ANALISIS SALURAN PEMASARAN PISANG RAJA BULU (Musa Paradisiaca L.) Di KELOMPOK TANI MANDIRI DESA KARANGNUNGGAL KECAMATAN CIBEBER KABUPATEN CIANJUR

Rosda Malia, Mochamad Irvan Abdul Azis, Ahmad Nur Rizal

Abstract


Salah satu sentra produksi pisang raja bulu di Kabupaten Cianjur yaitu di Kelompok Tani Mandiri. Saluran pemasaran pisang raja bulu umumnya panjang dan tidak efisien. Penelitian ini dilakukan di Kelompok Tani Mandiri Desa Karangnunggal, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur di mulai bulan Maret sampai dengan bulan Juli 2022 dengan tujuan : 1) untuk mengetahui saluran pemasaran pisang raja bulu Kelompok Tani Mandiri Desa Karangnunggal, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur. 2) Untuk mengetahui saluran pemasaran yang paling efisien. Penelitian ini menggunakan Non-Probability Sampling dengan teknik Snowball Sampling dalam penentuan responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Saluran pemasaran pisang raja bulu di Kelompok Tani Mandiri Desa Karangnunggal Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur terdapat 4 saluran pemasaran. Saluran I yaitu saluran pemasaran dua tingkat (Petani – pengepul desa – Pengecer Kecamatan Cibeber – konsumen), saluran II merupakan saluran satu tingkat (Petani – pengepul desa – konsumen), saluran pemasaran III merupakan saluran dua tingkat (Petani – pengepul desa – pengecer Kecamatan Cianjur – konsumen) dan pemasaran IV merupakan saluran dua tingkat (Petani- pengepul desa – pengecer Kecamatan Cibeber – konsumen).  2) Saluran pemasaran yang paling efisien untuk petani, pengepul desa dan konsumen berada pada saluran pemaran II (satu tingkat), saluran pemasaran yang paling efisien untuk pedagang pengecer berada pada saluran III (dua tingkat).


Keywords


Pisang, Raja Bulu, Efisiensi Pemasaran, Farmer’s Share, Saluran Pemasaran

References


Alam, A. S., & Khoerudin, M. H. (2019). Analisis Usahatani Dan Pemasaran Beras Pandanwangi (Studi Kasus Di Kelompok Tani Bangkit Desa Babakan Karet Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur). Agroscience (Agsci), 9(2), 153. https://doi.org/10.35194/agsci.v9i2.780

Arsiani, N. M. P., Budiusa, I. made, & Jandira, C. (2020). Analisis Saluran Pemasaran Pisang di Tampaksiring, Gianyar. Agrimeta, 10(20), 1–6.

Badan Pusat Statistik. (2020). Produksi Buah-Buahan Menurut Jenis Tanaman Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat.

Christina Sarkol, M., Kurniawati, L., & Perwita, S. (2019). Analisis Efisiensi Pemasaran Tempe (Studi Kasus di Sentra Produksi Tempe Sanan, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Jurnal BisTek PERTANIAN: Agribisnis Dan Teknologi Hasil Pertanian, 6(01), 57–67. https://doi.org/10.37832/bistek.v6i01.10

Hakim, L., & Saragih, R. (2019). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen NPK Mutiara Di UD.Barelang Tani Jaya Batam. Jurnal Ecobisma, Vol. 6 No., 37–53.

Malia, R., & Supartin, W. M. (2019). Analisis Saluran Pemasaran Komoditas Pandanwangi Di Desa Bunikasih Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur. Agroscience, 4(2), 120–124. https://jurnal.unsur.ac.id/agroscience/article/view/697

Nuramalia, R. F., Nuryati, R., & Suyudi, S. (2020). Analisis Pemasaran Pisang Nangka. Jurnal Agristan, 2(2). https://doi.org/10.37058/ja.v2i2.2351

Raintung, A. (2021). Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Kelompok Tani di Desa Mobuya Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow. Jurnal Governance, 1, No.2(2), 1–9.

Riandi, R., Batubara, M. M., & Iskandar, S. (2018). Analisis Efisiensi Pemasaran Udang Windu (Penaeus Monodon) Di Desa Sungai Lumpur Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir. Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 6(2), 81. https://doi.org/10.32502/jsct.v6i2.822

Saleh, Y. (2014). Analisis Pendapatan Usaha Pengrajin Gula Aren di Desa Tulo’a Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 1(4).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Suminartika, E., & Djuanalia, I. (2017). Efisiensi Pemasaran Beras Di Kabupaten Ciamis Dan Jawabarat. MIMBAR AGRIBISNIS: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 3(1), 13. https://doi.org/10.25157/ma.v3i1.72

Yunita, R., & Noviar, H. (2020). Analisis Perkembangan Farmer ’ S Share Dan Marketing Margin Padi Di Indonesia Tahun 2010 – 2020. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Lampung, 90–97.




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v5i1.3068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.