TINGKAT KEPENTINGAN DAN KINERJA TERHADAP KEPUASAN MITRA PT. KREASI NOSTRA MANDIRI (SAYURBOX)

Endah Lisarini, Adang Suryana, Rosy Romadona

Abstract


PT. Kreasi Nostra Mandiri (Sayurbox) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertanian dengan menjual berbagai kebutuhan masyarakat, khsusunya kebutuhan pangan. Hortikultura merupakan salah satu bagian dari sub-sektor pertanian yang beragam yang terdiri dari sayuran, buah-buahan, florikultura (tanaman hias), dan biofarmaka (tanaman obat). Sayuran merupakan salah satu komoditas hortikultura yang menempati posisi penting sebagai produk pertanian yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengkaji tingkat kepentingan kinerja PT. Kreasi Nostra Mandiri (Sayurbox) terhadap mitra, 2. Mengkaji tingkat kepuasan mitra terhadap PT. Kreasi Nostra Mandiri (Sayurbox). Variabel bebas pada penelitian ini terdiri dari tingkat kepentingan dan kinerja dengan variabel terikatnya yaitu kepuasan mitra. Data yang didapatkan bahwa 37 responden pada penelitian ini seluruhnya berjenis kelamin laki-laki dengan rentang usia 35% berusia 41-≤50 tahun. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik simple random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA), analisis ini digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan dan menganalisis sejauh mana tingkat kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian antara kepentingan dan kinerja mendapatkan hasil rata-rata sebesar 94%, dengan atribut yang memberikan kepentingan tertinggi yaitu atribut “Produk yang disuplai ke PT. Kreasi Nostra Mandiri (Sayurbox) dihargai dengan layak†dan yang memiliki tingkat kepentingan terendah yaitu atribut “Harga sudah disepakati dan mempertimbangkan sesuai dengan kualitas produkâ€. Adapun indeks kepuasan mitra terhadap PT. Kreasi Nostra Mandiri (Sayurbox) masuk kedalam kategori sangat memuaskan dengan persentase 81,84%.


Keywords


Sayurbox, Kepentingan, Kinerja, Kepuasan Mitra

References


Afrilliana, N. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Grab di Kota Palembang. Jurnal Naional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(2), 46–55.

Badan Pusat Statistik. 2022. Data Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun (Ribu Jiwa),2020-2022. https://www.bps.go.id/indicator/12/1975/1/jumlah-penduduk-pertengahan-tahun.html

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2022. Pengertian Kepentingan. https://kbbi.web.id/penting

Marayasa, I.N., & Faradila, A. 2019. Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Dinar Indonesia. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(1), 110–122.

Ngatmo, & Bodroastuti, T. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan pada PT. Sido Muncul Semarang. Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis, 1–25. https://www.neliti.com/publications/103095/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-kepuasan-pelanggan-pada-pt-sido-muncul-semarang

Putri, R. E., & Andriani, D. R. 2018. Analisis Manajemen Rantai Pasokan Sayuran Studi Kasus Supplier Sayuran CV. Lestari Kota Malang. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 2(4), 303–317. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2018.002.04.5

Rinova, D. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Belanja Batik Khas Lampung Di Kota Bandar Lampung. Jurnal Kebijakan Pelayanan Dan Publik ISSN: 2443-1214.




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v5i2.3413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.