PERILAKU KONSUMEN BERAS PANDANWANGI (STUDI KASUS KONSUMEN PANDANWANGI CENTER KABUPATEN CIANJUR)

Rosda Malia, Kaisha Az Zahra Muchtar, Getama Priadi, Santi Suryani

Abstract


Beras Pandanwangi memiliki nilai jual yang tinggi karena tidak memiliki kesamaan dengan beras di daerah lainnya. Pentingnya mengamati perilaku konsumen dalam kegiatan pemasaran untuk dapat mempengaruhi konsumen agar mau membeli barang atau menggunakan jasa. Penelitian ini bertujuan : 1). Mengkaji karakteristik konsumen beras Pandanwangi, 2) Mengkaji perilaku konsumen beras Pandanwangi di Pandanwangi Center. Penelitian dilakukan di Pandanwangi Center Cianjur pada bulan Januari s/d Juli 2023. Jenis penelitian deskriptif dengan jumlah responden sebanyak 50 orang. Hasil penelitian bahwa mayoritas konsumen berusia produktif (15-64), mayoritas berjenis kelamin perempuan dan berpendidikan Diploma/Sarjana, bekerja sebagai wiraswasta, berpenghasilan Rp. 2.500.000-Rp. 3.500.000. Motivasi konsumen membeli sebagai makanan pokok dan oleh-oleh, konsumen menilai bahwa harga beras Pandanwangi sesuai dengan kualitas, konsumen membeli bera Pandanwangi sebanyak 4-5kg, konsumen memilih aroma, tekstur yang pulen dan kemurnian beras Pandanwangi, konsumen telah mengkonsumsi beras Pandanwangi selama 1 tahun, mayoritas konsumen mendapatkan informasi melalui teman/kerabatnya, konsumen membeli beras Pandanwangi secara langsung, konsumen tidak membeli beras Pandanwangi secara rutin, sebagian besar konsumen membeli sebanyak 2-3 kali, konsumen menyatakan kemasan produk beras Pandanwangi bagus, konsumen menyatakan bahwa beras Pandanwangi sudah bersertifikat Indikasi Geografis (IG), konsumen memilih potongan harga sebagai bentuk promosi yang menarik minat, konsumen menyatakan mudah mendapatkan beras Pandanwangi di Pandanwangi Center, konsumen menilai produk beras Pandanwangi terjamin kualitasnya dan harga beras Pandanwangi sesuai dengan kualitas, konsumen bersedia untuk membeli kembali beras Pandanwangi di Pandanwangi Center.

 


References


Abram Atmaja, Aryo Fajar Sunartomo & Mustapit., 2021. Analisis Perilaku Konsumen Produk Beras Cerdas CV.An-Nahlah di Kabupaten Jember. Berkala Ilmiah Pertanian, 1(1), 1-13.

Adrianto, R. (2018). Sikap konsumen terhadap atribut beras organik. Parsimonia Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(3), 321-328. 2022).

Anggela, B. M. (Tanggapan Konsumen Terhadap Citra Kemasan Susu Bubuk Kambing di Mulia Farm (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Lampung). Ekonomi dan Bisnis, 1-32.

Badan Pusat Statistik (BPS), (2021). Tentang pendapatan penduduk. Jakarta.

Bahari, A. F., & Ashoer, M. (2018). Pengaruh budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen ekowisata. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 5(1), 68-78.

Baskara, I. B. (2015). Pengaruh potongan harga (discount) terhadap pembelian tidak terencana (Impulse Buying)(studi pada pengunjung Matahari Department Store Johar Plaza Jember). Manajemen Bisnis, 5(2).

Dharma, N. M. P. A., Khoiriyah, N., & Rianti, T. S. M. (2021). Perilaku Konsumen dalam Pembelian Beras Organik di Kota Malang. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 9(3).

Fauzan, F. (2021). Optimisme dan Motivasi Lulusan Prodi Manajemen Unihaz Bengkulu Menghadapi Dunia Kerja di Era New Normal. Creative Research Management Journal, 4(2), 80-93.

Ferawati, F., Saadah, S., & Amrullah, A. (2019). Pengambilan keputusan konsumen pada pembelian beras di Kota Makassar. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 15(1), 1-16.

Hasbi, A. R., Padapi, A., & Dewi, S. R. (2021). Analisis Keputusan Konsumen dalam Melakukan Pembelian Beras Di Kabupaten Luwu. AGROVITAL: Jurnal Ilmu Pertanian, 6(1), 26-29.

Herawaty, A. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Pasmira Gresik (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

Ildrakasih, N., Chalil, D., & Ayu, S. F. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Membeli Beras Organik (Studi Kasus: Jappsa, Brastagi Supermarket dan Carrefour Plaza Medan Fair). Journal of Agriculture and Agribusiness Socioeconomics, 2(5), 15066.

Lestari, K. R., Hartati, A., & Putri, D. D. (2022). Analisis Kesediaan Membayar (Willingness to Pay) Konsumen Terhadap Pembelian Buah Durian Kromo Banyumas di Desa Alasmalang, Kecamatan Kemrajen, Kabupaten Banyumas. Jurnal Pertanian Agros, 24(1), 68-76.

Maharani, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut. Iqtishadequity jurnal MANAJEMEN, 2(1).

Maulidah, N. A. (2022). Analisi Ekonomi dan Kelayakan Penerimaan Konsumen Terhadap Kemasan Beras Organik.

Putra, I. K. T. E., Sukaatmadja, I. P. G., & Yasa, N. N. K. (2016). Perilaku Konsumen Mengkonsumsi Beras Organik Dikota Denpasar Berdasar Theory Of Planned Behavior. Jurnal Ekonomi & Bisnis Universitas Udayana, 8(3), 2609-2638.

Rusni, A., & Solihin, A. (2022). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Diskon Harga Dan Tagline “Gratis Ongkir†Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online Di Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 167-179.

Setiawan, A. (2016). Perilaku konsumen dalam pembelian beras organik produksi Kabupaten Pringsewu. JIIA, Volume 4, No. 2.

Simatauw, D., Parera, W. B., & Tuhumury, M. T. (2018). Pengaruh Kualitas dan Harga Produk Olahan Sagu Terhadap Loyalitas Konsumen: Studi Kasus di Pusat Oleh-oleh “G†dan “P10†Kota Ambon. Agrilan: Jurnal Agribisnis Kepulauan, 5(3), 292-306.

Siregar, A., & Hastalona, D. (2022). Kepuasan Konsumen Bromo Kopi Medan dengan Dimensi Service Excellent, Lokasi dan Harga yang Bersaing. Sintaknis : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 35-43.

Suciyanti, F., Zikri, F., & Malia, R. (2022). Perilaku Konsumen Agrowisata Kampung Budaya Padi Pandanwangi Kec. Warungkondang, Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS), 2(1), 50-68.

Sugiyono., ( 2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U., Noviandi, A., & Kirbrandoko, K. (2013). Analisis proses keputusan pembelian,

persepsi dan sikap konsumen terhadap beras organik di Jabotabek (An analysis of purchasing decision, perceptions and consumer attitudes toward organic rice in Jabodetabek). Jurnal Pangan, 22(2), 87-104.

Yunita, L. D., & Handayani, T. (2018). Strategi Bauran Promosi Penyelenggaraan Event (Studi Kasus Perencanaan dan Penyelenggaraan Event Pasar Murah). Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 4(1), 14-24.

Yusuf, Y., Amrullah, A., & Tenriawaru, A. N. (2018). Perilaku konsumen pada pembelian beras di Kota Makassar. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 14(2).

Zikri, A., & Harahap, M. I. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia (Persero) Regional I Sumatera. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 923-926.




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v5i2.3603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.