STUDI KELAYAKAN INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH (IKM) LOGAM ALAT PERTANIAN TRADISIONAL (CANGKUL) CV RHODAS DI DESA CIBATU KECAMATAN CISAAT KABUPATEN SUKABUMI

Anny Salawaty, Rosda Malia, Nurjaya Nurjaya

Abstract


Peningkatan infrastruktur dan sarana pertanian merupakan strategi yang disusun Pemerintah dalam upaya pencapaian kedaulatan pangan. Alat pertanian merupakan salah satu pendukung yang sangat penting terhadap peningkatan sarana pertanian, dan kelangsungan sektor lainnya, salah satunya Industri Kecil dan Menengah (IKM) Pengrajin alat pertanian tradisional. Minimnya pengetahuan dan pemahaman tentang aspek teknis, aspek pasar dan tindakan yang harus diambil ketika terjadi perubahan menjadi salah satu permasalahan yang dialami Pelaku Usaha. Penelitian ini dilakukan di CV Rhodas yang berlokasi di Desa Cibatu Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. CV Rhodas merupakan salah satu Industri Kecil dan Menengah di Kabupaten Sukabumi yang memproduksi produk berupa alat pertanian tradisional.  Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kelayakan aspek teknis, aspek pasar dan aspek keuangan di CV Rhodas. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif yaitu menggunakan analisis sensitivitas dengan menghitung IRR, NPV, B/C Ratio dan Pay Back Period. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari kelayakan aspek teknis usaha cangkul CV Rhodas dinyatakan layak untuk dijalankan karena berada di lokasi yang tepat, layout yang sesuai dengan proses produksi dan memberikan efisiensi, pemilihan teknologi mesin yang digunakan  telah  mempertimbangkan efisiensi yang tinggi sekaligus produktivitas, berusaha menjalankan produksi sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) serta adanya pengontrolan kualitas produk. Aspek pasar usaha cangkul CV Rhodas dinyatakan layak untuk dijalankan, karena memiliki segmentasi pasar (jenis industry dan lokasi perusahaan cukup strategis), memiliki pasar sasaran (market targeting), memiliki strategi bauran  pemasaran  (produk mutu produk lebih tinggi dan harga yang ditawarkan tidak melebihi harga pesaing), memperbesar market share (jumlah pelanggan diharapkan meningkat) serta strategi promosi secara online. Analisis sensitivitas usaha alat pertanian tradisional (cangkul) layak diusahakan karena berdasarkan Net Present Value (NPV), B/C Ratio dan Payback Period (PP), usaha cangkul CV Rhodas dinyatakan layak untuk dijalankan.


Keywords


Aspek Teknis, aspek pasar, analisis sensitivas, industri kecil menengah

Full Text:

PDF

References


Afiyah, A. (2015). Analisis Studi Kelayakan Usaha Pendirian Home Industry (Studi Kasus pada Home Industry Cokelat âCozyâ Kademangan Blitar). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 23(1)

Badan Pusat Statistik. 2017. Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 tentang Sistem Klasifikasi Baku Lapangan Usaha (KBLI). Jakarta.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sukabumi. 2018. Kabupaten Sukabumi Dalam Angka 2018.Sukabumi.

Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Sukabumi. 2017 Jumlah dan Skala IKM di Kabupaten Sukabumi Tahun 2017. Sukabumi.

Friyan Dwi Kristanto, Jeni Susyani, M. A. S. 2019. Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau Dari Aspek Keuangan Produk Ekonomi Kreatif di Kabupatan Malang. E- Jurnal Riset Manajemen, 29.

Handjojo, E. S., Syarief, R., & Sugiyono, -. (2018). Analisis Kelayakan Bisnis Usaha Teh Papua (Vernonia amygdalina). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 12(2), 145. https://doi.org/10.29244/mikm.12.2.145-150

Kristian, W., & Indrawan, F. (2019). Studi Kelayakan Bisnis dalam Rangka Pendirian XX Cafe. Jurnal Akuntansi Maranatha, 11(2), 379–400. https://doi.org/10.28932/jam.v11i2.1932

Minju Akiang, Rissa Ayustia dan Aloysius Hari Kritianto. 2020. Studi Kelayakan Bisnis Hidroponik Tinjauan Aspek Finansial (Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Shanti Bhuana, Bengkayang, Kalimatan Barat). MSDJ: Management Sustainable Development Journal Volume 2 Nomor 2

Nur Salam Achmad dkk. 2018. Studi Kelayakan Usaha Agroindustri Dodol Markisa Di Kelurahan. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, Vol. 4: 53-67.

Sukmawati, H., & Nasution, F. Z. (2019). Analisis Kelayakan Bisnis Syariah Pada Usaha Mikro Tempe. Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 38–48.

Umar, Husein. 2005. Studi Kelayakan Bisnis. Edisi 3 Revisi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v4i1.2400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY : 

 

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216

Creative Commons License
AGRITA (AGri) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.