PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN TEMPAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS DI PASAR CIPANAS KABUPATEN CIANJUR

Hanisa Sismaya Lestari, Riri Rohmatul Farida, Ahmad Nur Rizal Paris

Abstract


Beras merupakan barang kebutuhan pokok hasil pertanian yang dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, oleh karena itu pemerintah berkewajiban untuk menjaga pasokan dan stabilitas harga beras. Berdasarkan peraturan menteri pertanian Republik Indonesia No. 31/PERMENTAN/PP.130/8/2017 menyatakan bahwa beras dibedakan berdasarkan kelas mutu beras yang terdiri dari kelas medium dan premium, adapun beras kelas medium memiliki kualitas di bawah beras kelas premium dengan kata lain beras premium memiliki kualitas yang lebih baik daripada beras medium. Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Cipanas, kecamatan Cipanas-Cianjur dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan tempat terhadap keputusan pembelian beras medium dan premium. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen beras di Pasar Cipanas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 orang konsumen, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling yaitu dengan mencari konsumen yang kebetulan sedang atau pernah membeli beras di Pasar Cipanas. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, dan tempat memiliki pengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian beras dan pengaruhnya signifikan. Adapun berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial (Uji t) variabel kualitas produk, harga, dan tempat memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian beras dengan perolehan hasil masing-masing nilai t hitung 3.101 > t tabel 1.996 dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,050, hasil t hitung 2.148 > t tabel 1.996 dengan nilai signifikansi 0,036 < 0,050, dan hasil t hitung 2.273 > t tabel 1.996 dengan nilai signifikansi 0,027 < 0,050.


Full Text:

PDF

References


Azizah, T. N. (2017). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Bedak Wardah Di Mall Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Bambang Pranoto. (2008). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Kendaraan Bermotor, Jurnal Ilmiah Faktor Extra Vol.1 No. 2 September 2008.

Basu, Swastha. (2010). Analisa dan Perilaku Konsumen. BPFE. Yogyakarta

Ernawati, D. (2019). Pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Hi Jack sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17-32.

Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jakarta:Erlangga

Kotler and Armstrong. (2016). Marketing an Introduction, Edisi 13, USA: Perason Education.

Kotler, P. dan Kevin, K. (2016). Marketing Management. 15th edition. New Jersey: Prentice Hall

Rama, A. (2020). Strategic pricing by Islamic banks and the impact on customer satisfaction and behavioral intention. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 11(9), 2017-2033.

Rohman, O. N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Beras di Toko ND Singapara Cileunyi Kabupaten Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Suari, M. T. Y., Telagawathi, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1), 26-33.

Suharno. (2010). Marketing in Practice. Edisi Pertama. Penerbit Graha Ilmu,Yogyakarta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung

Tjiptono. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Undang-Undang Republik Indonesia No.7 Tahun 1996 tentang Pangan.

Haryanto, E. (2013). Kualitas Layanan, Fasilitas dan Harga pengaruhnya terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Layanan pada Kantor Samsat Manado. Jurnal EMBA, 1(3), 750–760.




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v6i1.4169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.