PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KINERJA PETUGAS LAPANGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BENIH SAYURAN ( Studi Kasus Di 7 Kecamatan Kabupaten Cianjur)

Rahmat Taufik Dwi Jatmika, Syarifudin Hidayat

Abstract


Bauran Pemasaran (4P) merupakan sekumpulan variabel-variabel pemasaran yang bisa dikendalikan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan melalui pemanfaatan variabel-variabel seperti produk,harga, promosi serta tempat. Kinerja petugas lapangan berfungsi untuk menciptakan permintaan akan produk yang dimiliki oleh suatu perusahaan dan untuk mempengaruhi dalam melakukan keputusan pembelian atau tindakan dari konsumen untuk mau membeli atau tidak, terhadap suatu produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran dan kinerja petugas lapangan terhadap keputusan pembelian benih sayuran Cap Panah Merah di Kabupaten Cianjur. Penelitian ini dilaksanakan di 7 Kecamatan Kabupaten Cianjur yaitu : Bojong Picung, Ciranjang, Karangtengah, Mande, Sukaresmi, Cugenang dan Campaka sejak bulan Maret sampai dengan bulan Juni 2019. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara bauran pemasaran (4P) dan kinerja petugas lapangan baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian benih sayuran Cap Panah Merah di Kabupaten Cianjur.


Keywords


Bauran Pemasaran, Kinerja Petugas Lapangan, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Amstrong, Gerry dan Kottler, Philip. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. Edisi kedua belas. Erlangga. Jakarta.

Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Basu dan Irawan . 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta.

Erni, Maryana. 2001. Kinerja Petugas Lapangan. Lembaga Pendidikan Managemen. Jakarta.

Eva Rosmalia. 2016. Jurus Jitu Mengenal Karakteristik Pelanggan. Pustaka irvan. Ciputat.

Faris Nabhan. 2005. Faktor – Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Pada Rumah Makan di Kota Batu.

Fedinand, Agusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Edisi Kedua. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam, 2001, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Dipoegoro, Semarang.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Irawan.2005. Marketing with Heart. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Kotler, 2010. Bauran Pemasaran. http://Pengertiandanartikel.blogspot.co.id// pengertian-Bauran Pemasaranmenurut- ahli. Html. Diakses tanggal 23 Juni 2019

Kotler, dan Amstrong. 2008. Manajemen Pemasaran. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, Philip, dan Keller, Kevin L. 2014. Manajemen Pemasaran Jilid II. Edisi Ketigabelas. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran Indonesia. Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta.

Kottler, Philips dan Keller, 2007. Menajemen Pemasaran (Edisi 12 jilid 2). Benyamin Molam (penerjemah). Marketing menagemen. Jakarta: PT. Indeks.

Kumtus, 2015, Sejarah Perusahaan PT. East West Seed Indonesia. http://www.kumtus.blogspot.com. Diakses tanggal 23 Juni 2019.

Lamb, H. 2001. Pemasaran. Salemba Empat. Yogyakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta.

Margono. 2000. Metode penelitian pendidikan Jakarta : Rineka Cipta

Marius P. Angiopora. 2002. Dasar – Dasar Pemasaran . Edisi Kedua. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Mathis dan Jackson. 2002. Teori Kompetensi. LPM. Jakarta

New York : Jhon Wileyand Sons, Inc.

Sekaran. 2003. Research Method For Business: A Skill Building Approach.

Siti Fatonah dan Sigit R. Soebandiono. 2010. Analisis Faktor-faktor Marketing Mix Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Membeli Benih Jagung Hibrida Pioneer P21 Di Kabupaten Bantul. STIE “AUB”. Surakarta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Bisnis . Bandung : CV, Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Alpabeta. Bandung.

Suharsimi Arikunto. 2002. Metodologi Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

Tarigan, H. G.2013. Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tjiptono, Fandy. 2006. Prinsip – Prinsip Total Quality Service (TQS). ANDI. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v1i1.807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.