ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PENGGEMUKAN TERNAK SAPI POTONG DI CV MEKAR BARU DESA MEKAR JAYA CIANJUR

Adang Suryana, Ridwan ,, Fauzan Zikri, Siti Yiyis Rahmah, Raden Ruli Basuni

Abstract


CV. Mekar Baru merupakan perusahaan penggemukan sapi potong dari umur satu sampai dua setengah tahun dan di gemukan selama empat sampai sepuluh bulan untuk siap dijual. Permintaan pasar yang terus meningkat menjadi peluang besar untuk berbisnis di bidang perternakan. Cianjur adalah salah satu kabupaten penghasil daging Sapi Potong di Jawa Barat tepatnya di Desa Mekar Jaya Kecamatan Sukaluyu karena, memiliki lahan yang sangat luas dan strategis untuk berternak sapi potong. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan bisnis penggemukan ternak Sapi Potong di CV. Mekar Baru Desa Mekar Jaya Cianjur. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran (mixed method) kualitatif dan kuantitatif untuk mengumpulkan data primer dari responden dan data sekunder dari sumber-sumber pustaka atau referensi yang digunakan dan hasil penelitian yang relevan, selain itu untuk mengetahui alternative strategi pengembangan CV. Mekar Baru. Pengolahan dan analisis data yang dilakukan secara deskriptif, dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT (Streangths, Weakness, Opprtunity, dan Threats), dan QSPM (Quantitative Strategy Planning Matriks). Hasil penilitian CV. Mekar Baru memiliki lima kekuatan, lima kelemahan, tiga peluang dan dua ancaman. Hasil dari SWOT  terdapat satu alternative strategi pengembangan yang dapat dilakukan oleh CV. Mekar Baru. Melalui analisis QSPM strategi di urutkan berdasarkan prioritas strategi.

Keywords


Analisis, Strategi, Pengembangan Bisnis

References


Badan Pusat Statistik. (2021). Produksi Daging Sapi.Retrieved March 5, 2022 (https://www.bps.go.id/indicator/24/480/1/produksi-daging-sapi-menurut-provinsi.html).

Dewi, Junita. (2018). Analisis Potensi Pengembangan Sapi Potong di Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara. Tesis. Program Studi Magister Agribisnis. Program Pascasarjana. Universitas Medan Area. Medan.

Febriyanti. (2022). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Konsumsi Masyarakat Petani Studi Kasus di Kabupaten Soppeng. Skripsi. Departemen Ilmu Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bsinis. Universitas Hasanuddin. Makasar.

Rivai, Veithzal Zainal, Hadad, Muliam Darmansyah, dan Ramly, Mansyur (2014). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Stanton, W. J. (2013). Prinsip Pemasaran, Alih Bahasa oleh Yohanes Lamarto. Jakarta:Penerbit Erlangga.

Sugiono, Noerdjanah dan Wahyu, A. (2020). Uji Validitas dan Reabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik. 5 (1):55-61.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : CV. Alvabeta.

Suroso, G. G. A., Adhianto, K., Muhtarudin, M., dan Erwanto, E. (2023). Evaluasi Kecukupan Nutrisi pada Sapi Potong di KPT Maju Sejahtera Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Riset dan Inovasi Peternakan. 7(2):147-155.

Syarif dan Harianto. (2011). Ilmu Ternak Perah Daerah Tropis. Bogor: PT Penerbit IPB Press.

Taufiq, Achmad. (2016). Strategi Pengembangan Sapi Lokal pada Ud Rizka di Desa Tompong Patu Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Skripsi. Program Studi Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah Makasar. Makasar

Uus, A.H. (2017). Determinan Pembiayaan pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Manajemen. 7(1):49-62.

Wiyatna, M.F., Gurnadi, E., dan Mudikdjo. (2012). Produktivitas Sapi Peranakan Ongole pada Peternakan Rakyat di Kabupaten Sumedang (Productivity of Peranakan Ongole Cattle on traditional farm system in Sumedang Region). Jurnal Ilmu Ternak. 12(2):22-25.

Yulianti, D. (2014). Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal dalam Pencapaian Tujuan Perusahaan (Studi Kasus di PT. Perkebunan Nusantara VII Lampung). Jurnal Sosiologi. 16(2):103-114.




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v5i1.3328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.