EFEKTIVITAS INSEKTISIDA EMAMEKTIN BENZOAT TERHADAP HAMA Plutella xylostella L. DAN HASIL TANAMAN SAWI PUTIH (Brassica pekinensis) DI LAPANGAN

Sri Nur W Lestariningsih, Edy Sofyadi, Toni Gunawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendaptkan konsentrasi yang  efektif dari insektisida dengan bahan aktif Emamektin benzoate dalam mengendalikan ulat Plutella xylostella dan menghasilkan tanaman sawi putih yang tinggi.

Percobaan dilakukan di desa Wangunharja, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang berlangsung dari bulan Oktober sampai Desember 2018. Percobaan menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan.  Perlakuan konsentrasi insektisida yang diaplikasikan yaitu A =  0 ml/ l , B = Bestfast 250 EC dengan konsentrasi2 ml/ l, C = Siklon 5,7 WG dengan konsentrasi 0,1 g/l, D = Siklon 5,7 WG dengan konsentrasi 0,3 g/l, dan E = Siklon 5,7 WG dengan konsentrasi 0,5 g/l.  Pengamatan yang diukur adalah intensitas serangan dan bobot bersih sawi putih.

Hasil penelitian menunjukkan insektisida dengan bahan aktif Emamektin benzoat  dengan dengan konsentrasi 0,3 g/l (D) dan 0,5 g/l (E)  efektif untuk pengendalian hama ulat Plutella xylostella dan menghasilkan sawi putih yang tinggi di lapangan.

Keywords


Efektivitas, Emamektin benzoat, Plutella xylostella, Sawi putih

References


Aini, Hilmi Arifatil. 2016, Toksisitas Enam Jenis Insektisida Komersial Terhadap Ulat Daun Kubis Plutella xylostella dari Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Skripsi. Departemen Proteksi Tanaman. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Badan Pusat Statistik. 2016. Produksi Petsai (Sawi) Menurut Provinsi Tahun 2013-2016. Diakses 9 Mei 2018. https://www.bps.go.id. Jakarta

Cardi, M. 2014. Kerentanan Plutella Xylostella Dari Garut, Jawa Barat Terhadap Lima Jenis Insektisida Komersial Dan Ekstrak Tephrosia vogelii. Skripsi. Departemen Proteksi Tanaman. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor

Kalshoven, L. G. E., 1981. The Pest of Crops in Indonesia. Revised and Translated By P.A. Van der laan. Jakarta: PT. Ichtiar Baru-Van Hoeve.

Moekasan, T.K., S. Sastrosiswojo, T. Rukmana, H. Susanto, I.S. Purnamasari, A. Kurnia. 2004. Status Resistenis Lima Strain Plutella xylostella L. Terhadap Formulasi Fipronil, Deltametrin, Profenofos, Abamektin dan Bacillus thuringiensis. J Hort. 14(2):84-90.

Nurshanti, D.F. 2010. Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Sawi Caisin (Brassica juncea L.). Agrobisnis, Vol.1, No. 1, Maret 2009.

PT. Nufarm Indonesia. 2016. Katalog produk. Jakarta (ID).

Simanjuntak, R. H., 1994. Bercocok Tanam Petsai. Bhratara. Jakarta

Udiarto. B.K. dan Setiawati W. 2007. Suseptibilitas Dan Kuantifikasi Resistensi 4 Strain Plutella Xylostella L, Terhadap Beberapa Insektisida. J. Hort. 17(3): 277-284.

Winasa, I.W., S. Herlinda. 2003. Population Of Diamondback Moth, Plutella xylostella L. (Lepidoptera: Plutellidae), and Its Damage And Parasitoids On Brassicaceous Crops. Di dalam: Prosiding International Seminar on Organic Farming and Sustainable Agriculture in the Tropics and Subtropics. Palembang Oktober 8-9, 2003.




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v10i2.1159

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGROSCIENCE INDEXED BY :

    

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.