PENGARUH KEMUDAHAN, IKLAN DAN CARA TRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA AKEH SAMBAL DI TOKOPEDIA

Dea Irvania, Endah Lisarini, Rosda Malia

Abstract


Digital Marketing merupakan salah satu media yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat serta sebagai pendukung dalam kegiatan sehari hari. Beberapa pelaku usaha menggunakan digital marketing untuk menjual produknya. Hal ini dianggap efektif dimasa pandemi covid-19 ini.  AKEH SAMBEL menggunakan Tokopedia sebagai Marketplacenya. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengkaji pengaruh variabel bebas kemudahan secara parsial terhadap keputusan pembelian online pada produk sambal kemasan AKEH SAMBAL. 2) Untuk mengkaji pengaruh variabel bebas iklan secara parsial terhadap keputusan pembelian online pada produk sambal kemasan AKEH SAMBAL. 3) Untuk mengkaji pengaruh variabel bebas cara transaksi secara parsial terhadap keputusan pembelian online pada produk sambal kemasan AKEH SAMBAL. 4) Untuk mengkaji pengaruh variabel bebas kemudahan, iklan dan cara transaksi secara simultan terhadap keputusan pembelian online pada produk sambal kemasan AKEH SAMBAL. 5) Untuk memahami dan mendeskripsikan kekurangan dan kelebihan penerapan digital marketing pada produk sambal kemasan AKEH SAMBAL. Data diperoleh dari 52 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability yaitu purposive sampling dan diolah dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Secara parsial variabel bebas kemudahan berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian online pada produk sambal kemasan AKEH SAMBAL. 2) Secara parsial variabel bebas iklan berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian online pada produk sambal kemasan AKEH SAMBAL 3) Secara parsial variabel bebas cara transaksi berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian online pada produk sambal kemasan AKEH SAMBAL. 4) Secara simultan variabel bebas kemudahan, iklan dan cara transaksi berpengauh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Digital Marketing, Sambal kemasan, Tokopedia, AKEH SAMBAL

Full Text:

PDF

References


Mahalaxmi, K. R., & Ranjith, P. 2016. A study on impact of digital marketing in customer purchase decision in Trichy. International Journal for Innovative Research in Science & Technology, 2(10), 332-338.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 13). Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Purnama. 2002. Strategic Marketing Plan. Jakarta : Gramedia Pustaka

Irawan, H. 2009. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Edisi Kedua. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Jogiyanto. 2009. Sistem Informasi Keperilakuan (edisi ke-1). Yogyakarta: Andi.

Djatnika, Tjejep. 2007. Manajemen Usahawan Indonesia. Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Bastian, Indra. 2007. Akuntansi Pendidikan, Jakarta: Erlangga

Harjati, Lily dan Lusia, Olivia, Sabu G. 2014. “Pengaruh Presepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian The Body Shop”. Jurnal WIDYA Ekonomika. No. 1. Vol. 1




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v4i1.2340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY : 

 

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216

Creative Commons License
AGRITA (AGri) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.