PENGARUH PENGETAHUAN KUALITAS BENIH, HARGA DAN LOKASI TERHADAP PEMILIHAN SUMBER BENIH PADI VARIETAS UNGGUL BARU DI KECAMATAN WARUNGKONDANG

M Yahya Ahmad, Silfiyyah Rahmah

Abstract


Indonesia merupakan negara dengan tingkat kebutuhan konsumsi akan pangan tinggi, pemilihan sumber benih yang baik sudah mengalami pengujian sertifikasi benih padi varietas unggul baru dari pemerintah dapat meningkatkan hasil produksi secara tinggi dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Namun masih ada petani yang masih memilih sumber benih secara sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh pengetahuan kualitas benih, harga dan lokasi terhadap pemilihan sumber benih. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai bulan Juni 2019 di Kecamatan Warungkondang. Untuk metode analisis ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan Statistical Package For Social Science (SPSS) Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh pengetahuan kualitas benih, harga dan akses lokasi mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap pemilihan sumber benih padi varietas unggul baru. Semakin tinggi pengetahuan petani terhadap benih, semakin tinggi harga yang ditawarkan maka akan semakin mengerti dalam memilih sumber benih dan kualitas benih yang baik serta akses lokasi tidak menjadi masalah dalam pemilihan sumber benih karena sudah memiliki label sebagai tanda bahwa benih tersebut sudah mengalami beberapa pengujian sertifikasi benih berlabel.


Keywords


Pengetahuan Kualitas Benih, Harga, Akses Lokasi, Pemilihan Sumber Benih

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2017. Badan Pusat Statistik Tabel Dinamis. Diambil kembali dari badan pusat statistic https://www.bps.go.id/site/resulTab diakses pada tanggal april pukul 10.00 wib.

Irawati N. 2009. Analisis Sikap dan Kepuasan Petani Padi Terhadap Benih Padi (Oriza Sativa) Varietas Unggul di Kota Solok Sumatera Barat [Skripsi]. Bogor: Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid satu. Erlangga: Jakarta.

Leksono, B. 2004. Litbang Pemuliaan Acacia dan Eucalyptus untuk penyediaan benih unggul dan perangan dalam mendukung program GN-RHL. Prosiding Ekspose hasil-hasil penelitian P3BPTH, 24 Desember 200. Jogjakarta.

Mustain, LL (2005) Strategi pengembangan beih padi bersertifikat pada dinas pertanian dan peternakan kabupaten lombok timur NTB. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

Podesta. 2009. Pengaruh penggunaan benih bersertifikat terhadap efisiensi dan pendapatan usahatani padi pandanwangi (skripsi). Bogor. Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.

Sadjad, S. 1993. Dari Benih Kepada Benih. Jakarta: PT. Gramedia.

Siregar, H. 1981. Budidaya Tanaman Padi di Indonesia. Sastra Hudaya. Bogor. 318 hal. Dalam Ishaq I. 2009. Petunjuk Khusus: Penangkaran Benih Padi. Lembang (ID): Balai Pengkajian Teknologi Petanian (BPTP) Jawa Barat Departemen Pertanian.

Saheda, Amatu As. 2008. Preferensi dan Kepusan Petani Terhadap Benih Padi Varietas Lokal Pandawangi di Kabupaten Cianjur, Skripsi Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Sembiring, H. 2010. Ketersediaan Inovasi Teknologi Unggulan dalam Meningkatkan Produksi Padi Menunjang Swasembada dan Ekspor. Dalam Prosiding Nasional Hasil Penelitian Padi 2009. Inovasi Teknologi Padi untuk Mempertahankan Swasembada dan Mendorong Ekspor Beras. Balai Besar Padi. Badan Litbang Pertanian. Kementrian Pertanian Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa, Edisi pertama, Yogyakarta: Andi

Umar, Husein. 2005. Metode Penelitian untuk Tesis dan Bisnis, Jakarta: Grafindo Persada.

Warsono. 2013. Kegiatan sertifikasi benih padi (Oryza Sativa) di Balai Pengawasan Sertifikasi Benih (BPSB) Provinsi Jawa Tengah [tugas akhir]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v1i1.806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.