UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN KIPAHIT (Tithonia diversifolia) DAN DAUN SALIARA (Lantana camara L.) TERHADAP MORTALITAS KEPINDING TANAH (Scotinophara coarctata)

Wiwin Juliani & Yuliani

Abstract


Padi pandanwangi merupakan varietas lokal unggul daerah Cianjur, namun produktivitas padi pandanwangi terganggu oleh serangan hama Scotinophara coarctata. Dalam pengendaliannya petani masih menggunakan pestisida kimia sintetis, tanaman yang berpotensi untuk dijadikan biopestisida adalah kipahit dan saliara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari kedua tanaman tersebut terhadap mortalitas Scotinophara coarctata. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari sepuluh perlakuan yang diulang tiga kali dengan konsentrasi 7%. Perlakuan tersebut yaitu : A = kontrol negatif, B = BPMC semprot serangga, C = BPMC semprot tanaman, D = BPMC semprot serangga pada tanaman, E = kipahit semprot serangga, F = kipahit semprot tanaman, G = kipahit semprot serangga pada tanaman, H = saliara semprot serangga, I = saliara semprot tanaman dan J = saliara semprot serangga pada tanaman. Hasil pengamatan diolah dengan probit analisys untuk mengetahui LT50. Dari semua metode semprot yang digunakan yang paling efektif adalah metode semprot serangga. Selain itu perlakuan E (LT50 = 16,47 jam), perlakuan G (LT50 = 31,05 jam) dan H (LT50 = 60,42 jam) lebih baik dari perlakuan C (LT50 = 64,54 jam). Penggunaan pestisida kimia sintetis yang tidak tepat sasaran dapat digantikan menggunakan biopestisida dari daun kipahit atau saliara sebagai upaya dalam mengurangi bahkan mengganti penggunaan insektisida kimia sintetis dengan catatan pemberian biopestisida tersebut harus tepat sasaran (kontak langsung dengan serangga).

Full Text:

PDF

References


Afifah, F., Rahayu, Y.S. dan Faizah, U. 2015. Efektivitas kombinasi filtrat daun tembakau (Nicotiana tabacum) dan filtrat daun paitan (Tithonia diversifolia) sebagai pestisida nabati hama walang sangit (Leptocorisa oratorius) pada tanaman padi. Lentera Bio, 4(1): 25-31.

Ardiyanto, A. 2013. Hubungan antara aktivitas asetilkolinesterase darah dengan fungsi paru petani : studi pada petani yang terpapar kronik pestisida organofosfat. Laporan Hasil Karya Tulis Ilmiah. Universitas Diponegoro Semarang.

Hardiansah, Mulyaningsih, Y. dan Rochman, N. 2015. Efektivitas pestisida nabati saliara (Lantara camara L.) terhadap hama tanaman rosela (Hibiscus sabdariffa L.). Jurnal Agronida, 1(1): 31-36.

Hidayati, N.A., Listyawati, S. dan Setyawan, A.D. 2008. Kandungan kimia dan uji antiinflamasi ekstrak etanol Lantana camara L. pada tikus putih (Rattus norvegicus L.) jantan. Bioteknologi, 5(1): 10-17.

Kartohardjono, A., Kertoseputro, D. dan Suryana, T. 2009. Hama Padi Potensial dan Pengendaliannya. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi; Bogor. Kementrian Pertanian. 2015. Dandim Suryakencana menghadiri gerakan tanam serempak padi pandanwangi di Kecamatan Warungkondang Cianjur, (Online), http://cybex.pertanian.go.id/gerbangdaerah/detail/11918/dandim-suryakencana-menghadiri-gerakan-tanam-serempak-padi-pandanwangi-di-kecamatan-warungkondang-cianjur, diakses pada 20 maret 2017.

Mokodompit, T.A., Koneri, R., Siahaan, P. dan Tangapo, A.M. 2013. Uji ekstrak daun Tithonia diversifolia sebagai penghambat daya makan Nilaparvata lugens Stal. pada Oryza sativa L. Bios logos, 3(2): 50-56.

Muhamad, A. 2015. Kelimpahan hama dan musuh alami pada pertanaman padi varietas pandanwangi di

Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Nugraha, M.A., Rochman, N. dan Mulyaningsih, Y. 2016. Daya repellent ekstrak daun saliara (Lantana camara L.) dan daun kipahit (Tithonia diversifolia [Hemsley] A. Gray) pada hama gudang Callosobruchus maculatus F. Jurnal Pertanian, 7(2): 79-87. Peraturan Pemerintah No 6 Tahun 1995. Tentang: perlindungan tanaman. http://pslh.ugm.ac.id/home/data/PP/PP%20No.%206%20thn%201995%20ttg%20Perlindungan%20Tanaman.pdf, diunduh pada 28 maret 2017.

Rayati, D.J. 2011. Efektivitas formulasi insektisida nabati saliara (Lantana camara L.) terhadap ulat jengkal (Hyposidra talaca, Ectropis bhurmitra, Biston suppressaria) pada tanaman teh. Jurnal Penelitian Teh dan Kina, 14(2): 39-46.

Suparman, U. 2015. Buku persyaratan permohonan pendaftaran indikasi geografis beras pandanwangi Cianjur. Masyarakat Pelestari Padi Pandanwangi Cianjur (MP3C); Cianjur. Syam, M., Suparyono, H., dan Wuryandari, D. S. 2007. Masalah lapang hama penyakit hara pada padi. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian; Bogor.

Taofik, M., Yulianti, E., Barizi, A. dan Hayati, E.K. 2010. Isolasi dan identifikasi senyawa aktif ekstrak air daun paitan (Tithonia diversifolia) sebagai bahan insektisida botani untuk pengendalian hama tungau Eriophyidae. Alchemy, 2(1): 32-142.

Tohir, A.M. 2010. Teknik ekstraksi dan aplikasi beberapa pestisida nabati untuk menurunkan palatabilitas ulat grayak (Spodoptera litura Fabr.) di laboratorium. Buletin Teknik Pertanian, 15(1): 37-40.

Yunita, E.A., Suprapti, N.H. dan Hidayat, J.W. 2009. Pengaruh ekstrak daun teklan (Eupatorium riparium) terhadap mortalitas dan perkembangan larva Aedes aegypti. Bioma, 11(1): 11-17.




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v7i2.156



AGROSCIENCE INDEXED BY :

    

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.