MACAM MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN BERAS PANDANWANGI DAN PENYAMPAIAN TERHADAP TINGKAT EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN DI CIANJUR (STUDI KASUS KOPERASI KESEJAHTERAAN UNSUR, CV PURE, PB SINDANG ASIH, PB OKH DAN TOKO PRIBADI)

Endah Lisarini, Yuni Siti Rachmayanti

Abstract


Komunikasi pemasaran adalah sarana dimana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan meningkatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Untuk membangun suatu komunikasi melalui media komunikasi pemasaran beras yang dipasarkan khususnya beras Pandanwangi semakin dikenal oleh masyarakat luas. Perlu diperhatikan efektifitasnya melalui media komunikasi pemasaran dimana perusahaan berharap dengan strategi yang digunakannya tersebut dapat menciptakan hubungan komunikasi yang efektif dalam rangka mempromosikan produk kepada konsumen. Penelitian ini bertujun untuk mengetahui media komunikasi pemasaran yang banyak direspon dalam menyampaikan informasi dan untuk mengetahui tingkat efeketivitas dari media komunikasi pemasaran yang banyak digunakan oleh penjual beras Pandanwangi. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah pemasaran kecamatan Cianjur sejak bulan Mei sampai dengan bulan Juli 2019. Metode analisis yang digunakan adalah deksriptif kuantitatif dengan indikator AIDA . Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa media komunikasi pemasaran paling banyak direspon yaitu media komunikasi pemasaran langsung termasuk kategori setuju sebesar 4,10 (3,41-4,20). Sementara media komunikasi yang paling efektif adalah media komunikasi pemasaran berupa iklan.


Keywords


Media, Pemasaran, Pandanwangi, Efektivitas

Full Text:

PDF

References


Abdul, 2016 . Analisis Efektivitas Komunikasi Pemasaran Pada Produk Yogurt Sentulfresh Indonesia Melalui Website. Bogor. file:///C:/Users/USER/Downloads/Jurnal%20IPB%202.pdf diakses tanggal 22 April 2019

Araujo, Magdalena De dan Nubatonis Agustinus. 2016. Analisis Produksi dan Pemasaran Usahatani Padi Sawah di Desa Tualene Kecamatan Biboki Utara Kabupaten Timor Tengah Utara. NTT. http://faperta-unimor.id/savana- cendana.id/index.php/AG/article/view/262/142. diakses tanggal 3 Januari 2019

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

A Setiadi, 2016, Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikas Jl. Banten No. 1 Karangpawitan, Karawang .

http://eprints.umm.ac.id/35140/3/jiptummpp-gdl-rimaikahan-47212-3-babii.pdf 11 April

A, Shimp, Terence. 2000. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, edisi ke-5. Jakarta: Erlangga

A, Shimp, Terence (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran.Terpadu, Jilid I ( edisi 5), Jakarta: Erlangga.

Basu Swastha. 2009. Manajemen Penualan. Yogyakara: BPFE

Basu Swastha dan Irawan, 2006, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta

Belch, G.E and M.A. Belch. 2004. Advertising And Promotion: An Integrated Marketing Commnunications Perspective, Sixth Edition, The McGraw Hill/Irwin: New York.

Belch, George dan Belch, Michael. 2009. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. New York: McGraw Hill.

Budiarto, S. 2011. Pemasaran Industri. Andi, Yogyakarta.

Chrismardani, Yustina. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu Implementasi Untuk UMKM. Madura. http://kompetensi.trunojoyo.ac.id/neo-bis/article/view/472 diakses tanggal 3 Januari 2019.

Damayanti, M. 2010. Komunikasi Terapeutik dalam Praktik Keperawatan. PT. Refika Aditama : Bandung.

Eddy Prasetyo, 2013, Pengaruh Iklan, Promosi Penjualan Dan Penjualan Perorangan Terhadap Niat Beli Di Cv. Lancar Makmur Motor Surakarta Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya volume 1, No. 3, http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/1128 diakses tanggal 25 Mei 2019

eJournal Ilmu Komunikasi, Volume 5, Nomor 1, 2017: 13-23 hal:14 Pengaruh pelanggaran Etika Periklanan Pada Iklan Avian versi Awas Cat Basah Terhadap Presepsi Khalayak (Survey pada Masyarakat Keluruhan Prenggan, Kecamatan Kotagede Yogyakarta).Yogyakarta. http://p3i-pusat.com/buku-pedoman-himpunan-peraturan-etika-periklanan-3 diakses tanggal 28 Maret 2019

Gita Permatasari , 2016, Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Produk Olahan Pertanian “Yoghurt Cimory” Bogor. file:///C:/Users/USER/Downloads/Jurnal%20IPB.pdf diakses tanggal 26 Mei 2019

Hadikusumah, KH. 2015. Deskripsi Pengambilan Keputusan Dalam Berusahatani. Cianjur.

Https://Journal.Uinsgd.Ac.Id/Index.Php/Istek/Article/Download/246/260 diakses tanggal 2 januari 2019

Hidayati, Dwi Ratna. 2016. Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Skala Mikro ( Mikro Enterprise ) Kub Bajrah Gunah Klampis Bangkalan Pada Produk Terasi, Petis, Dan Kerupuk Ikan. Madura. www.academia.edu/.../STRATEGI_KOMUNIKASI_PEMASARAN_USAHA_SKALA diakses tanggal 2 Januari 2019

Hurriyati R. 2008. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung [ID]: Erlangga. 375 hal.

Iriani,Setyo Sri. 2013. Pengaruh Promosi Penjualan Dan Penjualan Perseorangan Terhadap Keputusan Belanja Tidak Terencana . Surabaya. volume 1,No.12 file:///C:/Users/USER/Downloads/3038-5208-1-PB.pdf diakses tanggal 13 Juni 2019

Ismanto. 2017. Strategi Komuikasi Pemasaran Dalam Mempromosikan Produk Melalui Media Online ( Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro Anime Maximono Yogyakarta)

Kasali, Rhenald, 2007, Manajemen periklanan, konsep dan aplikasinya di Indonesia

Kennedy, John. E; R Dermawan Soemanagara., 2006. Marketing Communication – Taktik dan Strategi. Jakarta. PT Buana Ilmu Populer (kelompok Gramedia)

Kotler dan Armstrong. 2008. dasar – dasar pemasaran. Alih bahasa oleh Alexander Sindoro dan Tim Mark Plus. Jakarta: PT. Indeks Gramedia

Kotler, Philip. 2009. Marketing Mangement,11st Edition. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education international

Kotler, Philip.2003. Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas, Jakarta: Indeks kelompok Gramedia.

Kusuma, Hendra. 2017. Analisis Pemasaran Jamur Merang Lembaga Mandiri Mengakar Masyarakat (Lm3) Agrina Di Tanjong Paya Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen.

Bireuen.https://media.neliti.com/media/publications/210791-analisis-pemasaran-jamur-merang-lembaga.pdf diakses tanggal 7 juni 2018

Kusniadji, Suherman. 2016. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods. Semarang. Https://Journal.Untar.Ac.Id/Index.Php/Komunikasi/Article/View/49/54 Diakses Tanggal 2 Januari 2019

Komariah, Nur. 2016. Efektivitas Komunikasi Pemasaran Pada Makanan Jajanan (Street Food) Waroeng. Bogor.

https://studylibid.com/doc/171617/efektivitas-komunikasi-pemasaran-pada-makanan Diakses Tanggal 22 April 2019

https://www.academia.edu/33051311/komunikasi_pemasaran 12 April 2019

Lukitaningsih, Ambar. 2013. Iklan Yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Yogyakarta. https://media.neliti.com/media/publications/23468-ID-iklan-yang-efektif- sebagai strategi-komunikasi-pemasaran.pdf diakses tanggal 9 Juni 2018

Morissan. (2010). Periklanan, Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Prenada Media Group.

MP3C. 2015. Buku Persyaratan Indikasi Geografis Beras Mandanwangi Cianjur. Cianjur.

http://e-book.dgip.go.id/indikasi-geografis/filemedia/Buku-Persyaratan-IG-Beras-Pandan-Wangi-Cianjur/mobile/index.html. Artikel Diambil, diakses tanggal 24 April 2018

Mahardika Putra, 2018. Efektivita Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Yogyakarta.

https://repository.usd.ac.id/31323/2/142214197_full.pdf diakses tanggal 26 Mei 2019

Maisya, Fitri. 2013. Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan Dan Hubungan MasyarakatTerhadap Keputusan Menabung Di Pt. Bank Negara Indonesia, Tbk. Cabang Bukittinggi. Padang.

http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/mnj/article/view/146/133 diakses tanggal 2 Januari 2019

Mawarya, Zimri Remalya. 2013. Periklanan Dan Citra Merek Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Yamaha. Manado.

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/1891/1500 diakses tanggal 2 Januari 2019

Maulidia, Nenden. 2018. Tigkat Kesukaan Konsumen Pada Atribut Beras Pandanwangi Murni Cianjur. Cianjur.

Meyrin, Lenny dkk. 2014. Peranan Komunikasi Pemasaran Dalam Menigkatkan Minat Pengguna Iklan Di Hariankomentar Manado. Manado. https://media.neliti.com/media/publications/90796-ID-peranan-komunikasi-pemasaran-dalam-menin.pdf diakses tanggal 18 Desember 2018

Muhibbin Syah.2010.Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru.Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Muktiyo, Widodo Dkk. 2013. Manajemen Komunikasi Promosi dan Peemasaran. Pulau Lampauan: Surakarta

Mustdjab, Moch Muslich dkk. 2008. Analisis Pemasaran Beras Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Petani (Studi Kasus Pada Sentra Produksi Padi Di Desa Kayen, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah).

JawaTengah.https://agrise.ub.ac.id/index.php/agrise/article/view/7/8 diakses tanggal 29 Januari 2019

Nuryana, I. (2017). Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening (pada Bank Umum Swasta Nasional Periode 2011-2015). Seminar Nasional & Call For Paper, FEB Unikama , 613-631.

Novi Claodya Lee. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Teh Botol Sosro Kemasan Pet 450 Ml (Studi Pada Pengunjung Minimarket Di Surabaya Selatan. Surabaya diakses tanggal 13 Juni 2019 volume 5, No.4.

Nency M. N. Togas, Jantje L. Sepang, Rudy S. Wenas. 2014. Periklanan, Penjualan Pribadi, Promosi Penjualan, Dan Publisitas Terhadap Keputusan Pembelian Pada Penerbit Andi Cabang Manado. Manado. Vol.2 No.4 Desember 2014, Hal. 578-588. 14 Juni 2019 http://www.journal.unair.ac.id/filerPDF/06_santi_%20Kewirausahaan%20_MKP_.pdf diakses tanggal 25 Mei 2019

Philip Kotler dan Kevin L. Keller. 2006. Manajemen Pemasaran edisi ke 12 Jilid ke 1. New Jersey, Indeks

Priccila Natalia dan Mumuh Mulyana. 2014. Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan . Bogor, Indonesia. file:///C:/Users/USER/Downloads/13%20-%20JIMKES%202014%20Vol%202%20No%202%20Priccila%20Natalia%20dan%20Mumuh%20Mulyana.pdf diakses tanggal 25 Mei 2019

Rizqul, Akhmad K. 2012. Metode Pemasaran Kreatif Dengan Menggunakan Media Internet. Purbalingga. Https://Www.Academia.Edu/2711601/Metode_Pemasaran_Kreatif_Dengan_Menggunakan_Media_Internet diakses tanggal 2 Januari 2019

Rusma, Jimmy dkk. 2011. Kajian Preferensi Konsumen Rumah Tangga Terhadap Beras Organik Di Wilayah Kota Bogor. Bogor. http://jai.ipb.ac.id/index.php/jurnalmpi/article/view/3773/2585 diakses tanggal 9 Juni 2018

Rangkuti F. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta (ID) : Gramedia Pustaka Utama. 286 Hal.

Sekaran, Uma. 2011. Jilid 1 Edisi Keempat. Research Method for Businees. Alih Bahasa: Kwan Men Yon. Jakarta: Salemba Empat.

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Solekhan dan Winarso,R. 2016. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Sangkar Burung Di Kabupaten Kudus. Kudus. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/SNA/article/view/683/695 diakses tanggal 17 Desember 2018

Sufa, F., dan Munas, B., Sufa, F., (2012), “Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan, Frekuensi Penayangan Iklan terhadap Efektivitas Iklan Mie Sedap”, Vol 1, Hal 226-233

Suardeyasasri. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=penelitian+metode+observasi+di+se kolah&source=web&cd=3&cad=rja&ved=0CEIQFjAC&url=http%3A%2F%2F suardeyasasri.files.wordpress.com%2F2010%2F02%2Fmetode-penelitiankualitatif.pdf&ei=5OjvUPb4HYfIlQXB44Bg&usg=AFQjCNHpw2gbe8KKlsFa 1QVlTxPqG1SjrA&bvm=bv.1357700187,d.bmk. diakses tanggal 29 Januari 2019.

Sugiyono. (2011) Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih, 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya,cet kedua.

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT Remaja Rosdakarya: Bandung

Sulaksana. 2003. Integrated Marketing Communications; Teks dan Kasus..Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

S Dody Nugroho. 2014. Komunikasi Pemasaran Melalui Media Internet (E- Commerce) Website Rumah Sakit ( Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Pemasaran Melalui E- Commerce Website Rumah Sakit Dr. Oen Solo Baru) .Yogyakarta. File:///C:/Users/USER/Downloads/Jurnal.Pdf diakses tanggal 22 April 2019

Syifa Dewi Nuraeni , Bethani Suryawardani. 2017. Analisis Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada Pt.Niion Indonesia Utama, Prodi D3 Manajemen Pemasaran, Fakultas Ilmu Terapan,

Universitas Telkom 25 Mei 2019) http://digilib.uin-suka.ac.id/28506/1/10730038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf diakses tanggal 25 Mei

Tjiptono. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Penerbit Andi

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi tiga, Jakarta: Andi.

Umi Narimawati. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori danAplikasi. Bandung: Agung Media

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Eloktronik (UU ITE)

Undang-Udang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen

Wurinanda I. 2015. Efektivitas promosi produk ayam suwir “si kentung” melalui twitter [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Yola, Melfa dan Duwi Budianto. (2013). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Harga Produk Pada Supermarket Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Optimasi Sistem Industri. Vol. 12, No. 12, hlm.




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v1i2.809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.