PENGARUH BRAND IMAGE DAN E-COMMERCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI UD. BAHANA AGRO KECAMATAN CIPANAS KABUPATEN CIANJUR

Rahmat Taufiq Dwi Jatmika, Siti Rahmah Ruspendi, Toni Suyono

Abstract


UD. Bahana Agro merupakan sebuah usaha yang bergerak dibidang pertanian sebagai produsen sayuran dengan brand image yang cukup baik dan penyediaan fasilitas pemasaran yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan e-commerce terhadap keputusan pembelian di UD. Bahana Agro. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif mengunakan metode observasi dengan angket yang berisi butir pertanyaan. Populasi dalam penelitian ini konsumen UD. Bahana Agro sebanyak 13.816 tahun 2021 dengan perolehan sampel berjumlah 99 responden. Hasil analisis menunjukan bahwa: 1) Variabel brand image memiliki nilai nilai  thitung yang lebih besar dari ttabel yaitu 4,716 > 1.985 nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 hal ini diartikan bahwa brand image memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. 2) Variabel e-commerce memiliki nilai  thitung yang lebih kecil dari ttabel yaitu -0,600 < 1.985 nilai signifikansi 0,550 > 0,05 hal ini diartikan bahwa brand image memiliki pengaruh negatif terhadap keputusan pembelian 3) variabel brand image dan e-commerce memiliki nilai Fhitung yang lebih besar dari  Ftabel yaitu 11,169 > 3,94 nilai signifikansi 0,00 < 0,05 hal ini dapat diartikan bahwa brand image dan e-commerce secara bersamaan memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Brand Image, E-commerce, dan Keputusan Pembelian

References


Adiwidjaja, A. J. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. Agora - Online Graduate Humanities Journal, 5(3).

Apriliani, Y. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOMAT DI PASAR MUKA CIANJUR.

Cahyani, K. I., Manajemen, J., Ekonomi, F., Semarang, U. N., & Artikel, I. (2016). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal, 5(4), 281–288.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173

Huda, N. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Scuter Matic Yamaha Di Makassar. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 37–43. https://doi.org/10.47435/asy-syarikah.v2i1.311

Janna, N. M. (2020). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas dengan Menggunakan SPSS. Artikel : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI) Kota Makassar, 18210047, 1–13.

Nurjanah, S. F., Kurniati, R. R., Zunaida, D., Bisnis, J. A., Administrasi, F. I., Malang, U. I.,

Malang, M. T. H., Universitas, L., Malang, I., Mt, J., & Malang, H. (2019). PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP KEPUTUSAN ( STUDI PADA KONSUMEN BELANJA ONLINE MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM. 8(3), 154–162.

Pitaloka, D. (2020). Hortikultura: Potensi, Pengembangan Dan Tantangan. Jurnal Teknologi Terapan: G-Tech, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.33379/gtech.v1i1.260

Pulukadang, M. W., Mananeke, L., Roring, F., Sam, U., & Manado, R. (2019). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbalife (Studi Kasus Pada Lima Nutrition Club Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(3), 1608–1617. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20317

Suharsono, R. S., & Sari, R. P. (2019). Pengaruh Promosi Media Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 1(2), 41. https://doi.org/10.47201/jamin.v1i2.28




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v4i2.2800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.