli 2010.
Karisti,Luthfia. 2010. Sikap konsumen pasar swalayan terhadap bawang merah di kota Surakarta. Skripsi. Surakarta. Universitas Sebelas Maret
Kementerian Pertanian. 2016. Outlook: Komoditas Pertanian Sub Sektor Hortikultura Cabai. Jakarta: Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian
Kharis, M. Sadewo. 2020. Perilaku konsumen terhadap pembelian sayuran di pasar tradisional melati kota Medan Kecamatan Medan Tuntungan. Skripsi. Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan
Kotler, P & Keller K.L. 2009. Manajemen Pemasaran. Ed ke-13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Prehalindo. Jakarta. Cetakan ke-10, 2000, hal. 154
Noefri. Okta, Hafifah. Andi. 2018. Analisis perilaku konsumen dalam melakukan onlineshopping di Kota Makassar. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS). Vol.5, No. 1, (Januari-Juni) 2018: 113-132
Riki, Ilham Nadir. 2017. Sikap konsumen terhadap produk sayuran di pasar Giwangan kota Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatifâ€. CV Alfabeta. Bandung
DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v12i1.2280
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
AGROSCIENCE INDEXED BY :
Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id
Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.