TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN BERAS PANDANWANGI BERSDASARKAN BENTUK, ORIGINALITAS, MEREK DAN HARGA BERAS (Studi kasus di Wilayah pemasaran beras pandanwangi di Kabupaten Cianjur)

M Yahya Ahmad, Sherayati Undih Mohammad

Abstract


Kabupaten Cianjur merupakan salah satu sentra produksi padi di Provinsi Jawa Barat. Sekitar 96 persen produksi padi dipasok dari lahan sawah irigasi dan sawah tadah hujan dengan menggunakan varietas unggul sedangkan lahan kering yang tersebar di semua Kecamatan belum banyak berkontribusi dalam peningkatan produksi padi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bentuk beras, originalitas, dan merek beras pandanwangi terhadap harga dan kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur dengan Statistical Package For Social Sciance (SPSS) Versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bentuk berasmempunyai pengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap kepuasan konsumen melalui harga beras dan mempunyai pengaruh langsung terhadap harga. Variabel originalitasdan harga mempunyai pengaruh langsung terhadap variabel kepuasan konsumen, sedangkan variabel lainnya tidak mempunyai pengaruh langsung terhadap harga dan kepuasan konsumen. Variabel yang memiliki pengaruh paling besar adalah harga, hal ini menunjukkan bahwa konsumen memilih beras pandanwangi yang memiliki nilai harga tinggi karena dapat menjamin keaslian dan kualitas beras.


Full Text:

PDF

References


Aldy, Rochmat Purnomo. 2016. Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. Yogyakarta: Fadilatama.

Annissa. 2007. Pengembangan Metode Penentuan Kemurnian Beras Varietas Pandanwangi Berdasarkan Karakterisitik Fisik. Institut Pertanian Bogor.

https://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/48468/F07ann.pdf?sequence=1&isAllowed=y (Diakses pada tanggal 16 Februari 2019 pukul 8:00 wib).

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat. 2009. Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Jawa Barat 2009-2029. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat. Bandung.

Basu, Swasta. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.

Buchari, A. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta: Bandung.

Dharmesta dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta.

Depkes RI. 2009. Profil Kesehatan Indonesia. Departemen Republik Indonesia: Jakarta.

Dewi, Kasuma Nila. 2012. Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Vaseline Hand and Body Lotion di Kota PADANG. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Volume (3): no 2.

http://blog.ub.ac.id/dinaandri/files/2013/03/Jurnal-Manajemen-dan-Kewirausahaan.pdf (Diakses pada tanggal 16 Februari 2019 pukul 13:00 wib).

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Cianjur. 2007. Laporan Tahunan Kabupaten DT II Cianjur: Cianjur.

Fadila, Dewi. 2013. Perilaku Konsumen. Palembang: Citrabooks Indonesia.

Faisal, Risqi M. Lisarini, Endah. 2015. Pengaruh Kualitas dan Harga Beras Pandanwangi Terhadap Kepuasan Konsumen di Wilayah Pemasaran Cianjur.Jurnal Agrosciance. Volume (5): no 2.

https://jurnal.unsur.ac.id/agroscience/article/viewFile/106/52(Diakses pada tanggal 12 Februari 2019).

Faisal, Rizki M. 2015. Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Beras Pandawangi di GPO Nyi-Sri Kecamatan Cianjur. Cianjur.

Effendi, M Guntur. 2010. Transformasi Manajemen Pemasaran dan Membangun Citra Negara. Jakarta: Sagung Seto.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semaran: Universitas Diponegoro.

Hermawan Kertajaya. 2010. Grow with Character: The Model Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Husein, Umar.2005.Metode Penelitian. Jakarta:Salemba Empat.

Kertajaya, Hermawan. 2010. Brand Operation. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Koswara. 2009. Teknologi Pengolahan Berashttp://tekpan.unimus.ac.id/wp-content/uploads/2013/07/Teknologi-Pengolahan-Beras-Teori-dan-Praktek.pdf(Diakses pada tanggal 12 Februari 2019 pukul 22: 35 wib).

Kotler dan Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Armstrong. 2013. Prinsip Prinsip Pemasaran. Edisi Ke-12. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan Implementasi dan Kontrol. Jakarta: Prehallindo.

Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Lisarini, Endah. 2017. Kualitas Produk, Komunikasi Pemasaran dan Luaran Saluran Distribusi Pemasaran Beras Pandanwangi Implikasinya Pada Loyalitas Konsumen Di Wilayah Pemasaran Jawa Barat Dan Jakarta. Bandung.

Lupiyoadi. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.

Masyarakat Pelestari Padi Pandanwangi Cianjur. 2015. Buku Persyaratan Permohonan Pendaftaran Indikasi Geografis Beras

Pandanwangi Cianjur. Cianjur: MP3C.

Maulida, Nenden. 2018. Tingkat Kesukaan Konsumen Pada Atribut Beras Pandanwangi Murni Cianjur. Cianjur.

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sarwono, J. 2007. Analisis Jalur Untuk Riset Bisnis Dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Schiffman dan Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Solimun. 2007. Multivariate Analysis. Structural Equation Model, Lisrel dan Amos. Universitas Brawijaya. Malang.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, A. 2003. Perspektif dan Upaya Pemantapan Peningkatan Pangan Secara Berkelanjutan Prosiding Tekanan Penduduk, Degradasi Lingkungan dan Ketahanan Pangan. Institut Pertanian Bogor: Bogor.

Tarwotjo. 2008. Dasar-Dasar Gizi Kuliner. Jakarta: Grasindo

Tjiptono. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE

Tjiptono, Fandy. 2011. Manajemen Strategi & Merek. Yogyajakarta: Andi.

Mulyadi, Yadi. 2018. Keputusan Konsumen Terhadap Pembelian Beras Merah Yang Dipengaruhi Faktor Kualitas Dan Harga. Cianjur




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v1i2.812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.