STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TANI KOPI ARABIKA (STUDI KASUS DI DESA GUNUNGSARI, KECAMATAN SUKANAGARA KABUPATEN CIANJUR)

Asep Saepul Alam, Marthen Cawer

Abstract


Untuk mengetahui lebih dalam tentang strategi pengembangan Usahatani Kopi Arabika Di Desa Gunungsari Kecamatan Sukanagara Kabupaten Cianjur, dilakukan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengkaji Faktor-faktor strategis apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi Kelompok Tani Agro Mandiri Desa Gunungsari Kecamatan Sukanagara Kabupaten Cianjur jika dilihat dari aspek eksternal dan aspek internal serta 2. Strategi apa yang tepat untuk pengembangan usahatani kopi arabika Kelompok Tani Agro Mandiri Desa Gunungsari Kecamatan Sukanagara Kabupaten Cianjur. Waktu penelitian dilakukan selama bulan Januari 2019 sampai dengan bulan Mei 2019. Penarikan sampel dalam penelitian menggunakan non probality sampling,  dimana pemilihan responden dipilih dengan tujuan tertentu. Responden yang diambil dalam penelitian ini berjumlah delapan orang. Analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan analisis tiga tahap formulasi strategi. Alat bantu analisis yang digunakan untuk merumuskan strategi adalah matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, matriks SWOT dan Matriks QSPM. Berdasarkan hasil analisis SWOT, yang dihasilkan, dimana prioritas strategi yang dipilih tersebut adalah : 1. Meningkatkan Produksi Kopi dengan memanfaatkan ketersediaan lahan yang cukup  dan SDM yang terampil. 2. Mempertahankan keunggulan produk kopi dan memenuhi kebutuhan peminat kopi yang semakin meningkat 3. Memaksimalkan pengolahan lahan kopi melalui kerja sama dengan dinas pertanian dan perkebunan guna mendapatkan pelatihan. 4. Memanfaatkan keunggulan sumber daya (manusia, alam,  mesin,) untuk meraih peluang. Diurutkan dengan menggunakan matriks QSPM. Adapun urutan prioritas strategi yang memiliki skor lebih tinggi dari alternatif lainnya untuk mengembangkan usaha tani kopi arabika di Kelompok Tani Agro Mandiri yaitu memanfaatkan keunggulan sumber daya (manusia, alam, mesin) untuk meraih peluang dengan nilai Total Attractiveness Score(TAS) sebesar 6,627.

 


Keywords


Strategi Pengembangan QSPM, Kopi Arabika

Full Text:

PDF

References


Aulia,Ilham.2012. Faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan komodti kopi di sumatra Utara.Fakultas Pertanian.Universiitas Sumatra Utara.Sumatra Utara.

David, Fred R., 2011. Konsep Manajemen Strategi. Penerjemah Handy Hadi. Edisi VII Jakarta. Pershallindo.

Dinas Perkebunan Jawa Barat. 2016. Statistik Perkebunan Jawa Barat. Diperoleh Melalui Situs Internet: http://disbun.jabarprov.go.id/index. php/. Diunduh pada 1 Juli 1016).

Dyson, 2002. Strategi Development And SWOT Analysis At The University Of Warwick. In Elsevier – European Juurnal Of Operation Research.

Fathul, H Muhammad 2010. Strategi Pemasaran Musyarakah. Yogyakarta. Baitul Maal Wal Tamwil Mandiri Ngaglik Sleman.

Fred. R. David. 2011, dalam Puspasari. dan Dedy. 2013. Matrik QSPM.

Griffin. 2010. Dan Ebert. Faktor Lingkungan Eksternal: Dalam Buku Herry Achmad Buchory Dan Djaslim Saladin. ( Edisi Ke-10 Jilid 3) Jakrata,

Indonesia Investment. (2011). Produksi Domestik, Ekspor Dan Konsumsi Kopi Indonesia. Diperoleh Melalui Situs: http://www.indonesia-investments. com/id/bisnis/komoditas/kopi/. Pada 1 Juli 2016.Diunduh.

Interna sional Coffee Organization. 2015. World Coffee Consumption. http://www.ico.org/prices/poproduction.pdf.

Mairiyansyah. 2014. Tingkat Motivasi Konsumen Kopi Arabika. Bogor : Klinik Kopi.

Pierce And Robinson 2010. Manajemen Strategi: Formulasi Implementasi Dan Pengendalian (Alih Bahsa Agus Maulana). Bina Rupa Aksara. Jakarta.

Santosa, 1999. Produktivitas Usaha Tani Kopi Rakyat. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Saragih, Bungara. 2005. Kumpulan Agribisnis Paradikma Baru Pembangunan Ekonomi Berbasis Pertanian. Yayasan Mulia Persada Indonesia. Bogor.

Spillane, J.J.1990.Komoditi Kopi dan Peranannya Dalam Perekonomian Indonesia, Kanisius.Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v1i1.805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.