IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS KEPUASAN KONSUMEN PADA KUALITAS PRODUK CABAI RAWIT DI PASAR TRADISIONAL MUKA CIANJUR

Hanisa Sismaya Lestari, R. Selfi Nendris Sulistiawan, Neng Siti Nurwasilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan konsumen pada kualitas produk cabai rawit dan menganalisis atribut-atribut yang harus dipertahankan dan diperbaiki kinerjanya oleh pihak Pasar Tradisional Muka Cianjur. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui kuesioner untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 60 responden. Jenis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif meliputi uji validitas, uji reliabilitas, Customers Satisfaction Index (CSI), dan Importance Performance Analysis (IPA). Untuk mengetahui tingkat kepuasan digunakan teknik analisis CSI dan untuk mengetahui atribut-atribut apa saja yang di pertahankan kinerjanya dan atribut apa saja yang bermasalah sehingga harus diperbaiki oleh pihak Pasar Tradisional Muka Cianjur, digunakan teknik analisis IPA. Berdasarkan hasil analisis CSI, diperoleh nilai sebesar 84,08% yang menunjukkan bahwa konsumen merasa sangat puas dengan kualitas produk cabai rawit di Pasar tradisional Muka Cianjur. Berdasarkan hasil analisis IPA, diperoleh bahwa atribut yang harus di pertahankan kinerjanya oleh pihak Pasar Muka berada di kuadran II dan atribut yang bermasalah yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki kinerjanya yaitu berada di kuadran I, yaitu harga produk yang terjangkau oleh konsumen dan harga produk yang sesuai dengan kualitas produk.


Keywords


IPA, CSI, Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk

References


Alif, S. M. (2017). Kiat Sukses Budidaya Cabai Rawit. Bio Genesis.

Alunia Dwi Zahara T, N. S. (2021). Analisis Produksi Dan Produktivitas Cabai Rawit (Capsicum Frutescens L) Di Indonesia, 18 - 29.

Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk, Dan Kepuasan Pelanggan. Global Research And Consulting Institute.

Dedeh Siti Saodah, R. M. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Di Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Muka Cianjur), 178 - 193.

Desi Natalia Edowai, S. K. (2016). Mutu Cabai Rawit (Capsicum Frutescens L) Pada Tingkat Kematangan Dan Suhu Yang Berbeda Selama Penyimpanan , 12-20.

Dr. H. Mashur Razak, S. M. (2016). Perilaku Konsumen. Gowa: Alauddin University Press.

Fitriani Rahayu, C. B. (2021). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Sambal Kemasan Untuk Formulasi Perbaikan Strategi Produk, 47-55.

Fitrianti, S. (2015). Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung Kawasan Wisata Lembah Harau. 37 - 45.

Fuadatinnisa, B. (2018). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Buah Jeruk Agrowisata Petik Jeruk Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, 7 - 34.

Irvan Diyahya, K. S. (2016). Analisis Tingkat Kepuasan Petani Jagung Terhadap Pelayanan Lembaga Pemasarannya Di Kecamatan Lubuk Pinang Kabupaten Mukomuko . Agrisep, 45 - 58.

Kariyasa, I. K. (2019, Juli 02). Buletin Konsumsi Pangan. Retrieved From Portal Epublikasi Pertanian: Http://Epublikasi.Setjen.Pertanian.Go.Id/Arsip-Buletin/53-Buletin-Konsumsi/620-Buletin-Konsumsi-Vol-10-No-1-2019

M Yola, D. B. (2013). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Harga Produk Pada Supermarket Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (Ipa).

Muchtadi, T. R. (2016). Jenis Dan Varietas Hortikultura, 1 - 3.

Nathania Palar, P. A. (2016). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Harga Cabai Rawit Di Kota Manado, 105 - 120.

Oktaviani. (2015). Analisis Kepuasan Petani Terhadap Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Pestisida (Studi Kasus Pada Usahatani Bawang Merah Di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kabupaten Malang).

Pane, D. M. (2019, Oktober 28). Manfaat Sayuran Hijau Untuk Kesehatan. Retrieved From Alodokter.Com: Http://Www.Alodokter.Com/Berbagai-Manfaat-Sayuran-Hijau-Untuk-Kesehatan

Pitakasari, A. R. (2011, September 30). Masih Rendah, Tingkat Konsumsi Sayuran Di Indonesia. Retrieved From Republika.Co.Id: Https://Www.Republika.Co.Id/Berita/Lsc2q1/Masih-Rendah-Tingkat-Konsumsi-Sayuran-Di-Indonesia

Prof. Dr. Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta Cv.

Putu Anggi Ranitaswari, S. M. (2018). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Kopi Dan Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Importance Performance Analysys (Studi Kasus Di Geo Coffee), 147 - 157.

Raharjo, B. (2021, April 28). Pandemi Tak Ubah Perilaku Masyarakat Konsumsi Sayur.

Sanusi Mulyo Widodo, J. S. ( 2018). Metode Customer Satisfaction Index (Csi) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business To Customer , 38-45.

Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen "Best Autoworks", 759.

Siregar, H. M. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Sayuran Organik (Studi Kasus : Brastagi Supermarket Jl. Cut Mutia, Kota Medan).

Supriyanto, B. (2021, Mei 20). Retrieved From Walau Ada Pandemi, Masyarakat Tak Perbanyak Konsumsi Sayur: Http://Ekonomi.Bisnis.Com/Read/20210520/99/1396025/Walau-Ada-Pandemi-Masyarakat-Tak-Perbanyak-Konsumsi-Sayur

Yusup, F. (2018). Uji Validitas Dan Uji Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah, 17 - 23




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v4i2.2717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.