PREFERENSI DAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAGING SAPI DI PASAR TRADISIONAL KABUPATEN CIANJUR

Nurjaya ., R. Selfi Nendris Sulistiawan, Rani Ratnasari

Abstract


Dalam penelitian ini akan berbicara mengenai perdagangan daging sapi di pasar tradisional, yang pada umumnya lebih banyak diminati oleh pembeli. Perdagangan daging sapi akan dipengaruhi oleh masyarakat sebagai konsumen/ pembeli. Hal tersebut menunjukan bahwa masyarakat memiliki peran penting dalam perdagangan daging sapi, sehingga perlu diperhatikan berbagai karakteristiknya. Penyediaan daging sapi di pasar tradisional Kabupaten Cianjur dengan berbagai macam karakteristik akan mempengaruhi keputusan pembelian. Dengan demikian maka Preferensi  menjadi variable penting dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan. Berdasarkan hal tersebut maka penulis tertarik untuk meneliti tentang Preferensi dan Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian daging Sapi di Pasar Tradisional Cianjur. Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Tradisional Cianjur pada bulan Maret – Juni 2020. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi dengan pengambilan sampel 100 responden. Hasil dari penelitian ini adalah atribut yang menjadi preferensi konsumen adalah daging yang berwarna merah cerah, kandungan lemak sedikit dan daging bagian atas. Dari hasil analisis Multi Atribut Fishbein sikap konsumen yang menjadi pertimbangan pertama konsumen adalah warna daging sebesar 17,43, diikuti oleh bagian daging 15,37 dan kandungan lemak 14,58. Sementara sikap konsumen secara keseluruhan terhadap daging sapi adalah 65,18 atau bisa diartikan sebagai sikap yang baik. Dan hasil analisis kepuasan konsumen diperoleh nilai sebesar 81,52%. Hal ini menunjukan bahwa kepuasan responden secara keseluruhan adalah sangat puas karena nilai tersebut berada pada rentang skala 80 -100 % .


Keywords


Daging sapi, Preferensi, Tingkat Kepuasan, Pasar Tradisional Cianjur.

References


Abustam (2004) dan Soeparno (2005). Higiene Panganhttp://higiene-pangan.Blogspot.com/2010/02/pembusukan-daging.html.

Aberle et al, (2001). Dalam Jurnal Peternakan Indonesia, Oktober 2012.

Akdon dan Sahlan, (2005). Aplikasi statistika dan metode penelitian untuk administrasi dan manajemen. Bandung: Dewa Ruchi.

Alexandri, (2009). Manajemen Keuangan Bisnis: Teori dan Soal. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Anonim,(2010). Pengertian Pasar Menurut Para Ahli https://www.zonarefere nsi .Com /pengertian-pasar/.

Assauri, (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Bambang, Kartika, (1988). Pedoman Uji Inderawi Bahan Pangan. UGM: PAU

Pangan dan Gizi..

Briskey dan Kauffman, (1971). Quality Characteristic of Muscle as a Food. In: The Science of Meat and Meat Products. 2 th Ed, J. F. Price and B. S. Schweigert. W. H. Freemen and Co., San Fransisco.

Forrest et al., (1992). Komposisi Daging Sapi https://www.academia.edu/28857303/Teknologi_Pengolahan_Daging_pengertian_sifat_fisik_dan_sifat_kimia_.

Frank (2011). Microeconomics and Behavior. Eighth edition, Mc.Graw. Hill International Edition.

Husain Umar, (2005). Manajemen Riset dan Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pusat: Jakarta.

Indarto R. 2011. Analisis Preferensi Konsumen. Tesis. Universitas Indonesia Press. Jakarta.

Jeffrey, et al (1996). Proses Motivasi. https://titayulianita.wordpress.com/2011/07/05/bab-3-pengertian -motivasi/

Kotler, (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler dan Amstrong (2000). Pengertian Pasar Tradisional dan Pasar Modern Menurut Para Ahli. http://www. definisimenurutparaahli.com/ pengertian-pasar-tradisional-dan-pasar-modern/.

Kotler & Keller (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1 dan 2. Jakarta: Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip & Keller, L. Kevin. (2009). Manajemen Pemasaran. Ed- JURNA L MANAJEMEN INDONESIA isi 13, Jilid 1. Jakarta: Pearson Education, Inc.

Lawrie RA, (2003). Komposisi Nutrisi Daging sapi. Ilmu Daging. Terjema han: Aminuddin Parakkasi.Pener bit Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Lawrie RA, (2003). Protein pada daging.Ilmu Daging. Terjemahan: Aminuddin Parakkasi. Penerbit Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Lawrie R.A, (2005). Ilmu Daging. Terjemahan Aminuddin Parakkasi. UI-Press. Jakarta. 348 hal.

Lilananda, (1997). Upaya Peningkatan Kualitas Lingkungan Dan Pelestarian. Pusat Studi Manajemen Dan Teknologi Lingkungan (Psmtl) Fakultas Teknik Universitas Merdeka Malang, 8-9

Lupiyoadi, (2001). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek, Salemba Empat, Jakarta.

Margono, (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Muchtadi & Sugiyono. (1992). Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Nugroho, J. Setiadi, Perilaku Konsumen, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Kencana Prenada Meida Group, Jakarta, CetKe 5, 2013, h. 10.

Onno W Purbo, (2014). Etika Bisnis Islami, (Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademi mAnajemen Perusahaan YKPN, 2004), 224.

Peter dan Olson (2000). Consumer Behavior Perilaku Konsumen 2nd. ed. 4 Jakarta: .Penerbit Erlangga.

Philip, Kotler dan Kevin Lane Keller, (2007). Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid 1, dialihbahasakan oleh Benjamin Molan, Jakarta: PT Indeks.

Pollan, 2006. Karakteristi Lemak Daging Sesuai Dengan Umur Ternak. http://www.google.com.

Rahayu, (2006). Apresiasi Peningkatan Mutu Hasil Olahan Pertanian. Dinas Pertanian Propinsi DIY dan Kelompok Pemerhati Keamanan Mikrobiologi Produk Pangan. Yogyakarta.

Rahmat, (2017). Preferensi Konsumen, http://kbbi.web.id/preferensi.html.

Santosa et al. (2012). Daging Sapi Lokal. Variasi steak. Jakarta: Agromedia.

Schiffman, dan Kanuk, (2000). Perilaku Konsumen. Edisi ke Tujuh. Jakarta: PT. Indeks.

Schiffman dan Kanuk, (2008). Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Soekarto, (1985). Penilaian Organoleptik (untuk Industri Pangan dan Hasil Pertanian). Penerbit Bharata Karya Aksara, Jakarta.

Soeparno. (2005). Ilmu dan Teknologi Daging. Gadjah Mada University Press.

Yogyakarta.

Tjiptono, (2001). Kualitas Jasa: Pengukuran, Keterbatasan dan Implikasi Manajerial, majalah Manajemen Usahawan Indonesia. Jakarta.

Uma Sekaran, (2011). Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Usmiati, (2010). Manfaat Protein Hewani Bagi Tubuh https://lamongankab .go.id/dpkh/2016/03/18/manfaat-protein-hewani -bagi-tubuh/

Winarno, (2004) Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama; 2004.

Yuyun, A. (2011). Daging Sapi Impor. Variasi steak. Jakarta: Agromedia.

Zeithaml dan Bitner, (2003). Service Marketing. Tata McGraw-Hill.

Zucker dalam Mayer, dkk dalam Vivi Susanti, (2013). “Kepercayaan Kosumen dalam Melakukan Pembelian Gadget Secara Online”, Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi.




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v11i1.1433

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGROSCIENCE INDEXED BY : 

             

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.